Ini Tipe-Tipe Tepung yang Perlu Diketahui

thumbnail

Tepung bisa jadi salah satu bahan dasar dalam proses pengolahan berbagai macam makanan yang ada. Namun nyatanya, tepung sendiri memiliki jenis yang beragam dengan fungsi yang beragam pula.

Ya! Mulai dari membuat kue tart, pancake, pempek, hingga bakso, dalam proses pembuatannya pasti membutuhkan setidaknya satu jenis tepung. Untuk beberapa jenis makanan bahkan membutuhkan lebih dari satu jenis tepung. Kalau sampai tidak paham jenis dan kegunaannya, salah-salah justru makanan tidak jadi dikarenakan peggunaan tepung yang salah atau tidak sesuai.

baca juga:

Nah, kira-kira tipe tepung yang umum dan sering digunakan apa saja, ya? Yuk, kita cari tahu melalui penjelasan berikut ini:

1. Tepung Terigu

Nama tepung terigu pastinya sudah tidak asing lagi bagi Teman STOQO, terutama yang sudah berkecimpung di bisnis kuliner. Jenis tepung yang satu ini memang biasanya merupakan salah satu dari sekian bahan baku yang pastinya ada di dapur.

Tepung terigu pada dasarnya berasal dari biji gandum yang kemudian diolah menjadi tepung yang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam makanan seperti roti, biskuit, hingga mie. Terdapat tiga jenis tepung terigu, yakni tepung terigu protein rendah, tepung terigu protein sedang, serta tepung terigu protein tinggi. Diantara ketiganya, yang paling cocok untuk dijadikan bahan dasar membuat mie atau roti adalah yang berprotein tinggi karena semakin tinggi proteinnya, maka kadar kekenyalannya pun semakin tinggi sehingga memudahkan proses pembuatan makanan.

2. Tepung Tapioka

Jika tepung terigu dibuat dari biji gandum, tepung tapioka ternyata merupakan hasil ekstrak dari tumbuhan singkong. Tepung ini biasanya digunakan untuk pengolahan dan pembuatan bakso, jadi untuk Teman STOQO yang mungkin berbisnis kuliner berhubungan dengan bakso pastinya cukup familiar dengan tepung ini.

Selain tapioka, tepung jenis ini juga dijuluki dengan nama lain seperti tepung kanji dan tepung singkong. Penggunaannya-pun tak hanya untuk pengolahan bakso, melainkan untuk pembuatan makanan-makanan lain seperti pempek, siomay, kue moci, cimol, cireng, cilok, batagor, serta makanan lain yang membutuhkan bahan perekat alami.

3. Tepung Sagu

Bagi Teman STOQO yang berasal dari daerah Maluku maupun Papua pastinya cukup familiar dengan tepung ini. Sesuai namanya, tepung ini berasal dari pohon sagu. Sekilas, tepung ini hampir mirip dengan tepung tapioka, namun tetap saja keduanya berbeda. Tepung sagu juga biasanya dipakai untuk pembuatan makanan-makanan yang cukup kenyal seperti bakso, bika ambon, hingga pempek.

4. Tepung Jagung

Tepung jagung, atau yang juga terkenal dengan sebutan tepung maizena ini berasal dari sari pati jagung. Uniknya, tepung ini konon dulunya sempat digunakan oleh orang-orang untuk mencuci pakaian hingga tahun 1850, lho!

Nah, sekarang tepung jagung biasanya digunakan untuk campuran tepung terigu dalam proses pembuatan kue. Selain itu, tepung ini juga memiliki fungsi lain yaitu untuk membuat kue kering terasa renyah, hingga digunakan untuk mengentalkan susu, saus, serta sup.

5. Tepung Beras

Nah, Teman STOQO pastinya juga sudah tidak asing lagi dengan istilah tepung beras ini, bukan? Tepung yang berasal dari beras yang digiling atau ditumbuk ini biasa digunakan untuk membuat bermacam jajanan mulai dari kue lapis hingga kue nagasari. Namun tahukah Teman STOQO bahwa tepung yang satu ini ternyata bebas gluten sehingga aman bagi seseorang yang memiliki alergi terhadap gluten?

baca juga:

Itulah lima tipe tepung yang perlu diketahui, terutama dikarenakan tepung-tepung tersebut merupakan yang sering digunakan di Indonesia. Kira-kira dari semua yang ada, yang mana cocok untuk bisnis kuliner Teman STOQO?

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

 

Dipost Oleh

Kontributor

12 Feb 2018