5 Tips Jitu Memilih Tepung Terbaik

thumbnail

Tepung bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan, mulai dari kue kering, cake, gorengan, hingga mie dan roti. Tapi ternyata memilih tepung juga tidak boleh sembarangan, lho!

Kira-kira apa saja ya yang perlu diperhatikan saat memilih tepung? Berikut 5 tips yang perlu diperhatikan:

1. Sesuaikan dengan penggunaannya

Tepung tidak hanya satu jenis saja, melainkan ada beberapa jenis tepung yang digunakan untuk tujan dan keperluan yang berbeda pula, mulai dari tepung terigu, tepung jagung atau tepung maizena, tepung beras, hingga tepung beras ketan. Setiap tepung memiliki perannya masing-masing. Nah, bagi Teman STOQO yang ingin memilih tepung, pilihlah tepung yang memang sesuai dengan penggunaannya.

Misalnya saja tepung terigu. Faktanya, tepung ini sendiri tidak hanya memiliki satu jenis, melainkan hingga tiga jenis. Ketiga jenis tersebut adalah tepung terigu protein rendah, tepung terigu protein sedang, dan tepung terigu protein tinggi. Penggunaannya juga berbeda. Jika Teman STOQO ingin membuat mie dan roti, pilihlah yang berprotein tinggi karena semakin tinggi proteinnya, semakin kenyal pulalah tepung itu sehingga memudahkan pembentukan. Jika Teman STOQO ingin membuat kue kering dan cake, maka pilihlah yang proteinnya sedang. Lalu jika ingin membuat gorengan, pilihlah yang berprotein rendah.

2. Perhatikan warna tepung tersebut

Ilustrasi pemilihan tepung (foto: cookingispassio.com)

Ilustrasi pemilihan tepung (foto: cookingispassio.com)

Saat memilih tepung, perhatikanlah warnanya. Jangan sampai Teman STOQO salah pilih atau justru tepung yang diambil tertukar dengan jenis tepung yang lain. Misalnya saja tepung beras dan beras ketan. Sekilas bisa dibilang memiliki warna yang hampir mirip, mengingat sama-sama berwarna putih. Meskipun beras ketan ada yang berwarna hitam, namun masih ada juga yang warnanya putih. Nah, perlu diingat bahwa dari segi warna, tepung beras ketan memiliki warna putih gading, sedangkan tepung beras warnanya putih namun agak bening.

Kemudian pilih juga yang warnanya tidak kusam. Sebab, jika Teman STOQO tetap menggunakan tepung yang warnanya kusam bahkan tidak seperti tepung pada umumnya, bisa jadi kualitas yang didapatkan juga sudah menurun dan cenderung berkualitas buruk.

3. Pilih yang tidak berbau dan bebas dari kotoran

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bau dan aroma. Ya! Perlu diketahui bahwa pada umumnya, tepung yang memiliki kualitas baik dan layak pakai tidak berbau apek. Hal tersebut dikarenakan tepung yang berbau apek bisa jadi menandakan adanya jamur atau mikroorganisme (seperti kutu, ulat, belatung, dan sebaginya) yang sudah mulai merusak kualitas pada tepung tersebut.

Selain bau, perhatikan juga jika ada benda asing apapun yang menempel atau berada pada tepung. Pastikan tidak ada kotoran apalagi kutu pada tepung yang ingin dibeli. Tepung yang penuh dengan kotoran apalagi hewan seperti kutu bisa dipastikan kualitasnya pun tidak baik.

4. Perhatikan Teksturnya

Selain warna, bau, serta kebersihan, Teman STOQO juga wajib memperhatikan tekstur dari tepung yang ingin dibeli. Pastikan bahwa tepung yang hendak dibeli terasa halus di tangan, karena itu menandakan kualitas tepung yang baik. Sebaliknya, jika terasa kasar, cobalah perhatikan apakah terdapat benda asing seperti kotoran maupun kerikil. Kemudian, coba lihat apakah tepung menempel di tangan. Jika ya, artinya tepung tersebut memang layak dikonsumsi.

Pastikan juga bahwa tidak ada gumpalan pada tepung, Tepung yang menggumpal biasanya terjadi karena tepung itu sudah cukup lama alias bukan bahan baku yang masih fresh. Lagipula, tepung yang tidak menggumpal akan sangat memudahkan proses mengolah menjadi makanan yang berkualitas (misalkan saat mengayak tepung).

5. Pilih yang Bersertifikat

Poin penting lain yang perlu Teman STOQO ketahui, perhatikan saat memilih produk yang dijamin melewati proses produksi bersertifikasi. Bersertifikasi di sini artinya sudah melalui uji control kualitas makanan sesuai standar internasional. Beberapa dari tepung tersebut biasanya kemudian diberi tanda GMP (Good Manufacturing Practice) dan HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point).

Dengan memilih tepung yang telah melalu proses GMP dan HACCP, maka bisa dipastikan Teman STOQO akan mendapatkan tepung yang kualitasnya memang baik dan aman untuk dikonsumsi. Jadi jangan asal pilih tepung, ya! Pastikan dulu bahwa tepung tersebut memang memiliki tanda GMP dan HACCP untuk memastikan kualitasnya memang baik dan teruji supaya hasilnya juga baik.

baca juga:

Itulah beberapa tips saat memilih tepung. Ingat, pastikan bahwa Teman STOQO sebagai pebisnis kuliner hanya menggunakan tepung berkualitas terbaik yang juga dapat ditemukan di aplikasi STOQO. Tentu saja sebagai komitmen pebisnis kuliner terhadap kualitas dan cita rasa makanan yang disajikan!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

17 Feb 2018