Khasiat Susu Sapi Murni, Terutama Bagi Tubuh Orang Dewasa

thumbnail

Susu sapi mengalami proses pengawetan dengan berbagai cara, misalkan saja dengan dikeringkan. Dalam pengawetan, terdapat beberapa zat gizi yang hilang. Hal inilah yang menyebabkan susu tersebut diberi tambahan zat gizi (atau sering disebut juga susu formula). Sementara susu sapi murni adalah susu sapi yang tidak mengalami proses pengawetan dengan bahan kimia. Sering dijual dalam bentuk cair dan dengan tambahan rasa. Biasanya cara mengawetkan susu murni adalah dengan metode Ultra High Temperature dan pasteurisasi.

Saat ini telah banyak beragam merek susu yang beredar di pasaran dengan cita rasa yang bervariasi. Tidak sedikit beberapa merk susu sudah dicampur dengan zat-zat tertentu. Bahkan beberapa restoran dan kafe juga banyak yang sudah menjadikan susu sebagai salah satu menu andalan mereka. Namun bagaimanapun juga, beberapa orang masih tetap memilih untuk mengonsumsi susu sapi murni dengan berbagai macam alasan, salah satunya manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari mengonsumsi susu sapi murni tersebut.

Di Indonesia sendiri, Teman STOQO pastinya sudah tidak asing dengan istilah “4 sehat 5 sempurna.” Ya! Sedari kecil biasanya orang-orang diajarkan untuk memastikan bahwa tubuhnya mendapatkan asupan gizi yang cukup melalui “4 sehat” yang terdiri dari nasi, sayur, lauk-pauk, dan buah-buahan serta “5 sempurna” yang berisikan susu yang menyempurnakan daftar tersebut.

Berbicara soal susu sapi murni, banyak yang bertanya, apa bedanya dengan susu yang ada di pasaran? Ada juga yang bertanya, memang apa sih manfaatnya? Yuk cari tahu lebih lanjut tentang susu sapi murni dengan penjelasan berikut ini:

Kaya akan Nutrisi

Istilah susu sapi murni pastinya tidak asing dan sering terdengar. Susu sapi murni ternyata tak hanya sekedar minuman biasa namun juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Kandungan nutrisi yang ada pada susu sapi murni tidak hanya melingkupi protein dan kalsium saja, melainkan juga vitamin A, vitamin B, vitamin D serta asam amino.

Vitamin D serta kalsium yang terkandung dalam susu sapi murni ini berefek positif bagi tubuh, yakni membantu menjaga kekuatan gigi serta tulang. Itulah sebabnya Teman STOQO pasti juga sering mendengar iklan susu yang mengklaim bahwa minum susu dapat mencegah tubuh terkena osteoporosis. Kalsium juga membantu kesehatan otot pada tubuh seperti otot jantung sehingga terhidar dari kaku dan kram.

Selain itu vitamin lain seperti vitamin A dan B juga tak kalah baiknya bagi tubuh. Vitamin B, misalnya, dapat membantu tubuh mengolah makanan, membantu peningkatan fungsi otak, serta mencegah penyakit anemia. Kemudian, vitamin A juga bermanfaat menjaga kesehatan kulit dan mata.

Protein pada susu murni juga tidak boleh dilupakan. Kandungan protein pada susu murni dapat membantu meningkatkan sistem imun serta mencegah terjadinya alergi.

baca juga:

Namun, berbicara soal alergi, sayangnya ada beberapa orang yang tak bisa minum susu murni lantaran alergi pada susu murni ataupun memiliki intoleransi laktosa. Orang-orang tersebut tidak disarankan untuk meminum susu murni ataupun mengonsumsi produk susu lainnya seperti yogurt hingga keju.

Jika orang yang alergi susu tetap ingin mengonsumsinya bisa mengalami kejadian tidak mengenakkan mulai dari mual, muntah, diare, hingga sulit bernapas. Itulah sebabnya jika Teman STOQO satu atau lebih dari sekian hal tersebut setelah mengonsumsi susu, lebih baik langsung periksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah memiliki alergi terhadap susu.

Selain itu, kita juga dianjurkan untuk tidak minum susu setelah minum obat. Hal ini mengingat susu memiliki manfaat lain yaitu sebagai penetral racun atau zat asing dalam tubuh. Jika Teman STOQO tetap meminum susu setelah minum obat, bisa-bisa yang terjadi adalah khasiat obat tersebut jadi hilang karena telah dinetralkan oleh susu.

Apakah susu hanya untuk anak-anak?

Beberapa orang ternyata percaya bahwa mereka tidak perlu minum susu. Bahkan ada beberapa yang berpendapat bahwa susu hanya diperuntukkan bagi anak-anak. Alasannya karena mereka merasa bahwa orang dewasa sudah tercukupi kepenuhan gizi-nya sehingga tidak perlu mengkonsumsi susu. Selain itu ada juga pendapat bahwa susu hanya baik untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Faktanya, Justru semakin dewasa seseorang, semakin besar pulalah kadar susu yang ia butuhkan. Dilansir dari halaman website helloSEHAT, orang dewasa membutuhkan setidaknya 1.000 hingga 1.200 cc susu per hari sedangkan bayi justru membutuhkan hanya sekitar 500 cc.

Namun, bukan berarti kalsium harus dikonsumsi sebanyak-banyaknya dikarenakan kelebihan kalsium sendiri bisa menyebabkan hypercalcemia, yaitu keadaan dimana darah di tubuh manusia memiliki terlalu banyak kandungan kalsium. Efeknya sendiri bisa bermacam-macam. Mulai dari yang ringan seperti mual, perut tidak nyaman, serta sulit buang air besar. Hingga perubahan tingkah laku, perubahan mood, penurunan kesadaran, koma, bahkan sampai meningkatkan ketidakaturan denyut jantung yang berbahaya.

Rangkuman manfaat susu untuk semua usia

  1. Mengandung nutrisi yang tinggi, hampir setiap kebutuhan gizi manusia dapat dipenuhi dengan meminum susu
  2. Kandungan vitamin A, B, D yang tinggi
  3. Kandungan protein yang tinggi.
  4. Kandungan zat besi dan tembaga
  5. Kandungan kalsium & fosfor yang tinggi untuk kekuatan tulang
  6. Kandungan magnesium untuk membuat tubuh selalu aktif dan tidak cepat lelah
  7. Kandungan seng untuk penyembuhan luka
  8. Meningkatkan kinerja otak
  9. Menetralisir racun
  10. Mengandung potassium yang untuk memperlancar dinding pembuluh darah. Sehingga tubuh terhindar dari penyakit jantung dan darah tinggi

Saat terbaik meminum susu murni

  1. Jangan meminum susu bersamaan dengan meminum obat
  2. Jangan mengonsumsi susu bersamaan dengan zat besi. Karena kalsium pada susu dan zat besi tersebut akan saling “berebut” untuk dapat diserap oleh tubuh, sehingga masing-masing tidak akan terserap secara maksimal.
  3. Jangan tambahkan zat-zat lain ke susu murni.
  4. Susu murni boleh didinginkan, namun tidak dianjurkan untuk dipanaskan.
  5. Jika ingin dipanaskan, lebih baik cukup dihangatkan. Hal tersebut dikarenakan proses pemanasan dapat mengurangi kadar gizi yang ada pada susu sapi murni.

baca juga:

Sekarang Teman STOQO pastinya sudah paham, tentang apa khasiat dan manfaat susu sapi murni. Mulai saat ini sayangi tubuh dengan lebih rajin minum susu.

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

26 Feb 2018