Bagaimana Menemukan Supplier Bahan Baku Restoran dan Kafe Berkualitas?

thumbnail

Jika Teman STOQO memiliki bisnis yang berhubungan dengan penyediaan makanan dan minuman bagi konsumen seperti kafe, restoran, dan juga hotel, maka tentunya untuk menyajikan kualitas produk yang terbaik bahan bakunya pun harus memiliki mutu yang tidak setengah-setengah.

Dalam memilih supplier bahan baku makanan dan minuman untuk produk di usaha bisnis kuliner, ada dua jalan yang bisa Teman STOQO tentukan.

Pertama adalah supplier dengan kriteria:

  • Harga bahan yang lebih murah
  • Kualitas produk yang lebih rendah
  • Lokasinya lebih dekat dengan lokasi usaha kuliner.

Kedua adalah supplier dengan kriteria:

  • kualitas produk yang lebih baik, (membuat makanan dan minuman lebih aman dikonsumsi dan memiliki cita rasa yang lebih memuaskan)
  • harga yang lebih mahal.
  • Jarak dan lokasi tidak dapat ditentukan

baca juga:

Apapun prioritas Teman STOQO dalam memilih supplier sembako, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan demi kemajuan usaha food and beverage yang diinginkan.

Proses identifikasi supplier

Untuk memilih supplier bahan baku, supplier sembako, supplier beras ataupun supplier lainnya yang akan digunakan dalam usaha Anda, membangun komunikasi dua arah bersama dengan calon-calon supplier bisa jadi langkah awal yang baik.

Selain untuk membandingkan harga dan juga spesifikasi produk yang dimiliki, Teman STOQO atau tim purchasing bisnis kuliner bisa menjelaskan kepada calon supplier mengenai standar spesifikasi yang diinginkan dan bahan baku tersebut akan digunakan untuk keperluan apa saja.

Dengan demikian Teman STOQO bisa menemukan supplier yang bisa memenuhi standar spesifikasi produk yang diinginkan, dan supplier pun punya portofolio yang lebih beragam sebagai seorang supplier bahan baku profesional.

Jangan hanya bergantung dengan harga

Tentu mencari supplier bahan baku dengan harga produk yang lebih murah adalah salah satu faktor penting ketika mencari partner usaha kuliner. Namun jangan hanya terpaku pada harga produk yang murah kemudian mengesampingkan faktor penting lainnya saat memilih supplier. Malahan mungkin yang lebih mahal justru bisa memberikan keuntungan jangka panjang dibanding sekedar harga yang murah.

Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan adalah mengenai layanan terhadap konsumen, komitmen dan juga konsistensi dalam pengiriman bahan, bisa diandalkan dan bertanggung jawab, penggunaan SDM dan SDA yang efisien serta efektif.

Bisa mendapatkan supplier dengan kriteria di atas akan memudahkan Teman STOQO dalam menjalin hubungan kerjasama jangka panjang dan tidak harus sering berburu supplier karena tidak puas dengan yang sudah-sudah.

Mengukur performa supplier

Sudah mendatangani kontrak dengan supplier kafe atau restoran? Bukan berarti proses urusan dengan supplier sudah selesai. Untuk memastikan performa supplier sembako tetap konsisten dengan spesifikasi, lakukan audit atau pengukuran performa berdasarkan dengan metrik-metrik yang ditentukan. Hal ini juga bertujuan sebagai ukuran prestasi yang berhasil dicapai oleh supplier tersebut ketika memenuhi standar yang ditentukan oleh usaha kuliner.

Metrik yang dapat diukur misalnya ketepatan waktu dalam pengiriman, jumlah bahan baku yang sesuai dengan spesifikasi, kualitas produk yang dikirimkan, kemudahan pembayaran, dan juga ukuran lainnya. Teman STOQO bisa menggunakan laporan audit ini untuk menentukan apakah mau melanjutkan hubungan kerjasama atau tidak.

Jangan sampai salah memilih supplier bahan baku karena dengan kualitas bahan baku terbaik suatu usaha kuliner bisa menyajikan makanan dan juga minuman dengan cita rasa yang tinggi yang pastinya akan membuat semua konsumen pulang dengan perasaan yang puas. Tentu bisnis Teman STOQO akan semakin berkembang dan maju sesuai dengan harapan.

baca juga:

Membutuhkan segala macam kebutuhan dan berbagai sembako kualitas terbaik dari supplier bahan baku terpercaya serta banyak pilihan di genggaman? Unduh aplikasi STOQO dan dapatkan semua manfaat pemilihan supplier bahan baku tersebut hanya dalam hitungan detik.

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

 

Dipost Oleh

Kontributor

02 Nov 2017