9 Inspirasi Usaha Kecil Menguntungkan dan Menjanjikan

thumbnail

Ingin punya bisnis sendiri? Tentu saja hal tersebut mungkin dilakukan. Kabar baiknya, ada banyak peluang bisnis yang bisa dijalankan. Beberapa dari peluang bisnis tersebut bahkan bisa dibilang kecil namun menguntungkan.

Kira-kira apa saja ya bisnis yang kecil namun menguntungkan itu? Berikut beberapa di antaranya yang sudah STOQO rangkum:

1. Layanan terjemahan dan/atau interpretasi

Apakah Teman STOQO menguasai lebih dari satu atau dua bahasa terutama bahasa asing? Jika iya, maka kemampuan ini bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha layanan terjemahan. Apalagi kini banyak orang yang membutuhkan jasa tersebut, sehingga pastinya akan menguntungkan apabila bisa memulai usaha terjemahan. Biasanya yang menjadi bahan terjemahan bisa berupa makalah, jurnal, surat pribadi, surat resmi, sertifikat, buku, novel, komik, subtitle film, hingga artikel website, e-mail, dan masih banyak lagi.

Selain terjemahan, Teman STOQO juga bisa memanfaatkan kemampuan multibahasa tersebut untuk layanan interpretasi. Bagi yang mungkin masih belum familiar dengan istilah ini, layanan interpretasi cukup berbeda dengan terjemahan biasa.

baca juga:

Dimanakah letak perbedaannya? Kalau layanan terjemahan biasanya menerjemahkan dokumen atau file penting, layanan interpretasi berarti menerjemahkan secara langsung tentang apa yang si penutur asli sedang bicarakan. Misalnya saja dalam seminar yang dihadiri oleh pembicara dari negara Rusia. Si pembicara mungkin tidak bisa berbincang dalam Bahasa Indonesia, sedangkan tidak semua orang Indonesia yang hadir di seminar tersebut bisa memahami bahasa Rusia. Nah, tugas interpreter di sini adalah menerjemahkan setiap kata atau kalimat yang disampaikan oleh si pembicara tersebut. Menarik, bukan?

Kedua layanan ini tentunya punya sisi menguntungkan selain dari segi keuangan. Layanan terjemahan biasanya memberi kesempatan bagi si penerjemah untuk mengerjakan pekerjaannya dari rumah. Sedangkan bagi layanan interpretasi, si interpreter bisa berkesempatan untuk bekerja berpindah-pindah tempat, bahkan beberapa ada yang mendapat kesempatan untuk bertemu orang-orang penting dan terkenal serta bisa menambah koneksi, lho!

2. Kursus memasak

Bagi Teman STOQO yang hobi atau bahkan terampil memasak makanan, kemampuan tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuka kelas atau kursus memasak. Teman STOQO bertugas berbagi ilmu seputar masakan kepada para muridnya dan membantu mereka meracik makanan.

Kelas memasak ini bisa dilaksanakan bahkan dari rumah, baik itu rumah si pemilik usaha maupun rumah murid yang ingin kelas memasak secara private. Akan lebih memudahkan apabila sebelumnya sudah memiliki peralatan masak sendiri sehingga tidak perlu keluar biaya lagi untuk membeli perlengkapan masak.

3. Layanan akuntansi dan pembukuan

Bagi Teman STOQO yang jago di bidang ekonomi, bisa juga lho memulai bisnis layanan akuntansi. Kliennya bisa mulai dari perorangan hingga perusahaan yang butuh bantuan terkait akuntansi dan pembukuan. Layanan ini bisa memberikan berbagai macam jasa yang berhubungan dengan akuntansi, pajak, atau laporan keuangan seperti misalnya laporan keuangan tiap bulan, laporan pajak, laporan rugi, laporan neraca, dan masih banyak lagi.

4. Bengkel otomotif

Usaha bengkel juga bisa menguntungkan, terutama mengingat kini sudah banyak orang-orang  yang memiliki kendaraan pribadi seperti motor hingga mobil. Nah, supaya lebih mudah mendapat untuk, cobalah membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memanggil ‘bengkel datang ke rumah’.

Hal ini mengingat terkadang ada kalanya kerusakan yang terjadi membuat mobil atau motor akan sulit untuk didorong ke bengkel. Selain itu dengan memberikan layanan seperti ini, akan lebih banyak kesempatan bagi bengkel untuk menjangkau lebih banyak orang, bukan?

5. Layanan-layanan untuk anak

Kini banyak orang tua yang memutuskan untuk bekerja supaya bisa mencukupi kebutuhan keluarganya. Sayangnya, waktu mereka untuk menjaga, mengurus, bahkan membimbing anak-anak melewati pertumbuhan pun jadi berkurang dan tidak efektif. Keadaan ini ternyata bisa dipergunakan untuk membuka layanan-layanan untuk anak-anak, lho!

Lalu apa saja layanan-layanan untuk anak yang bisa dijalankan? Mulai dari penitipan anak, kelas alam untuk anak-anak supaya belajar lebih banyak tentang keadaan alam sekitar, kelas seni untuk anak-anak, bimbingan belajar mata pelajaran sekolah, bimbingan belajar keterampilan seperti membaca atau berhitung, kelas olahraga anak dan masih banyak lagi.

6. Pembuatan website dan aplikasi ponsel

Berhubung zaman sudah semakin maju dan internet kini sudah banyak digunakan, Teman STOQO bisa memanfaatkan ini untuk dijadikan bisnis. Misalnya saja dengan membuat atau mendesain website bagi pebisnis yang sedang butuh website untuk memperkenalkan bisnisnya pada masyarakat, maupun bagi para individu yang ingin punya website untuk kepentingan tertentu. Selain itu bisa juga membuka jasa pembuatan atau pengembangan aplikasi ponsel. Layanan seperti ini kini cukup menarik banyak pihak, lho!

7. Ternak hewan

Ternak hewan juga bisa menjadi bisnis kecil yang menguntungkan. Keuntungannya nanti bisa didapat melalui baik panen daging sapi, daging ayam, daging kambing, daging ikan atau bermacam daging lainnya. Bisa juga dapat dijual ke rumah potong atau pembeli lain yang menginginkan hewan ternak tersebut. Hewan ternak pun bisa dimanfaatkan hasil olahan lainnya misal telur ayam dan susu segar.

Mulai dari modal dan jumlah yang kecil dulu, nantinya keuntungan dapat digunakan untuk menambah jumlah hewan ternak dan proses produksi.

8. Jasa mengurus hewan peliharaan

Kini banyak juga orang yang memelihara hewan peliharaan di rumah, mulai dari anjing, kucing, hamster, kelinci dan masih banyak lagi. Hal  ini bisa dijadikan kesempatan berbisnis, terutama karena ada masanya si pemilik hewan peliharaan tidak punya waktu untuk mengurus hewan peliharaannya.

Apa saja layanan mengurus hewan peliharan yang bisa dilakukan? Mulai dari jasa penitipan hewan peliharaan saat si pemilih hendak pergi jauh dan tak bisa membawa serta peliharaannya, lalu jasa memandikan hewan peliharaan bagi pemilik yang mungkin tak punya waktu, jasa perawatan, jasa pelatihan anjing (melatih buang air, melatih makan, melatih komunikasi dengan manusia, dll) hingga jasa lain seperti jasa membawa hewan peliharaan seperti anjing untuk diajak jalan-jalan atau dog walking.

9. Bisnis kuliner modal kecil

Bisnis kuliner ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai bisnis modal kecil namun menguntungkan, lho! Misalnya saja dengan membuka rumah makan, warung makan, kafe, food truck, toko kue, toko es krim, toko macam-macam jus, jasa katering hingga toko sembako.

Bisnis kuliner seperti ini cukup menguntungkan mengingat produk yang dijual adalah makanan dan minuman yang merupakan kebutuhan utama. Target pembelinya juga cukup meluas dan beberapa bahkan bisa dijalankan di rumah, alias tanpa harus menyewa tempat, lho!

Selain itu, untuk mencari supplier bahan pokok dan bahan baku bisnis kuliner pun kini lebih dimudahkan dengan adanya aplikasi online yang membantu para pebisnis kuliner untuk mendapat bahan baku tanpa perlu ribet, salah satunya adalah menggunakan aplikasi STOQO.

Cukup dengan men-download aplikasi STOQO di smartphone, lalu kemudian registrasi. Sebagai pebisnis kuliner bisa langsung memesan apa saja bahan baku yang dibutuhkan. Mulai dari tepung, telur, susu, daging, hingga peralatan pendukung lain seperti plastik bungkus, karet gelang, sabun cuci, dan masih banyak lagi.

Setelah memilih barang-barang yang hendak dibeli, pebisnis kuliner bisa menentukan tanggal kapan bahan-bahan ini bisa diantarkan. Kemudian saat kurir sudah datang dengan barang belanjaan, pebisnis bisa langsung mengecek keadaan kelayakan barang-barang tersebut. Mudah, kan? Pasokan bahan baku aman, bisnis kuliner-pun bisa berjalan lancar.

baca juga:

Nah, itulah beberapa bisnis kecil namun menguntungkan yang bisa dijalankan. Semoga bermanfaat!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

05 Apr 2018