15 Sifat yang Dimiliki Pengusaha Sukses, Anda Sudah Punya?

thumbnail

Meskipun sifat dalam diri masing-masing punya perbedaan satu sama lain, namun ternyata ada beberapa kesamaan sifat yang dimiliki oleh para pebisnis sukses.

Beberapa orang percaya bahwa sikap atau karakter yang dimiliki oleh seseorang cukup berperan penting dalam menentukan kesuksesannya.

Begitu juga dalam hal berbisnis, dikatakan pula bahwa karakter yang dimiliki oleh si pebisnis cukup berpengaruh pada berhasil atau tidaknya usahanya.

Banyak orang kemudian berlomba-lomba untuk melatih diri supaya dapat memiliki sifat-sifat tersebut dengan tujuan meraih kesuksesan dalam hidupnya.

Lalu kira-kira, sifat-sifat seperti apakah yang mampu mendorong seseorang untuk memulai hingga menjalankan usaha sampai akhirnya benar-benar bisa sukses?

baca juga:

Ada setidaknya 15 sifat yang bisa menunjukkan apakah seseorang bisa jadi pengusaha sukses atau tidak. Berikut penjelasan selengkapnya yang sudah STOQO rangkum dari berbagai sumber.

1. Bersemangat dan mempunyai motivasi tinggi

Ilustrasi (foto: bobbyvelev.com)

Ilustrasi (foto: bobbyvelev.com)

Untuk dapat menjalankan suatu usaha dari nol hingga akhirnya benar-benar sukses, dibutuhkan adanya semangat dan juga motivasi tinggi.

Dengan semangat dan motivasi tinggi, pebisnis tidak akan dengan mudahnya merasa bosan untuk terus berusaha bahkan meskipun sempat mengalami tantangan atau bahkan kegagalan.

Supaya terus semangat dan termotivasi, akan lebih mudah jika usaha yang dijalani adalah usaha yang memang benar-benar menjadi minat bagi si pebisnis tersebut.

Karena dengan adanya minat terhadap usaha tersebut, si pebisnis akan selalu berjuang untuk memajukan usahanya dan tak akan mudah merasa jenuh atau bahkan terbebani ketika harus menjalankan usaha miliknya itu.

2. Sifat disiplin

Para pebisnis yang sukses juga pada umumnya memiliki sifat disiplin yang baik. Mereka fokus menjalankan usahanya dan berhasil menghindari gangguan-gangguan yang bisa menghambat mereka mencapai target-targetnya.

Mereka juga mampu membuat strategi-strategi untuk dapat meraih setiap target yang diinginkan.

Untuk dapat menjadi pribadi yang disiplin, dibutuhkan kemampuan untuk mengontrol, menguasai dan mengarahkan diri sendiri, serta kesadaran akan tanggung jawab yang dimiliki.

Mereka berani mendisiplinkan diri sendiri karena sadar bahwa pasti ada harga yang harus dibayarkan untuk bisa meraih kesuksesan tersebut.

3. Visioner

Kebanyakan pebisnis sukses adalah mereka yang memiliki visi atau pandangan ke depan yang jelas.

Visi-visi tersebut meliputi akan seperti apa usaha yang akan dibuat nanti dan bagaimana cara untuk bisa mencapainya. Tanpa visi yang jelas, pastinya akan sulit untuk bisa menjalankan suatu usaha.

Jika ingin menjadi pebisnis yang punya visi jelas, cobalah untuk memikirkan tipe usaha seperti apa yang ingin dibangun dan dijalankan. Lalu apa saja target-target yang bisa dicapai supaya dapat mencapai apa yang diinginkan dan diharapkan.

4. Kepemimpian yang kuat

Dalam menjalankan usaha, nantinya akan ada kesempatan dimana si pebisnis harus mampu menjadi pemimpin dan memberikan arahan bagi para karyawan atau orang-orang yang bekerja bagi usahanya tersebut.

Seorang pemimpin harus mampu memimpin para karyawan yang bahkan datang dari latar belakang berbeda dengan sifat yang bermacam-macam, apapun kondisinya.

Pemimpin pun tidak berarti orang yang hanya bisa menyuruh-nyuruh. Ia harus bisa menjadi role model atau panutan bagi orang-orang yang ia pimpin. Ia dapat mengarahkan timnya untuk bergerak maju dan mencapai setiap target dengan tepat.

Ia juga harus dapat menjalin hubungan dan komunikasi dengan para karyawannya serta bekerja dalam tim. Pemimpin yang baik bisa mendapatkan kepercayaan serta kehormatan dari timnya tanpa harus memaksa.

Memang tidak terdengar mudah, namun kemampuan untuk memimpin memang diperlukan untuk bisa menjadi sukses.

5. Profesional

Pebisnis yang sukses mampu untuk bersikap profesional. Ia mampu fokus pada usahanya dan mengesampingkan hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan lingkup pekerjaan.

Bahkan meskipun ia sedang mengalami hari yang buruk, ia tetap bisa bersikap profesional dan fokus dengan pekerjaannya.

6. Berani mengambil risiko

Ilustrasi (foto: phys.org)

Ilustrasi (foto: phys.org)

Tidak semua orang berani mengambil risiko. Namun, para pebisnis sukses biasanya adalah orang-orang yang berani ambil risiko dan tantangan.

Bahkan mungkin ada yang dari awal mereka memutuskan untuk menjalankan usahapun sebenarnya mereka sudah mendapatkan risiko atau uang dan waktunya.

Dari awal mereka sadar bahwa dalam menjalankan usaha bisa saja terjadi hal-hal tak terduga seperti kerugian dan lainnya, namun para pebisnis tetap teguh dan tekun dalam menjalankan usaha hingga pada akhirnya mereka benar-benar mencapai kesuksesan.

Tidak hanya itu saja, mereka juga benar-benar memperhitungkan segala sesuatunya sebelum mengambil risiko.

baca juga:

Mereka biasanya mengevaluasi hal-hal yang berisiko melalui beberapa pertanyaan seperti apakah hal yang bisa didapat setimpal dengan risikonya dan apa yang akan dilakukan jika ternyata rencananya tidak berjalan sesuai harapan.

7. Berorientasi pada tujuan

Tak hanya sekadar visioner, para pebisnis sukses kebanyakan juga adalah orang-orang yang berorientasi pada tujuan yang jelas.

Mereka selalu menentukan tujuan-tujuan yang ingin diraih dalam bisnisnya dan langkah-langkah untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Mereka juga fokus pada tujuan yang akan diraihnya.

8. Kreatif

Kebanyakan para pengusaha sukses juga merupakan orang-orang kreatif. Kreativitas adalah suatu hal yang tidak terbatas dan bisa berguna bagi usaha tipe apapun.

Pebisnis dapat menggunakan kreativitas yang dimiliki untuk memikirkan ide-ide baru, menyelesaikan masalah-masalah terkait bisnis, hingga menentukan cara-cara baru untuk mengembangkan bisnis lebih jauh lagi.

9. Percaya diri

Para pengusaha sukses biasanya adalah orang-orang yang memiliki kepercayaan diri yang baik.

Mereka percaya bahwa usahanya akan membuahkan hasil. Mereka juga percaya pada kemampuan diri dan pengetahuan yang mereka miliki untuk dapat menjalankan usahanya.

Mereka juga percaya bahwa usaha mereka tetap bisa akan berjalan meskipun harus menghadapi kompetitor dan berbagai tantangan sekalipun.

Kepercayaan diri ini tentunya berbeda dengan sifat sombong dan angkuh. Dengan kepercayaan diri itulah mereka mampu memimpin timnya dan timnya pun bisa percaya pada mereka.

10. Persuasif

Sifat persuasif memampukan pebisnis untuk dapat melakukan negosiasi dengan baik dengan berbagai pihak.

Apalagi mengingat tak jarang pebisnis harus bisa melakukan hal-hal yang membutuhkan sifat persuasif seperti ketika hendak meyakinkan klien, partner bisnis, atau bahkan karyawan sekalipun.

11. Berpikiran terbuka

Ilustrasi (foto: bobbyvelev.com)

Ilustrasi (foto: bobbyvelev.com)

Para pengusaha sukses biasanya memiliki pemikiran yang terbuka. Pemikiran inilah yang nantinya membuat ia mampu untuk menyadari adanya peluang dalam setiap situasi.

Berpikir terbuka berarti membuka pikiran terhadap kemungkinan bahwa suatu ide, pandangan, data, teori, kritik, saran, dan kesimpulan bisa benar atau salah. Dalam berbisnis, hal ini berarti semua keputusan atau hal-hal yang ingin diputuskan harus mempertimbangkan kebaikan sebagian besar orang.

12. Gigih

Pengusaha sukses biasanya punya kegigihan yang tinggi. Kegigihan ini memampukan mereka melewati setiap rintangan dan masalah yang bisa saja datang saat menjalankan usaha.

Mereka tidak mudah menyerah apapun yang terjadi bahkan ketika harus mengalami kekecewaan atau bahkan kegagalan sekalipun, justru mereka akan terus berusaha bangkit dan memperbaiki usahanya.

13. Rendah hati

Banyak para pengusaha sukses yang ternyata tetap rendah hati meskipun usaha mereka sudah berkembang dengan sangat pesat dan dinilai baik oleh banyak kalangan.

Sifat kerendahan hati mereka juga inilah yang kemudian membuat mereka dihormati oleh orang-orang disekitarnya.

Mereka bahkan mau menolong orang lain dengan kekayaan yang mereka dapat dari usaha tersebut.

14. Mampu beradaptasi

Banyak pengusaha sukses yang ternyata mampu beradaptasi. Sifat tersebut tentu sangat menguntungkan karena memudahkan mereka untuk menjangkau setiap klien dari berbagai macam kalangan.

Apalagi mengingat dunia yang selalu berubah dari waktu ke waktu. Tentunya sifat mampu beradaptasi kemudian menjadi hal yang mendukung bagi mereka.

15. Tak berhenti belajar

Ilustrasi (foto: beautyglitch.com)

Ilustrasi (foto: beautyglitch.com)

Meskipun sudah sukses, mereka tidak berhenti belajar. Mereka belajar lewat pengalaman pribadi dan orang lain, membaca jurnal, majalah, maupun buku, hingga bertukar pikiran dengan para pengusaha lainnya.

baca juga:

Nah, itulah setidaknya 15 sifat yang dimiliki oleh para pengusaha sukses. Apakah ada dari sifat-sifat tersebut yang sudah Teman STOQO miliki?

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

07 May 2018