20 Tanda Bahwa Anda Berbakat Jadi Pengusaha Sukses

thumbnail

Beberapa orang seolah memang dilahirkan untuk menjadi wirausahawan atau pengusaha sukses. Mereka bahkan punya sikap-sikap tertentu yang mendukung untuk bisa menjadi bisnis sukses.

Hmm.. Menarik, bukan? Apalagi bisa jadi, beberapa dari Teman STOQO ternyata tanpa sadar punya sikap-sikap yang mendukung untuk menjadi seorang pengusaha.

baca juga:

Lalu kira-kira, apa saja ya hal-hal yang bisa jadi pertanda bahwa seseorang bisa menjadi pengusaha sukses? Berikut setidaknya ada 20 hal yang sudah STOQO rangkum:

1. Bukan orang yang mudah merasa puas dengan pencapaiannya

Salah satu hal yang bisa menjadi pertanda seseorang dapat berpotensi jadi pengusaha sukses adalah jika orang tersebut bukan orang yang mudah merasa puas dengan pencapaiannya.

Contoh sederhanya, ketika sudah mencapai suatu pencapaian, orang-orang biasa pada umumnya akan cenderung merasa puas lalu berhenti berusaha, sedangkan bagi seorang pebisnis yang sukses, ia akan berpikir bahwa apa yang ia capai memang baik dan layak disyukuri, namun ia juga berpikir apalagi yang bisa dilakukan selanjutnya.

2. Orang yang mengambil tindakan

Memiliki ide bisnis memang baik, namun hal tersebut akan menjadi sia-sia apabila hanya sekedar ide tanpa adanya tindakan.

Maka dari itu dari itu, seseorang bisa menjadi pengusaha sukses apabila ia juga mengambil tindakan untuk merealisasikan ide bisnisnya.

3. Seorang yang berkomitmen terhadap pekerjaannya

Jika Teman STOQO adalah seorang memiliki komitmen terhadap yang dilakukan, bisa saja hal itu menjadi tanda seorang pebisnis yang sukses.

Dikarenakan orang dengan sikap seperti ini biasanya terus berusaha memberikan waktu, pikiran, serta usaha sebaik mungkin bagi pekerjaan yang ia lakukan.

4. Optimis

Salah satu ciri yang biasanya dimiliki pada pengusaha sukses adalah sikap optimis. Dengan sikap optimis inilah mereka bisa menghadapi setiap hal saat menjalankan bisnisnya.

Daripada fokus dengan ketidakmampuan, mereka akan cenderung fokus pada kemampuan serta peluang dan hasil yang ingin dicapai.

5. Punya mimpi besar

Para pebisnis biasanya adalah mereka yang berani bermimpi besar. Mereka tidak hanya berpikir sederhana karena takut dengan risiko, tapi mereka juga berani untuk memiliki impian besar bagi masa depan, lalu mengambil langkah untuk merealisasikan mimpinya.

6. Berani mengambil risiko

Setiap bisa saja punya keinginan dan mimpi yang sama, namun tidak semua orang berani mengambil risiko “mengejar mimpi” tersebut.

Alhasil banyak orang yang akhirnya punya mimpi berwirausaha namun gagal menjadi seorang wirausahawan.

Para pengusaha yang sukses, justru berani mengambil risiko yang tidak semua orang berani ambil. Misalnya rela meninggalkan pekerjaan, rela memulai dari 0, rela menghabiskan waktu lebih lama untuk bekerja, dan lain sebagainya. Tentu tujuan akhirnya untuk menggapai mimpi dan mencapai keberhasilan dari mimpi yang dicita-citakan tersebut.

Sikap berani mengambil resiko inipun juga berguna bagi usaha tersebut nantinya. Hal ini mengingat akan ada banyak pilihan yang harus diambil oleh si pebisnis dan pilihan-pilihan tersebut bisa memiliki risikonya sendiri.

7. Suka mencari uang dari usaha sendiri

Orang-orang yang berjiwa bisnis akan lebih suka mendapat uang dari usahanya sendiri. Uang tersebut dapat dilihat sebagai salah satu hasil dari pencapaian yang dilakukan.

Selain itu, orang-orang yang menjadi pengusaha sukses biasanya adalah mereka yang tidak begitu suka ketika pendapatannya ditentukan oleh orang lain.

Mereka lebih memilih untuk jadi pebisnis sehingga bisa menentukan sendiri seberapa besar pendapatan yang layak mereka terima.

8. Menyukai ide-ide baru

Para pebisnis biasanya terdiri dari mereka yang suka dan terbuka pada ide-ide baru. Hal ini tentu berguna bagi bisnis, karena si pebisnis bisa memanfaatkan sikap ini untuk terus memikirkan hal-hal baru yang bisa digunakan untuk memajukan usahanya.

9. Tidak mudah menyerah

Salah satu ciri pengusaha sukses adalah sikap tidak mudah menyerah. Apabila ia mengalami masalah ataupun kegagalan, ia akan terus berjuang untuk bangkit dan tetap maju hingga akhirnya ia bisa mencapai target serta kesuksesan yang ingin ia raih.

10. Tidak berhenti belajar

Banyak para pengusaha sukses yang tidak pernah berhenti belajar dan memperluas pengetahuannya.

Mereka tidak merasa puas hanya dengan pengetahuan yang dimiliki begitu saja. Mereka meningkatkan pengetahuan lewat berbagai hal, baik itu lewat membaca buku, jurnal, mengikut kelas, hingga mengikuti kegiatan-kegiatan (seperti seminar, expo, pertemuan, dan lainnya) yang membantu mereka untuk terus meningkatkan pengetahuannya.

baca juga:

11. Bisa menghargai kesendirian

Para pengusaha sukses juga biasanya adalah orang-orang yang mampu menghargai kesendirian.

Mereka tidak melihat waktu atau saat mereka sendiri sebagai hal yang menyedihkan, melainkan mereka melihat hal tersebut sebagai kesempatan untuk mencoba memikirkan hal-hal atau ide-ide baru untuk meningkatkan usahanya.

12. Tidak bisa tinggal diam

Kebanyakan pengusaha sukses tidak bisa “duduk diam” begitu saja. Biasanya mereka cenderung berapi-api untuk memikirkan hal-hal baru yang berkaitan dengan kemajuan usaha.

Contohnya bisa kita lihat pada para pebisnis yang tidak hanya punya satu jenis usaha, tapi juga punya usaha lain (diversifikasi bisnis) yang bahkan mungkin berbeda tipe.

13. Mampu beradaptasi

Para pengusaha sukses juga biasanya merupakan orang-orang yang mampu beradaptasi di berbagai keadaan dan lingkungan.

Hal ini tentu bermanfaat dan sangat diperlukan mengingat lingkungan bisnis mengalami banyak perubahan dari waktu ke waktu.

14. Mampu mengatur keuangan dengan baik

Uang merupakan satu hal yang terpenting, terutama dalam menjalankan bisnis. Pengaturan keuangan yang baik bisa menjadi penentu kelangsungan bisnis tersebut.

Pebisnis yang sukses biasanya mampu mengatur keuangan, memisahkan keperluan bisnis dengan keperluan pribadi, merencanakan budget, dan hal-hal penting lain berhubungan dengan keuangan.

15. Orang yang menyikapi kritik dan saran dengan baik

Dalam menjalankan bisnis, terkadang pebisnis bisa saja mengalami hal-hal yang kurang enak di hati. Misalnya saja pelanggan tiba-tiba datang dan mengeluh habis-habisan soal produk atau jasa yang diberikan oleh usaha tersebut.

Nah, para pebisnis biasanya akan dengan lapang dada menerima hal ini dan bahkan menjadikan kejadian kurang mengenakkan tersebut sebagai batu loncatan dan input yang baik untuk semakin mengembangkan bisnisnya.

16. Punya sifat kepemimpinan

Secara alami, para pebisnis yang sukses adalah orang-orang yang meliki sifat kepemimpinan. Mereka mampu memimpin banyak orang dalam segala situasi untuk bisa mencapai target usaha.

17. Menghargai kerja keras

Para pengusaha sukses juga biasanya adalah orang-orang yang mampu menghargai kerja keras tiap orang yang berkaitan dengan bisnis tersebut.

Ia tidak segan untuk bekerja keras dan bahkan meluangkan waktu lebih demi memajukan usahanya.

18. Percaya diri

Para pengusaha sukses juga biasanya punya kepercayaan diri yang tinggi. Mereka yakin pada dirinya bahwa ia mampu menjalankan usahanya dan yakin bawha ide-idenya dapat berjalan dengan baik.

Dengan begitu, ia pun mampu meyakinkan orang lain, baik para pekerjanya maupun klien dan pelanggan, tentang usaha yang ia sedang kerjakan.

19. Termotivasi oleh tantangan

Orang-orang yang menjadi pebisnis biasanya adalah mereka yang melihat tantangan bukan sebagai hal yang menakutkan, namun sebagai hal yang memotivasi mereka untuk bisa semakin meningkatkan bisnis tersebut ke arah yang lebih baik.

20. Dikelilingi orang-orang cerdas dan bijak

Para pengusaha sukses biasanya juga dikelilingi orang-orang yang cerdas dan bijaksana., sehingga mereka bisa saling bertukar pikiran.

Mulai dari sekarang, coba bangun relasi dengan orang-orang yang punya pemikiran cerdas dan bijak. Jika dirasa relasi yang dibangun tidak menjadikan kita lebih maju, tinggalkan segera.

Seperti contoh, artis Hollywood Jessica Alba yang menjadi co-founder The Honest Company. Dalam suatu kesempatan, ia mengatakan bahwa, “penting untuk selalu dikelilingi oleh orang-orang yang lebih cerdas, sehingga banyak hal yang semakin dapat diketahui”.

baca juga:

Itulah beberapa pertanda yang bisa menandakan bahwa seseorang berpotensi menjadi pebisnis yang sukses.

Apakah Teman STOQO punya tanda-tanda tersebut?

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

14 May 2018