7 Tips Untuk Menarik Generasi Milenial Datang ke Restoran Anda

thumbnail

Generasi milenial adalah generasi yang kini sedang marak-maraknya menjadi bahan pembahasan. Bahkan majalah Forbes pun mengungkapkan bahwa generasi milenial akan mengisi 75% dari tenaga kerja di tahun 2025 serta memiliki daya beli lebih dari $ 200 miliar atau sekitar Rp 2.800 triliun.

Oleh karenanya, banyak bisnis yang berlomba-lomba untuk menarik perhatian generasi milenial, tak terkecuali bisnis kuliner seperti restoran. Restoran berusaha untuk melakukan berbagai hal yang akan membuat generasi milenial tertarik untuk membeli di tempat usaha tersebut.

baca juga:

Kira-kira bagaimana ya cara supaya restoran berhasil menarik perhatian generasi milenial dan membuat mereka bersedia untuk mampir ke tempat itu?

Berikut telah STOQO kumpulkan beberapa tips menarik bagi para restoran untuk menarik perhatian generasi milenial untuk selalu datang ke restoran Teman STOQO.

1. Menu kuliner yang unik dan kreatif

Generasi milenial banyak yang kini ingin mencoba hal-hal baru, unik, dan menarik. Maka dari itu, cobalah untuk membuat daftar menu yang kreatif. Baik itu dari segi nama hidangan, maupun deskripsi dari setiap hidangan yang ada.

Saat hidangan disajikan pastikan hidangan tersebut memiliki “ciri khas” berbeda dengan hidangan di restoran lainnya. Misalnya saja kopi dengan tambahan foam menyerupai kucing, mie instant yang “melayang” di udara, kopi bercampurkan buah alpukat, minuman mangga dengan ukuran jumbo, hingga cheese cake dengan tekstur dan rasa yang fluffy.

2. Beri pilihan porsi

Cobalah beri pilihan porsi, seperti misalnya kecil atau small, sedang atau medium, hingga besar atau large. Hal ini memberi kesempatan mereka mencoba berbagai variasi ukuran menu hidangan sesuai selera mereka.

Walaupun terkesan sepele, terkadang generasi milenial juga sering menyesuaikan pembelian menu dengan budget mereka. Apalagi dengan ukuran restoran yang belum pernah dikenal, maka mereka tidak akan bermasalah untuk mengeluarkan sedikit biaya dengan untuk mencoba. Karena porsi yang sedikit dan harga yang cukup terjangkau, terkadang generasi milenial juga dapat mencoba variasi menu lainnya.

3. Manfaatkan media sosial

Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial sebagai salah satu cara memasarkan restoran Teman STOQO. Terutama karena banyak dari generasi milenial menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan yang lainnya serta menghabiskan waktunya untuk membuka akun yang dimiliki.

Beberapa diantara mereka bahkan gemar dan tertarik untuk mencoba hidangan yang mereka lihat lewat akun media sosialnya. Maka dari itu, manfaatkanlah media sosial sebaik mungkin untuk dapat menjangkau generasi milenial.

4. Keberadaan restoran di dunia maya

Tidak hanya lewat media sosial, memiliki website dan/atau aplikasi untuk restoran Teman STOQO juga akan menguntungkan. Pasalnya, generasi milenial kini cenderung berpeluang untuk mencari tahu informasi tentang suatu tempat secara online sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian.

Maka dari itu, website yang dimiliki oleh restoran bisa diibaratkan sebagai alamat kedua, karena generasi milenial akan berusaha mengunjungi website tersebut untuk mencari tahu informasi yang berkaitan dengan tempat usaha.

5. Pemesanan secara online

Entah lewat website resmi atau aplikasi restoran, atau lewat aplikasi pemesanan makanan online lainnya, generasi milenial kini banyak yang memilih untuk memesan makanan maupun minuman secara online. Maka dari itu, pastikan restoran Teman STOQO tidak ketinggalan tren ini, ya!

Saat ini dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga ataupun jasa pengiriman pihak ketiga, pemesanan online menjadi hal yang cukup mudah dilakukan.

6. Opsi hidangan sehat namun tetap enak

Kini banyak dari generasi milenial yang peduli dengan hidup sehat. Beberapa bahkan memilih untuk menjadi vegetarian dan/atau vegan.

Ada juga yang memilih makan di tempat yang makanannya rendah lemak dan kalori. Maka dari itu jika ingin menarik minat para milenial, bisa dicoba untuk menyajikan beberapa hidangan sehat, ya!

Tentu makanan sehat saja tidak cukup, rasa yang ditawarkan harus tetap enak, bahkan jika memungkinkan harga yang ditawarkan masih cukup terjangkau untuk kantong generasi milenial.

7. Hidangan yang menarik dan lezat secara visual

Selain memiliki akun media sosial, generasi milenial juga terkenal gemar berbagi konten menarik di akun masing-masing, baik itu tulisan, foto hingga video. Mereka seolah berburu hal-hal menarik untuk dapat diabadikan dan dibagikan lewat akun media sosial mereka.

Maka dari itu banyak dari mereka yang kini mendatangi restoran yang hidangannya pun terlihat unik, lezat dan menarik untuk dibagikan. Jadi, apabila Teman STOQO ingin milenial tertarik untuk datang ke restoran, pastikan hidangan juga ditata semenarik mungkin, ya!

Pastikan juga cahaya penerangan di restoran tersebut juga cukup baik sehingga makanan dan minuman yang disajikan dapat tetap terlihat jelas di kamera dan masih terlihat bagus untuk difoto dengan jenis kamera HP kualitas rendah sekalipun.

Kesimpulan

Generasi milenial memiliki potensi tinggi bagi iklim usaha, termasuk juga untuk usaha kuliner.

baca juga:

Memiliki strategi dan hal-hal menarik yang dapat menyasar target milenial tentu harus menjadi pertimbangan penting bagi bisnis kuliner masa kini.

Itulah beberapa tips untuk menarik generasi milenial datang ke restoran.

Semoga bermanfaat! 

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner
Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

12 Jun 2018