Butuh Uang? 7 Hobi Ini Berpotensi Jadi Sumber Penghasilan

thumbnail

Setiap orang yang punya hobi atau kegemaran tertentu pasti akan sangat merasa senang apabila hobinya ternyata bisa dijadikan sumber penghasilan.

Dengan hobi yang bisa dijadikan sumber penghasilan, tentu seseorang bisa lebih bersemangat lagi dalam bekerja.

baca juga:

Waktu yang ia habiskan untuk menghasilkan uang pun tidak akan terasa berat. Sedangkan untuk kebanyakan orang yang merasa terpaksa bekerja untuk hal yang tidak ia minati justru bisa merasa tertekan dan stress hingga berujung pada kurangnya produktivitas saat bekerja.

Kabar baiknya, ternyata ada beberapa hobi yang berpotensi untuk dijadikan sumber penghasilan dan menambah pundi-pundi uang, lho! Apa saja ya, kira-kira? Berikut STOQO telah mengumpulkan setidaknya ada 7 hobi yang berpotensi dijadikan sumber penghasilan:

1. Hobi jalan-jalan

Ilustrasi Jalan-jalan (foto: pixabay)

Ilustrasi Jalan-jalan (foto: pixabay)

Bayangkan jika Teman STOQO bisa jalan-jalan keliling nusantara atau bahkan dunia sambil bekerja dan tetap mendapatkan uang.

Kini, jalan-jalan alias travelling merupakan salah satu hobi yang berpotensi untuk dijadikan sumber pendapatan juga, lho!

Lalu apa saja pekerjaan yang bisa memungkinkan hobi jalan-jalan tetap terpenuhi? Mulai dari penulis blog khusus travelling, pramugari, au pair, diplomat, bagian marketing atau pemasaran, hingga pekerja di kapal pesiar.

2. Hobi membuat kerajinan tangan

Ilustrasi Kerajinan Tangan (foto: pixabay)

Ilustrasi Kerajinan Tangan (foto: pixabay)

Jika Teman STOQO gemar membuat kerajinan tangan, bisa juga hal ini dimanfaatkan untuk dijadikan penghasilan.

Pekerjaan yang dilakukan bisa mulai dari membuat dan menjual parsel, membuat kerajinan tangan untuk hiasan rumah, dan masih banyak lagi, tergantung kreativitas masing-masing.

3. Hobi menulis

Ilustrasi Menulis (foto: pixabay)

Ilustrasi Menulis (foto: pixabay)

Menulis adalah kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Kegiatan inipun ternyata masuk dalam kategori hobi yang berpotensi untuk dijadikan sumber penghasilan.

Orang yang hobi menulis bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menjadi seorang penulis buku, novel, ghostwriter, content writer, copy writer, editor, scriptwriter, hingga jurnalis.

4. Hobi membuat dan mengedit video

Ilustrasi Membuat Video (foto: pixabay)

Ilustrasi Membuat Video (foto: pixabay)

Kini hobi membuat dan mengedit video juga bisa dijadikan sumber pendapatan, lho! Teman STOQO bisa mulai dari bekerja di perusahaan sebagai video maker atau video editor, hingga bekerja sebagai freelance.

Bisa juga membuat bisnis jasa pembuatan dan edit video.

5. Hobi mengajar dan berbagi ilmu

Ilustrasi Mengajar (foto: pixabay)

Ilustrasi Mengajar (foto: pixabay)

Faktanya, ada beberapa orang yang hobi mengajar dan berbagi ilmu. Tipe orang seperti ini sangat menikmati ketika ia sadar ia mampu membimbing seseorang saat belajar hingga benar-benar bisa menguasai materi yang diberikan.

Ia bahkan merasa lengkap ketika bisa membantu orang lain belajar dan membagikan pengetahuan yang ia miliki.

Orang dengan hobi yang berpotensi seperti ini bisa kemudian bekerja sebagai guru, dosen, atau mungkin melalui cara lain seperti membangun website yang memampukan orang lain untuk belajar secara online, dan masih banyak lagi.

6. Hobi memasak

Ilustrasi Memasak (foto: pixabay)

Ilustrasi Memasak (foto: pixabay)

Bagi Teman STOQO yang hobi memasak, hobi ini ternyata juga berpotensi untuk dijadikan sumber penghasilan.

Potensi pendapatan yang mungkin dari hobi ini misalnya dengan membuka kursus atau sekolah memasak, jasa katering, menjadi chef atau juru masak di restoran, hingga menjalankan bisnis kuliner sendiri seperti warung makan, restoran, dan masih banyak lagi.

7. Hobi berolahraga

Ilustrasi Berolahraga (foto: pixabay)

Ilustrasi Berolahraga (foto: pixabay)

Bagi Teman STOQO yang hobi berolahraga serta berbakat dalam bidang ini juga bisa menjadikannya sumber pendapatan.

Misalnya saja bagi yang hobi berenang bisa menjadi guru les renang, atau yang hobi berolahraga lain bisa juga menjadi pelatih olahraga, guru olahraga, hingga instruktur.

baca juga:

Itulah beberapa hobi yang berpeluang untuk dijadikan usaha dan sumber penghasilan. Apakah ada diantaranya yang merupakan hobi milik Teman STOQO?

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

20 Jun 2018