6 Faktor Mengapa Pelanggan Restoran Tidak Kembali Datang

thumbnail

Semua restoran pasti menginginkan adanya pelanggan-pelanggan setia yang mau untuk kembali berkunjung dan makan di tempat tersebut. Mereka bahkan akan mengusahakan segala hal supaya para tamu bisa merasa nyaman dan puas dengan apa yang sudah diberikan sehingga tak sungkan untuk datang lagi di lain waktu.

Namun kenyataannya terkadang hal tersebut bukanlah hal yang selalu terjadi. Beberapa restoran mungkin justru pernah atau sedang mengalami masa di mana para pelanggan tidak kembali lagi ke tempat usaha tersebut.

baca juga:

Kira-kira apa saja ya yang menyebabkan mereka enggan datang lagi? Berikut telah STOQO kumpulkan beberapa faktor yang bisa menjadi alasan bagi para pelanggan untuk tidak kembali lagi ke restoran:

1. Makanan dan minuman yang tidak memuaskan

Pelanggan datang ke restoran tentunya dengan harapan bisa menikmati makanan dan minuman dengan cita rasa lezat dan dengan kualitas yang baik. Tentu harus sesuai dengan harga yang dibayarkan.

Jadi bisa dibayangkan betapa kecewanya mereka apabila ternyata makanan yang disajikan tidak sesuai dengan ekspektasi. Entah karena rasanya yang kurang lezat, porsi yang terlalu sedikit, hingga faktor kurangnya kebersihan makanan dan minuman yang dirasakan oleh pelanggan.

2. Pelayanan dan service yang buruk

Pelayanan yang buruk dapat menjadi salah satu faktor mengapa pelanggan tidak kembali ke suatu restoran. Entah karena kurangnya sambutan yang ramah, ketidakramahan para pelayan atau karyawan yang membuat tidak nyaman, kurang senyum, terlalu lama tidak dilayani, bahkan hingga pelanggan yang merasa diburu-buru untuk meninggalkan tempat tersebut dengan alasan apapun sedangkan mereka merasa tidak dihargai.

Ilustrasi (foto: pixabay)

Ilustrasi (foto: pixabay)

Para pelanggan yang merasa telah mengalami pelayanan yang buruk atau kurang memuaskan pun tentunya tidak akan ambil pusing. Mereka tidak segan-segan untuk mencoba makan dan berpindah ke restoran lain. Terlebih karena kini sudah ada banyak pilihan restoran dengan berbagai variasi yang bisa ditemukan.

3. Kurangnya kebersihan makanan dan minuman

Salah satu faktor yang menyebabkan pelanggan tidak kembali adalah kurangnya kebersihan. Restoran yang memperhatikan faktor kebersihan menunjukkan tingkat kepedulian akan kualitas yang ingin restoran tersebut berikan ke pelanggan yang datang.

Mengingat beberapa pelanggan sadar akan pentingnya makan di tempat yang bersih supaya terhindar dari penyakit, tentu faktor kebersihan harus menjadi salah satu faktor utama.

Kebersihan ini bisa dinilai dari kebersihan makanan, minuman, karyawan, meja, kursi, lantai, perlengkapan makanan, lingkungan restoran, hingga toilet.

4. Menu yang tidak jelas

Salah satu cara pelanggan memahami apa saja hidangan yang ditawarkan adalah lewat menu. Namun menu yang tidak jelas justru dapat membuat pelanggan enggan untuk kembali.

Ketidakjelasan menu ini bisa seperti nama menu terdengar asing namun tidak ada deskripsi apapun tentang menu-menu tersebut, hingga menu yang sering sekali tidak tersedia saat ingin dipesan (menunjukkan restoran tersebut tidak serius menjual menu) ke pelanggan.

5. Reputasi buruk

Terkadang, pelanggan yang puas akan dengan senang hati menyebarkan pengalamannya makan di sebuah restoran kepada keluarga, teman, hingga koleganya.

Namun begitu juga dengan pelanggan yang tidak puas. Bisa jadi justru yang mereka lakukan adalah menyebarkan kekesalan serta kekecewaannya kepada orang lain. Hal ini bisa saja terjadi dan menyebabkan orang lain enggan datang ke tempat tersebut.

6. Harga makanan dan minuman

Ada juga pelanggan yang kemudian tidak kembali lagi karena faktor harga makanan dan minuman yang dijual. Hal ini bisa terjadi karena harga yang dianggap tidak sepadan dengan kualitas yang diberikan.

Ilustrasi (foto: pixabay)

Ilustrasi (foto: pixabay)

Harga yang terlalu sering berubah-ubah, hingga harga yang terlalu tinggi sedangkan ada kompetitor lain yang menjual hidangan yang sama (rasanya sama) namun dengan harga yang lebih murah juga menjadi faktor dari sisi harga yang membuat pelanggan tidak mau datang lagi.

Kesimpulan

Itulah beberapa faktor yang bisa menjadi alasan para pelanggan tidak kembali lagi ke sebuah restoran.

baca juga:

Dengan mengetahui faktor-faktor ini, semoga Teman STOQO dapat memutuskan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan supaya hal-hal tersebut tidak dilakukan.

Pelanggan senang dan pelanggan pun mau untuk datang kembali ke tempat restoran tersebut.

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

22 Jun 2018