Rahasia Lain Tepung Tapioka yang Jarang Diketahui

thumbnail

Bisnis kuliner memang tidak ada matinya karena hampir setiap saat, bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia ini terus berkembang. Ada beberapa kuliner yang selalu dicari dan menjadi favorit banyak orang, seperti bakso, pempek, cireng, batagor, dan aneka kue. Rasanya yang kenyal, gurih, dan legit memang sangat menggugah selera.

Menjalankan bisnis kuliner dengan menu-menu tersebut memang cukup menjanjikan karena dapat mendatangkan keuntungan sehingga banyak bisnis kuliner yang menyajikannya. Tidak jarang, mereka memodifikasinya dengan bahan-bahan lain atau menciptakan sesuatu yang baru untuk lebih menarik perhatian konsumen.

Para pebisnis kuliner menggunakan tepung tapioka dengan kualitas yang baik agar hasilnya pun baik sebagai salah satu bahan utamanya untuk membuat menu-menu tersebut terasa kenyal, gurih, dan legit. Tepung ini terbuat dari singkong yang diekstrak sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai tepung singkong, tepung kanji, atau tepung aci di Tanah Pasundan. Tepung ini kaya akan karbohidrat, protein, lemak, zat besi, kalsium, tembaga, asam folat, potasium, vitamin B6, vitamin K, dan selenium.

baca juga:

Selain untuk membuat makanan menjadi kenyal, gurih, dan legit, ternyata tepung tapioka memiliki rahasia lain yang jarang diketahui oleh banyak orang, seperti berikut ini.

1. Rasanya hambar dan tidak bau

Pertama, rasanya hambar dan tidak bau. Saat menyantap makanan yang terbuat dari tepung tapioka, orang-orang tidak akan menemukan rasa atau mencium baunya karena tepung tapioka memiliki rasa yang hambar dan tidak bau. Bagi orang-orang yang sensitif dengan tepung, tepung dari singkong ini dapat menjadi alternatif yang dapat digunakan dalam makanan.

2. Dapat melancarkan sirkulasi darah

Kedua, Dapat melancarkan sirkulasi darah. Tepung ini mengandung zat besi yang sangat diperlukan oleh tubuh karena dapat menggantikan sel-sel darah yang rusak sehingga sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lancar. Selain itu, pemenuhan kebutuhan zat besi yang cukup juga dapat mencegah anemia.

3. Baik bagi penderita penyakit jantung, hipertensi, dan stroke

Ketiga, Baik bagi penderita penyakit jantung, hipertensi, dan stroke. Tepung tapioka memiliki kandungan natrium yang sangat rendah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita penyakit jantung, hipertensi, dan stroke. Selain itu, kandungan potasiumnya juga dapat menurunkan tekanan darah.

4. Dapat menyehatkan saluran pencernaan

Keempat, dapat menyehatkan saluran pencernaan. Tepung ini mengandung sari pati resisten yang memiliki manfaat seperti serat. Sari pati ini dapat mencegah konstipasi dan dapat menumbuhkan bakteri baik dalam usus sehingga dapat mengurangi peradangan usus dan melancarkan saluran pencernaan.

5. Dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh

Kelima, dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Protein yang terkandung di dalam tepung ini ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Meskipun demikian, sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi tepung ini secara berlebihan.

6. Dapat menguatkan tulang

Keenam, dapat menguatkan tulang. Mengonsumsi tepung ini dalam takaran yang sesuai dapat menguatkan tulang karena kandungan kalsium, vitamin K, dan zat besi-nya dapat mencegah osteoarthritis dan osteoporosis.

7. Dapat membantu orang-orang yang sedang diet gluten

Ketujuh, dapat membantu orang-orang yang sedang diet gluten. Bagi orang-orang yang sedang menjalani diet gluten dan bagi penderita penyakit celiac, tepung ini dapat digunakan sebagai pengganti tepung gandum atau tepung lainnya yang terbuat dari biji-bijian dalam makanan. Tetapi, alangkah baiknya orang-orang tersebut memilih tepung ini dengan keterangan bebas gluten sebelum membelinya karena tidak semua tepung ini bebas gluten.

baca juga:

Penutup

Tepung yang terbuat dari singkong ini memang banyak dijual di toko, tetapi tidak semua toko menjualnya dengan harga yang bersahabat di kantong. Jika para pebisnis kuliner ingin membeli tepung tapioka dengan kualitas bagus dan harga bersahabat untuk bisnis kulinernya, cobalah beli di aplikasi STOQO, aplikasi berbelanja kekinian yang dapat diunduh gratis di smartphone. STOQO benar-benar memberikan kemudahan berbelanja karena lebih praktis, harga kompetitif, pesanan diantar, dan pelayanan terjamin.

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

06 Jul 2018