Mengenal Susu Evaporasi yang Digunakan dalam Bisnis Kuliner

thumbnail

Bisnis kuliner yang menggunakan susu sebagai bahan utama atau bahan tambahan dalam makanan atau minuman saat ini semakin menjamur. Sebut saja martabak, brownies, atau milkshake yang sudah dimodifikasi oleh para chef dengan bahan-bahan lainnya sehingga menghasilkan rasa dan bentuk yang beraneka ragam. Modifikasi rasa dan bentuk ini tentu saja membuat banyak orang, apalagi pencinta kuliner, penasaran ingin mencobanya.

Salah satu susu yang umum digunakan dalam bisnis kuliner adalah susu evaporasi yang berbentuk kental. Biasanya, susu yang berbahan dasar susu segar ini dikemas ke dalam bentuk kaleng. Susu segar ini mengalami proses penguapan untuk menghilangkan kandungan air kurang lebih sekitar 60 persen, mengalami proses homogenisasi, mengalami proses pengemasan ke dalam kaleng, kemudian mengalami proses pemanasan untuk sterilisasi dengan suhu 115-118 derajat Celcius selama kurang lebih 15 menit.

baca juga:

Meskipun sudah mengalami beberapa proses produksi, kandungan nutrisi susu ini tidak mengalami pengurangan yang signifikan dari kandungan nutrisi yang seharusnya dan masih dapat dicerna oleh tubuh, sama seperti kandungan nutrisi dalam susu segar.

Kandungan nutrisi dalam susu yang berubah menjadi kental setelah mengalami beberapa proses produksi ini sangat diperlukan oleh tubuh karena tetap mengandung lemak, protein, kalsium, karbihidrat, fosfor, mineral, zat besi, kalium, magnesium, natrium, zinc, asam folat, niacin, riboflavin, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin C.

Di pasaran, ada 2 jenis susu evaporasi, yaitu susu evaporasi yang rasanya tawar dan susu evaporasi yang rasanya manis atau yang lebih dikenal dengan susu kental manis (SKM). Tekstur dan bentuk susu evaporasi yang rasanya tawar lebih encer dibandingkan dengan susu evaposari yang rasanya manis, kandungan proteinnya pun lebih tinggi.

Sementara itu, tekstur susu evaporasi yang rasanya manis lebih kental dibandingkan dengan susu evaporasi yang rasanya tawar karena ditambahkan gula. Kandungan kalorinya juga lebih tinggi dibandingkan dengan susu evaporasi yang rasanya tawar sehingga dapat memicu timbulnya obesitas dan diabetes, terutama jika dikonsumsi oleh bayi. Oleh karena itu, BPOM melarang para orangtua untuk memberikan susu kental manis pada bayi sebagai pengganti ASI atau susu formula.

Pengemasan susu yang telah mengalami beberapa proses produksi dalam kaleng ini akan membuat susu lebih aman dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama selama kemasannya tidak mengalami kerusakan. Meskipun demikian, para pebisnis kuliner yang ingin membeli susu ini harus tetap memerhatikan tekstur dan aroma susu. Jika tekstur susu jauh lebih kental dari yang seharusnya atau tercium aroma yang sangat menyengat, dapat dipastikan susu tersebut tidak layak untuk dikonsumsi.

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah jika kaleng susu terasa lebih berat atau terdapat bintik-bintik berwarna cokelat di permukaannya. Lebih baik, susu tersebut tidak dikonsumsi karena kualitasnya sudah tidak bagus.

Untuk menjaga agar susu aman dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, para pebisnis kuliner harus menyimpannya di tempat yang teduh dan gelap dalam suhu ruangan dengan syarat kemasannya belum dibuka. Dengan penyimpanan seperti ini, susu dapat bertahan selama kurang lebih 1 tahun. Jika kemasannya sudah dibuka, lebih baik menyimpan susu di dalam lemari pendingin yang dapat bertahan selama 1-2 minggu atau di dalam freezer yang dapat bertahan selama 6-8 minggu.

Susu yang mengalami beberapa proses produksi ini memang sangat cocok digunakan dalam dunia bisnis kuliner untuk membuat aneka makanan dan minuman karena menghasilkan tekstur yang lembut dan cita-rasa yang sangat menggugah selera.

baca juga:

Para pebisnis dapat membeli susu evaporasi dengan harga yang kompetitif di STOQO untuk kebutuhan bisnis kulinernya. Segera unduh aplikasi belanja bisnis kuliner kekinian tersebut di smartphone untuk merasakan sensasi belanja yang hemat, cermat, dan praktis.

Selamat berbelanja kebutuhan bisnis kuliner di STOQO!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

09 Jul 2018