8 Pertanyaan Penting Sebelum Memulai Bisnis Restoran

thumbnail

Menjalankan bisnis kuliner seperti restoran mungkin merupakan hal yang terdengar menjanjikan untuk dilakukan. Supaya sukses, dibutuhkan persiapan matang sebelum benar-benar memulai usaha tersebut.

Untuk itu, STOQO telah mengumpulkan beberapa pertanyaan khusus yang dapat membantu calon pebisnis memastikan apakah semua persiapan yang dibutuhkan sudah matang. Apa saja? Berikut 8 pertanyaan yang perlu direnungkan sebelum memulai bisnis restoran:

baca juga:

1. Apakah saya siap menghabiskan sebagian besar waktu saya untuk restoran ini?

Pertanyaan pertama sebelum memutuskan untuk memulai restoran adalah apakah Teman STOQO siap menghabiskan sebagian besar waktu untuk restoran yang hendak dirintis. Hal ini juga berlaku bagi bisnis kuliner lainnya. Dalam memulai suatu bisnis, tentunya ada banyak hal yang perlu dilakukan dan dipersiapkan sehingga banyak waktu yang akan terpakai untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut. Maka dari itu, pastikan apakah Teman STOQO sudah siap meluangkan sebagian besar waktu untuk restoran.

2. Dimana restoran akan dijalankan?

Dari sekian faktor yang mendukung kesuksesan restoran, lokasi juga penting untuk dipikirkan. Ingatlah bahwa lokasi yang tepat dan prospektif dapat membantu restoran mengumpulkan lebih banyak pelanggan.

Ketika memilih lokasi, pantau juga apakah ada kompetitor dengan bisnis serupa di sekitar lokasi. Tujuannya supaya Teman STOQO mengetahui apa yang harus dilakukan  dan tidak perlu takut kalah bersaing.

3. Apakah akan menyewa, membeli, atau membangun tempat untuk restoran?

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah Teman STOQO akan menyewa, membeli, atau membangun sendiri tempat untuk restoran. Dari sini bisa diperkirakan seberapa besar anggaran biaya yang dibutuhkan untuk merealisasikan rencana tersebut.

4. Apakah saya punya cukup biaya untuk menutup kerugian di awal pembukaan?

Sewajarnya ketika memulai bisnis restoran, pebisnis akan mempersiapkan biaya untuk modal pembukaan. Namun kenyataannya tidak hanya modal di awal saja, pebisnis juga perlu menyiapkan biaya lebih untuk menutup kerugian yang bisa terjadi di awal pembukaan restoran.

Ilustrasi (foto: pixabay)

Ilustrasi (foto: pixabay)

Kerugian yang dimaksud terjadi ketika restoran belum mencapai target jumlah pelanggan. Sedangkan biaya seperti membayar sewa, tagihan listrik, air, hingga gaji karyawan tetap harus dibayarkan.

5. Apa yang membuat restoran saya prospektif?

Kini kita dapat menemukan berbagai macam restoran di sekitar kita. Maka dari itu untuk dapat berjalan sukses dan memenangkan persaingan, restoran harus memiliki sesuatu yang berbeda dari restoran lain di sekitarnya. Contohnya berbeda dari sisi kualitas makanan, varian menu, harga, layanan, dan lain-lain.

6. Izin apa sajakah yang saya perlukan?

Dimanapun Teman STOQO ingin membuka bisnis restoran, pastikan mencari tahu apakah ada izin tertentu yang diperlukan untuk membuka usaha. Hal ini dapat mencegah terjadinya pelanggaran hukum yang bisa berakibat fatal seperti misalnya penutupan usaha kuliner oleh pemerintah setempat, denda, hingga hukuman penjara. Jika diperlukan, jangan ragu untuk meminta bantuan ahli hukum apabila menemui kesulitan.

7. Apakah restoran saya siap menerima feedback?

Terkadang menjalankan bisnis tidak semulus harapan kita. Ada kalanya kita akan menerima feedback baik dari pelanggan maupun dari orang-orang yang bekerja dengan kita. Kemampuan menerima feedback diperlukan supaya nantinya dapat menjadikan masukan atau bahkan kritikan yang diterima sebagai batu loncatan untuk memperbaiki kualitas hidangan dan layanan.

8. Siapa yang akan mengurus restoran kalau saya tidak di tempat?

Sebagai manusia, ada kalanya kita juga butuh liburan dan mungkin sesekali tidak berada di tempat. Oleh sebab itu sebagai pemilik restoran, Teman STOQO harus memikirkan siapa yang bisa dipercaya untuk mengurus restoran selama dalam masa cuti. Bisa bekerja sama dengan kerabat yang dipercaya dan mumpuni, hingga mempekerjakan manajer untuk mengelola restoran.

baca juga:

Penutup

Menjalankan bisnis restoran terdengar sebagai ide yang menantang dan menyenangkan bagi sebagian orang. Namun sebelum memulai, calon pebisnis restoran perlu memastikan bahwa segala persiapan yang diperlukan sudah matang. Itulah sebabnya 8 pertanyaan di atas akan sangat membantu memastikan bahwa hal-hal yang dibutuhkan sudah siap.

Ilustrasi (foto: pixabay)

Ilustrasi (foto: pixabay)

Semoga bermanfaat!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

04 Aug 2018