6 Tantangan Bisnis Kuliner

thumbnail

Setiap bisnis dapat menghadapi tantangan yang berbeda-berbeda. Begitu juga dengan bisnis kuliner seperti restoran.

Tantangan yang dihadapi dapat menjadi batu sandungan jika tidak dipersiapkan dengan baik, namun juga dapat menjadi batu loncatan apabila pihak restoran melakukan segala persiapan dengan matang.

baca juga:

Kira-kira apa saja ya tantangan yang dapat terjadi pada bisnis restoran? Berikut telah STOQO rangkum beberapa tantangan tersebut:

1. Keuangan yang tidak memadai

Setiap pebisnis akan menyiapkan modal sebelum menjalankan bisnis restoran. Namun ternyata, uang yang disiapkan seharusnya tidak hanya sekadar untuk modal membuka restoran saja, lho! Melainkan harus mencakup uang cadangan untuk dipakai ketika bisnis restoran ternyata belum berhasil mencapai target dalam jangka waktu tertentu.

Katakanlah ternyata setelah membuka restoran, jumlah pengunjung yang hadir belum seberapa dan jumlah pendapatanpun masih sedikit. Sedangkan restoran tetap harus membayar tagihan sewa tempat, listrik, bahan baku, hingga menggaji karyawan. Di saat seperti ini jika ingin restoran tetap berjalan dengan baik, maka uang cadangan yang sudah dipersiapkan bisa dipakai sementara sampai restoran benar-benar berhasil mencapai target keuntungan yang seharusnya.

Bagi Teman STOQO yang mungkin sedang ingin merintis restoran, hal ini dapat dijadikan pelajaran supaya benar-benar menyiapkan uang yang tidak hanya cukup untuk modal membuka restoran, tapi juga cukup untuk menutup kerugian yang bisa saja terjadi di awal menjalankan restoran. Siapkan uang tersebut setidaknya untuk 1 bulan hingga 12 bulan awal menjalankan restoran.

2. Menu untuk bisnis restoran

Hal yang dapat menjadi tantangan bagi restoran selanjutnya adalah menu. Bagaimana cara restoran menciptakan menu-menu hidangan yang tidak monoton dan sesuai dengan  selera pelanggan. Secara otomatis, menu yang memuaskan membuat pelanggan lebih mungkin untuk kembali. Selalu evaluasi menu secara berkala. Pastikan bahwa setiap menu sesuai dengan ekspektasi pelanggan dan apakah ada menu yang bisa diganti atau ditambahkan.

Ilustrasi (foto: pixabay)

Ilustrasi (foto: pixabay)

3. Karyawan di bisnis restoran

Tantangan selanjutnya adalah bagaimana cara restoran mengelola karyawan. Hal ini penting karena karyawanlah yang mendukung jalannya operasional restoran supaya bisa lancar dan sesuai dengan harapan. Pekerjaan mereka jadi langsung bisa dirasakan hasilnya oleh pelanggan.

Karyawan diharapkan dapat bekerja sama dan bekerja sesuai dengan aturan yang ada. Namun mengingat semua orang memiliki kepribadian yang berbeda, tentunya hal ini bisa jadi tantangan. Maka dari itu, dibutuhkan kemampuan pengelolaan yang baik dari pihak restoran serta tidak lupa berikan pelatihan serta bantuan bagi para karyawan.

4. Pelayanan pelanggan di bisnis restoran

Bagaimana melayani pelanggan dengan tepat bisa menjadi tantangan tersendiri bagi restoran. Terutama mengingat pelanggan yang merasa dilayani dengan benar akan merasa puas dan lebih mungkin untuk kembali.

Cobalah untuk selalu mengusahakan pelayanan pelanggan semaksimal mungkin. Mulai dari bagaimana menyambut pelanggan, memastikan kebutuhan pelanggan terpenuhi, tidak membuat pelanggan menunggu terlalu lama, hingga mengatur pesanan meja dari pelanggan supaya semuanya berjalan dengan lancar.

5. Identitas restoran

Tak hanya sekadar membuka restoran, mencari dan menentukan identitas restoran juga dapat menjadi tantangan. Identitas ini mencakup apa yang menjadi keunikan dari restoran serta apa yang membedakan dari restoran lainnya.

6. Pemasaran bisnis restoran

Pemasaran yang baik dan tepat dapat membawa lebih banyak pelanggan ke restoran. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pemasaran restoran yang matang. Evaluasi juga setiap langkah pemasaran yang sudah dilakukan. Mana yang sudah memberi dampak positif, mana yang tidak memberi dampak apapun. Pertimbangkan apakah perlu penggantian strategi pemasaran, penentuan biaya pemasaran, perubahan rencana pemasaran, hingga melakukan langkah pemasaran lainnya.

baca juga:

Kesimpulan

Setiap bisnis kuliner tentunya akan menghadapi tantangan-tantangan tersendiri. Poin-poin di atas adalah contoh dari beberapa tantangan yang bisa saja terjadi dalam bisnis restoran. Selama dipersiapkan dengan baik, segala tantangan pastinya dapat diatasi.

Semoga bermanfaat!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

12 Aug 2018