Permudah Bisnis Kecil Anda Dengan 7 Aplikasi Ini

thumbnail

Di era digital sekarang ini, banyak aplikasi dan software yang diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia. Mulai dari urusan pribadi, hingga urusan bisnis.

Kabar baik bagi bisnis kecil, ada beberapa aplikasi dan software yang juga dapat digunakan untuk mempermudah berjalannya bisnis, lho! Apa saja? Berikut 7 aplikasi yang bisa digunakan untuk memudahkan bisnis kecil:

baca juga:

1. QuickBooks

Mencatat bagian keuangan adalah hal penting namun terkadang bisa cukup rumit dan melelahkan. Untungnya, sekarang sudah ada software akuntansi yang bisa dipakai untuk mempermudah bisnis kecil, salah satunya QuickBooks.

Menggunakan QuickBooks membantu bisnis kecil untuk memonitor keseluruhan keuangan dengan lebih efisien. Misalnya, untuk melacak penjualan serta pengeluaran, menyimpan dan melihat laporan keuangan, membayar gaji karyawan, dan masih banyak lagi.

Bahkan, menggunakan QuickBooks dapat mempermudah bisnis mengelola pembayaran pajak dan tagihan, terutama karena aplikasi memampukan pengguna mengunggah foto nota atau kuitansi. Aplikasi ini pun dapat diakses lewat smartphone.

2. WhatsApp

Membangun komunikasi antar karyawan, klien, dan setiap orang yang berhubungan dengan jalannya bisnis sangatlah penting. Untuk mempermudah hal tersebut, kini Teman STOQO juga dapat menggunakan software atau aplikasi yang ditujukan untuk mempermudah komunikasi dalam bisnis. Salah satunya lewat WhatsApp.

Melalui platform ini, Teman STOQO dapat mengelola setiap diskusi atau pembicaraan antara anggota dalam bisnis kecil. Bahkan bisa menciptakan tempat diskusi (berupa group) bagi tiap-tiap divisi. Tak hanya untuk berkomunikasi, aplikasi WhatsApp juga memudahkan bisnis untuk membagikan berkas secara online mulai dari foto, dokumen, lokasi, audio, hingga video.

3. RescueTime

Selain uang, waktu juga sangat penting bagi bisnis kecil. Waktu dapat dipakai dengan baik dan bijak untuk memajukan bisnis dan mengerjakan segala tugas yang perlu dilakukan, namun juga dapat terbuang sia-sia jika tidak dikelola dengan baik. Untuk itu, bisnis kecil dapat memanfaatkan software atau aplikasi yang sudah dibuat khusus untuk membantu bisnis mengelola waktu. Salah satunya, RescueTime.

Aplikasi ini bisa diatur untuk dapat melacak setiap waktu yang digunakan saat menggunakan komputer dan internet. Aplikasi ini juga memberikan laporan detail tentang setiap aktivitas yang dilakukan pengguna. Tujuannya supaya pengguna dapat mengevaluasi diri sendiri apa saja yang sudah mereka lakukan dalam jangka waktu tertentu dan apakah mereka sudah menggunakan waktu semaksimal mungkin untuk hal yang produktif. Sangat cocok terutama bagi bisnis kecil yang mengharuskan karyawan bekerja dengan memanfaatkan laptop/komputer dan internet.

4. Trello

Bisnis kecil juga dapat memanfaatkan aplikasi seperti Trello untuk mengelola komunikasi dan kerja sama antar karyawan. Aplikasi ini memampukan pengguna memasukkan daftar tugas dan proyek yang menjadi prioritas untuk dikerjakan, serta mengecek mana saja tugas yang sudah selesai atau belum. Masing-masing pengguna dapat membagikan catatan atau mengunggah berkas penting seperti foto dan dokumen serta berkomunikasi dengan lebih mudah tanpa harus lewat e-mail.

5. MailChimp

MailChimp merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk membantu bisnis kecil mengelola pemasaran e-mail atau e-mail marketing. Misalnya dengan memampukan bisnis kecil membangun dan mengelola mailing list atau milis serta dengan mudah membuat serta mengirim newsletters atau nawala. Tak hanya itu saja, MailChimp juga membantu pengguna membuat dan mengatur template e-mail serta mengecek laporan yang berhubungan dengan e-mail yang sudah dikirimkan.

6. Sleekr

Ingin mengatur bagian HR dan akuntansi dengan lebih mudah? Jika iya, maka bisnis kecil dapat memanfaatkan Sleekr. Software ini membantu bisnis mempermudah mengatur hal-hal yang berhubungan dengan HR seperti mengurus cuti, menjelaskan job description tiap pekerja, hingga pajak PPh21. Selain itu, Sleekr memampukan bisnis kecil melakukan pemantauan terhadap produktivitas karyawan serta dapat memantau hal yang berhubungan dengan keuangan karyawan, seperti misalnya mencatat setiap transaksi (reimbursement) yang dilakukan, dan lain-lain.

7. STOQO

Bisnis kecil yang menjual produk kuliner seperti misalnya restoran, kafe, katering, warteg, dan lainnya dapat mempermudah usahanya untuk memasok bahan baku lewat aplikasi STOQO. Aplikasi ini ditujukan untuk memudahkan para bisnis kuliner baik kecil maupun besar dalam memastikan bahan baku yang dibutuhkan tersedia.

Penggunaannya pun mudah. Cukup dengan mengunduh aplikasinya di smartphone, kemudian lakukan pendaftaran bebas biaya. Setelah itu, pengguna dapat langsung memilih bahan baku apa saja yang ia butuhkan. Mulai dari tepung, beras, telur, minyakgula, hingga keperluan lain seperti sabun cuci piring, plastik, gelang karet, dan masih banyak lagi.

Setelah memilih, pengguna dapat menentukan hari pengiriman bahan baku. Pembayaran dapat dilakukan setelah barang diterima atau saat pemesanan.

Menggunakan aplikasi STOQO sangat menguntungkan karena selain mudah digunakan, harganya pun dijamin jujur dan transparan. Bahkan, pengguna dapat langsung mengecek kondisi barang sesaat setelah sampai. Jika ditemukan kerusakan saat proses pengiriman, pelanggan berhak mendapatkan ganti barang yang sama. Berbelanja di STOQO memberikan 3 keuntungan, harga kompetitif, pesanan diantar, dan pelayanan terjamin.

Menarik, bukan?

baca juga:

Itulah 7 aplikasi yang cocok untuk mempermudah bisnis kecil beroperasi. Selamat mencoba!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

10 Sep 2018