5 Jenis Tepung yang Sering Digunakan di Bisnis Kuliner

thumbnail

Tepung merupakan salah satu bahan yang paling sering dicari di Indonesia. Banyak hidangan yang menggunakan tepung sebagai salah satu bahan dasarnya, sehingga tepung adalah bahan baku yang esensial dalam memasak. Khususnya bagi bisnis kuliner, seringkali memerlukan tepung dalam jumlah yang cukup banyak.

baca juga:

Namun, di pasar terdapat banyak jenis tepung. Lima yang sangat populer di Indonesia yaitu yaitu tepung terigu, tapioka, maizena, sagu, dan beras. Lantas, apa sih perbedaan kegunaan empat jenis tepung ini? Berikut telah STOQO kumpulkan perbedaannya:

1. Tepung Terigu

Tepung Terigu (foto: lifestyle.sindonews.com)

Tepung Terigu (foto: lifestyle.sindonews.com)

Tepung terigu adalah tepung yang paling sering digunakan untuk memasak di Indonesia. Terbuat dari ekstrak bijih gandum, tepung ini bisa menjadi bahan dari berbagai hidangan seperti mie, roti, dan kue basah maupun kering.

Tepung terigu sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu protein tinggi, sedang, dan rendah. Tepung terigu tinggi protein mengandung gluten yang paling tinggi, sedangkan terigu protein rendah mengandung gluten yang rendah. Kadar gluten ini nantinya sangat berpengaruh kepada tekstur makanan yang dihasilkan.

Beberapa merek tepung terigu yang populer di Indonesia adalah Segitiga Biru, Kunci Biru, dan Cakra Kembar.

2. Tepung Tapioka

Tepung Tapioka (foto: lifestyle.okezone.com)

Tepung Tapioka (foto: lifestyle.okezone.com)

Berbeda dari tepung terigu, tepung tapioka terbuat dari tanaman singkong. Tepung ini biasanya digunakan sebagai campuran dalam membuat cireng, kerupuk, rempeyek, dan ronde. Tepung tapioka sering juga dikenal sebagai tepung kanji.

Tepung tapioka sendiri termasuk ke dalam jenis tepung ‘pati,’ yang berarti bebas gluten. Karena tidak mengandung gluten, maka tepung tapioka akan memberikan tekstur kenyal pada hidangan basah, dan memberikan tekstur renyah pada hidangan kering. Selain itu, tepung ini juga sering digunakan sebagai pengental dalam tumisan.

Beberapa merek tepung tapioka yang sering ditemukan di pasaran adalah Rose Brand, Cincin Mas, dan Cap Tani.

3. Tepung Sagu

Tepung Sagu (foto: manadopostonline.com)

Tepung Sagu (foto: manadopostonline.com)

Tepung sagu memiliki fungsi dan sifat yang hampir sama dengan tepung tapioka. Keduanya merupakan tepung pati, namun perbedaannya adalah tepung sagu terbuat dari pohon sagu. Seringkali tepung sagu digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan pempek, bakso, siomay, dan batagor.

Dilihat dari harga, tepung sagu merupakan tepung yang cukup mahal dibanding jenis lainnya. Oleh karena itu, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan tepung tapioka atau tepung maizena sebagai penggantinya.

Merek tepung sagu yang cukup popular di pasaran di antaranya adalah Merbabu Sagu Tani, Alini, serta Kunci Kembar.

4. Tepung Maizena

Tepung Maizena (foto: merdeka.com)

Tepung Maizena (foto: merdeka.com)

Tepung maizena adalah jenis tepung yang terbuat dari jagung. Berbeda dengan jenis tepung lain yang biasanya digunakan dalam memasak roti atau kue, tepung maizena paling sering digunakan dalam pembuatan sup atau saus sebagai pengental. Selain itu, tepung maizena juga dapat dicampur dengan tepung terigu untuk menghasilkan tekstur renyah pada hidangan yang digoreng.

Sama seperti tepung tapioka, tepung maizena juga tidak mengandung gluten. Oleh karena itu, tepung ini seringkali digunakan sebagai alternatif tepung terigu bagi orang-orang yang menderita celiac disease (gluten intolerance).

Merek tepung maizena yang sering dijumpai di Indonesia adalah Maizenaku, Haan, dan Maizena 328.

5. Tepung Beras

Tepung Beras (foto: merdeka.com)

Tepung Beras (foto: merdeka.com)

Tepung beras adalah tepung yang terbuat dari beras yang telah ditumbuk. Meskipun bukan termasuk tepung pati, tepung beras pun tidak mengandung gluten. Tepung ini biasanya digunakan dalam pembuatan kue-kue tradisional seperti serabi, kue putu, dan kue mangkok.

Selain kue tradisional, tepung beras juga dapat menjadi bahan dasar dari bihun  (rice vermicelli) dan kwetiau. Di Vietnam, tepung beras seringkali digunakan sebagai salah satu bahan adonan rice paper (Banh Trang), yaitu kulit lumpia ala Vietnam.

Beberapa merek tepung beras yang sering ditemukan di Indonesia adalah Rose Brand, Tepung Beras BOLA, dan Suji Wangi.

Itu adalah 5 jenis tepung yang sering digunakan dalam bisnis kuliner serta kegunaannya. Apapun jenis tepung yang Teman STOQO pilih, jangan lupa untuk memastikan bahwa tepung tersebut masih layak untuk dipakai memasak. Selain itu, pastikan juga bahwa tepung disimpan di tempat yang tidak lembab dan jauh dari sinar matahari langsung.

baca juga:

Bagi Teman STOQO yang memerlukan bahan baku, produk kalengan, ataupun bumbu masakan untuk bisnis kuliner, STOQO menyediakan ribuan produk yang bisa diakses dalam satu aplikasi. Tidak hanya berbagai macam tepung, tersedia juga bahan memasak lain seperti telur, gula, garam, dan kecap.

Cara memesan lewat STOQO pun mudah, cukup unduh aplikasinya dari Google Playstore, kemudian daftarkan bisnis kuliner Teman STOQO. Setelah itu, tinggal mencari produk yang diinginkan dan Teman STOQO bisa langsung memesan dan menentukan tanggal kirim.

Keuntungan berbelanja lewat STOQO, yaitu harga produk yang disajikan STOQO transparan dan kompetitif. Pesanan juga akan langsung diantar ke tempat yang Teman STOQO inginkan. Selain itu, apabila barang yang diantar mengalami kekurangan atau kerusakan, maka barang tersebut akan diganti oleh STOQO. Menarik, bukan?

Tunggu apalagi? Ayo download aplikasinya dan temukan cara baru belanja bahan baku dengan STOQO!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

31 Jul 2018