7 Makanan dan Minuman yang Baik Untuk Tulang dan Gigi

thumbnail

Menjaga kesehatan tulang dan gigi merupakan hal yang dianggap penting oleh banyak orang. Beberapa orang bahkan berusaha mengonsumsi segala jenis makanan atau minuman yang dipercaya mampu menguatkan tulang dan gigi.

Untuk itu, STOQO telah mengumpulkan 7 makanan dan minuman yang mampu menyehatkan tulang dan gigi. Berikut informasi selengkapnya:

baca juga:

1. Susu

Susu termasuk minuman yang sehat untuk tulang dan gigi. Tentunya karena produk susu mengandung kalsium yang tinggi. Kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaatnya mulai dari membantu mempertahankan kesehatan tulang dan gigi, pembekuan darah, hingga menyehatkan jantung.

Karenanya, bagi Teman STOQO yang ingin memperkuat tulang dan gigi bisa mencoba minum susu secara rutin dengan takaran yang tepat. Produk susu yang bisa diminum biasanya berasal dari susu sapi, susu kambing, susu domba, hingga susu kerbau. Selain kalsium, susu juga mengandung nutrisi penting lain bagi tubuh seperti protein, vitamin A, vitamin D, folat, magnesium, dan masih banyak lagi. Selain dengan minum susu, bisa juga dengan mengonsumsi produk susu lain seperti keju.

2. Ikan salmon

Ikan salmon juga mengandung kalsium sehingga cocok bagi Teman STOQO yang ingin mengonsumsi makanan yang sehat untuk tulang dan gigi. Tak hanya itu saja, ikan salmon juga kaya omega-3, protein, vitamin B, potasium, hingga selenium yang baik bagi kesehatan tubuh.

3. Brokoli

Selain lezat, brokoli ternyata termasuk sayuran yang mengandung kalsium. Tak hanya itu saja, brokoli juga mengandung vitamin K yang dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Brokoli pun mengandung vitamin C yang berfungsi membantu tubuh membentuk kolagen sehingga baik bagi kesehatan kulit. Mengonsumsi brokoli juga bisa melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya.

4. Kubis

Selain brokoli, kubis juga bisa menjadi pilihan makanan yang sehat untuk tulang dan gigi. Kubis ternyata juga mengandung kalsium yang baik bagi tubuh. Selain itu, kubis juga mengandung vitamin K, vitamin C, folat, magnesium, dan nutrisi penting lainnya.

5. Telur

Telur mengandung vitamin D dan K yang membantu tubuh meningkatkan penyerapan kalsium. Selain itu, telur tinggi protein namun tidak menambah terlalu banyak kalori sehingga cocok bagi mereka yang ingin diet dan mengurangi berat badan secara sehat.

6. Kacang kedelai

Mengonsumsi kacang kedelai juga ternyata baik bagi tulang dan gigi karena kandungan kalsiumnya. Selain itu, kacang kedelai mengandung nutrisi-nutrisi penting lain seperti protein, zat besi, fosfor, magnesium vitamin K, vitamin C, vitamin B6 dan masih banyak lagi.

Mengonsumsi kacang kedelai secara rutin dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membantu menambah berat badan secara sehat bagi mereka yang berat badannya dibawah normal, meningkatkan kesehatan jantung hingga pencernaan.

Namun mengonsumsi kacang kedelai terlalu banyak juga tidak dianjurkan, terutama bagi para pria. Pasalnya, beberapa studi menunjukkan bahwa hal ini dapat mengembangkan ketidakseimbangan hormon dan dapat menyebabkan masalah-masalah seperti ketidaksuburan hingga kanker. Maka dari itu mengonsumsi kacang kedelai diperbolehkan dan baik bagi tubuh selama tidak dikonsumsi secara berlebihan.

7. Kacang almond

Selain rasanya yang lezat, kacang almond ternyata memiliki fungsi positif bagi tulang dan gigi. Dalam satu ons, kacang almond mengandung sekitar 70 mg kalsium, menurut salah satu artikel yang ditampilkan pada laman resmi Harvard T.H Chan School of Public Health. Tak hanya itu saja, kacang almond juga memberikan asupan nutrisi penting bagi tubuh seperti serat, vitamin E, mangan, dan masih banyak lagi.

baca juga:

Itulah 7 makanan dan minuman yang sehat untuk tulang dan gigi.

Semoga bermanfaat!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

15 Sep 2018