11 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menjaga Kebersihan Bisnis Kuliner

thumbnail

Menjaga kebersihan tempat adalah hal yang wajib bagi bisnis kuliner. Terutama karena tempat yang bersih membantu menjaga kebersihan produk yang dihasilkan.

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan saat menjaga kebersihan tempat bisnis kuliner? Berikut telah STOQO kumpulkan informasi selengkapnya:

baca juga:

1. Bersihkan peralatan memasak secara rutin

Peralatan memasak perlu dibersihkan secara rutin, minimal seminggu sekali. Semakin sering peralatan memasak digunakan, semakin sering harus dibersihkan. Kotoran yang menumpuk tidak hanya membuat banyak peralatan memasak berisiko menjadi bau dan tak enak dipandang, namun juga berisiko merusak kualitas serta kebersihan makanan yang dibuat.

2. Bersihkan meja dan kursi setiap hari

Jika bisnis kuliner menyediakan meja dan kursi, yang digunakan oleh pelanggan, maka bersihkan setiap hari. Tak cukup sekali sehari, meja harus dibersihkan baik setiap pelanggan selesai menggunakan, maupun jika terlihat ada kotoran yang menempel. Meja yang bersih akan membuat pelanggan merasa lebih nyaman.

3. Buang sampah setiap hari

Menjaga kebersihan bisnis kuliner bisa dimulai dengan membersihkan sampah secara rutin. Sampah yang dibiarkan menumpuk bisa menyebabkan bau tak sedap dan berisiko menyebarkan kuman ke sekitarnya. Maka dari itu, pastikan setiap sampah maupun kotoran yang berasal dari tempat bisnis kuliner dibuang setiap harinya. Jangan lupa juga untuk membersihkan wadah tempat sampah secara rutin.

4. Seka peralatan yang biasa digunakan setiap hari

Supaya kebersihan lebih terjaga, bisnis kuliner perlu menyeka setiap peralatan yang biasa digunakan setiap hari. Misalnya seperti alat pemanggang roti, mesin pembuat kopi, hingga microwaves. Peralatan-peralatan tersebut biasanya tidak perlu mengalami deep cleansing setiap hari, cukup setiap minggu hingga beberapa kali dalam sebulan. Namun untuk memastikan kebersihan tetap terjaga, bersihkan menggunakan lap bersih setiap hari.

5. Bersihkan hiasan dan dekorasi

Apabila bisnis kuliner memajang hiasan atau dekorasi seperti lukisan, patung, dan lainnya, cobalah setiap minggu membersihkan perabotan tersebut dari debu atau kotoran yang menempel. Selain untuk menjaga kebersihan bisnis kuliner, jika dibiarkan, debu dapat membuat hiasan jadi nampak tak indah dan juga mengotori udara di sekitar.

6. Pastikan lampu-lampu bersih

Setiap lampu, baik lampu utama hingga lampu hiasan juga perlu dijaga kebersihannya. Tidak terkecuali jika ingin menjaga kebersihan di dalam bisnis kuliner. Setidaknya, bersihkan seminggu sekali di luar jam operasional bisnis kuliner.

7. Bersihkan wastafel setiap hari

Wastafel berisiko tinggi menjadi sarang kuman jika tidak dibersihkan setiap hari. Tentunya karena wastafel sering digunakan untuk membersihkan, mulai dari bahan baku seperti sayuran, daging, dan buah hingga piring, gelas, serta peralatan memasak lainnya.

8. Bersihkan serbet, taplak meja, dan celemek

Serbet, taplak meja, dan celemek yang dikenakan staf dapur biasanya digunakan setiap hari. Maka dari itu, rajinlah mengganti dan mencuci ketiga benda tersebut setiap harinya supaya kotoran yang menempel tidak pindah ke makanan dan minuman yang disajikan.

9. Bersihkan karpet dengan vacuum cleaner

Apabila bisnis kuliner menggunakan karpet, maka menjaga kebersihan bisnis kuliner dapat dilakukan dengan penggunaan vacuum cleaner setiap hari. Terutama karena debu yang mudah menempel pada karpet bisa membuat tidak nyaman dan tidak baik bagi pernapasan.

10. Jaga kebersihan jendela dan pintu

Jendela dan pintu juga perlu dijaga kebersihannya. Bersihkan jendela dan pintu setiap minggu supaya terbebas dari debu dan kotoran. Jendela dan pintu yang bersih akan memberi kesan positif terhadap bisnis kuliner.

11. Pastikan lantai dapur bersih

Mungkin pelanggan memang tidak secara langsung masuk dan menginjakkan kaki ke dapur bisnis kuliner, namun tidak berarti kebersihan lantai dapur tidak dijaga. Sebaliknya, pastikan lantai dapur disapu dan dipel setidaknya satu kali sehari. Jika ada makanan atau minuman yang tertumpah, langsung segera dibersihkan.

baca juga:

Itulah 11 hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kebersihan bisnis kuliner. Semoga bermanfaat!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

22 Sep 2018