8 Langkah Menyusun Rencana Bisnis Food Truck

thumbnail

Menjalankan usaha seperti food truck memang membutuhkan biaya yang relatif besar. Namun ada kalanya dana yang dimiliki belum mencukupi sehingga butuh dukungan dana dari pihak lain seperti bank maupun investor.

Mengajukan peminjaman dana ke bank maupun pihak investor harus disertai dengan rencana bisnis yang sudah disusun dengan baik dan berisikan materi yang matang. Rencana bisnis inilah yang nantinya menjadi salah satu pertimbangan pihak bank dan investor saat memilih untuk memberi dukungan dana atau tidak.

Lalu bagaimana penyusunan rencana bisnis yang baik bagi food truck? Berikut telah STOQO tuliskan langkah-langkahnya:

baca juga:

1. Tuliskan deskripsi usaha food truck

Teman STOQO harus dapat menjelaskan dengan baik tentang usaha food truck yang sedang atau hendak dijalankan. Tujuannya untuk mempermudah pihak bank maupun calon investor untuk memahami tentang usaha food truck tersebut dan apa nilai serta keunggulannya di pasar.

2. Tentukan produk food truck yang ditawarkan pada konsumen

Langkah selanjutnya dalam menyusun rencana bisnis food truck adalah menjelaskan apa saja produk serta layanan yang ditawarkan. Misalnya mendeskripsikan menu-menu makanan, kelebihannya, alasan mengapa yakin menu makanan tersebut akan diterima oleh masyarakat, perkiraan harga jual , dan poin-poin penting lain yang berhubungan dengan produk.

3. Jelaskan analisa pasar food truck

Di bagian ini, Teman STOQO harus mampu mendemonstrasikan pemahaman yang matang mengenai keadaan pasar yang ingin dijangkau. Misalnya tren terkini dan bagaimana usaha food truck yang dijalankan dapat berkesempatan masuk dan berkembang, hingga hal-hal penting lain seperti status ekonomi penduduk di area sekitar, usia, dan lain-lain.

4. Jelaskan sistem manajemen food truck

Langkah selanjutnya adalah menjelaskan sistem manajemen usaha food truck. Mulai dari siapa saja yang memiliki usaha tersebut dan mengelolanya , struktur manajemen, bagian-bagian apa saja yang ada serta tanggung jawab, kemungkinan peningkatan promosi bagi para karyawan untuk menunjukkan kesempatan mereka berkembang dalam karir, hingga perkiraan gaji karyawan dan bonus.

5. Strategi pemasaran dan penjualan food truck

Bagian ini juga penting karena dapat menunjukkan potensi Teman STOQO dalam mengembangkan usaha dengan cara menarik banyak konsumen untuk datang ke tempat food truck. Di bagian ini, jelaskan detail tentang bagaimana Teman STOQO akan memasarkan food truck, strategi pemasaran apa yang dapat membuat usaha terlihat lebih menarik dibanding kompetitor, apa strategi yang sudah disiapkan untuk menarik pelanggan datang lagi, dan poin penting lain yang berhubungan dengan pemasaran.

6. Keuangan

Selanjutnya, tuliskan poin-poin penting yang berhubungan dengan keuangan usaha. Biasanya terdiri dari apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha serta berapa total biayanya, berapa dana yang kini tersedia, kemudian berapa jumlah dana yang masih kurang dan butuh pinjaman bank maupun investor. Tak lupa juga tuliskan untuk apa saja dana yang akan dipinjam tersebut, rencana mengembalikan dana yang dipinjam, bagaimana mengembalikannya, dan poin-poin penting lain disesuaikan dengan keadaan food truck.

7. Uraikan proyeksi keuangan bisnis food truck

Meskipun tak tahu pasti hasil di masa depan, namun keuangan food truck harus tetap direncanakan dengan baik. Itulah sebabnya bagian proyeksi keuangan tak boleh dilewatkan dalam rencana bisnis food truck tersebut. Dengan perencanaan yang matang, calon investor dan pihak bank akan lebih yakin untuk memberikan bantuan dana. Isi proyeksi keuangan biasanya membahas tentang target-target keuangan yang ingin dicapai.

baca juga:

8. Ringkasan rencana bisnis food truck

Bagian dalam menyusun rencana bisnis food truck ini biasanya akan ditulis paling akhir, namun justru termasuk salah satu bagian terpenting karena nantinya akan ditaruh di bagian terdepan dari rencana bisnis food truck dan biasanya menjadi bagian pertama yang akan dibaca oleh pihak bank maupun calon investor. Cobalah untuk menuliskan ringkasan dengan gaya bahasa yang menarik serta informatif meskipun isinya membahas tentang garis besar isi rencana bisnis food truck.

Itulah 8 langkah menyusun rencana bisnis untuk food truck. Bagian-bagian dari isi rencana  bisnis food truck dapat ditambahkan, disesuaikan dengan keadaan usaha.

Semoga bermanfaat!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

02 Oct 2018