10 Bukti Bermanfaatnya Buah Naga Bagi Kesehatan dan Tubuh

thumbnail

Mengonsumsi buah-buahan secara rutin terbukti memberi efek positif bagi tubuh karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Salah satu dari sekian buah yang memiliki manfaat tersebut adalah buah naga.

Lalu apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi buah naga? Berikut telah STOQO kumpulkan setidaknya ada 10 manfaat buah naga untuk kesehatan dan tubuh yang sudah terbukti selengkapnya:

1Cocok untuk diet alami

Manfaat buah naga pertama adalah membantu diet alami. Buah ini mengandung serat yang tinggi serta kalori rendah sehingga membantu mengenyangkan perut tanpa menambah berat badan.

2Efek positif untuk ibu hamil

Bagi ibu hamil, buah naga sangat bermanfaat karena memberikan beragam efek positif. Mulai dari menjaga tekanan darah tetap stabil, mencegah anemia, meningkatkan kekebalan tubuh saat sedang hamil, menambah tenaga, memperkuat tulang dan gigi, menjaga sistem pencernaan, mencegah keguguran, mengurangi risiko bayi lahir prematur, hingga membantu janin berkembang dan bertumbuh secara baik.

3Melancarkan proses detoksifikasi

Serangan radikal bebas dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan tubuh. Untungnya, buah naga mengandung antioksidan tinggi sehingga mampu membantu tubuh mengeluarkan racun (detoksifikasi) sehingga tubuh terlindung dari ancaman penyakit akibat serangan radikal bebas.

4Melancarkan peredaran darah

Manfaat selanjutnya dari buah naga adalah membantu tubuh melancarkan peredaran darah. Terutama karena buah naga mengandung nutrisi penting seperti fosfor dan zat besi. Tak hanya itu saja, buah naga juga membantu tubuh memperbaiki jaringan yang sudah rusak.

5Melancarkan sistem pencernaan

Makanan yang mengandung serat tinggi sudah dikenal baik membantu melancarkan sistem pencernaan. Kabar baiknya, buah naga ternyata mengandung serat yang dibutuhkan tubuh tersebut. Alhasil, pencernaanpun jadi lancar dan tubuh terhindar dari penyakit sembelit maupun konstipasi.

6Mencegah penyakit berbahaya

Secara menyeluruh, buah naga mengandung begitu banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin C, vitamin B2, fosfor, kalsium, lemak omega-3 dan omega-6, serat, lycopene, hingga antioksidan albumin. Asupan-asupan nutrisi tersebut yang cukup bagi tubuh ternyata membantu mengurangi risiko penyakit berbahaya mulai dari diabetes, kanker prostat, hingga penyakit jantung.

7Meningkatkan sistem imun

Oleh karena kandungan nutrisinya yang tinggi, mengonsumsi buah naga secara rutin mampu membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Itulah yang menjaga tubuh supaya tidak rentan terkena penyakit.

8Menjaga kesehatan tulang

Siapa sangka buah naga ternyata mengandung zat kalsium yang mampu menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. Tak hanya tulang, gigi pun bisa mendapat dampak positif dari kalsium yang terkandung dalam buah naga, lho!

9Merawat kulit

Banyak orang, terutama kaum wanita yang gencar merawat kesehatan kulitnya. Mulai dari melakukan perawatan ke salon atau dokter kecantikan, hingga minum suplemen. Kabar baiknya, buah naga juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kesehatan kulit, lho! Salah satu manfaatnya adalah memperlambat penuaan dini pada kulit, menjaga kulit tetap kencang, serta membantu kulit untuk melewati proses regenerasi dengan baik lewat kandungan antioksidannya.

10Meringankan gangguan respirasi

Gangguan respirasi seperti batuk hingga asma ternyata dapat sedikit terobati dengan mengonsumsi buah naga. Hal ini karena buah naga mengandung lemak omega 3 dan omega 6 yang tinggi. Namun buah ini bertindak untuk meringankan gangguan respirasi, sehingga tidak bisa dianggap sebagai obat penyembuh total.

Itulah 10 manfaat buah naga yang bisa kita dapatkan dan sudah terbukti. Mulai hari ini, penuhilah kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengonsumsi buah naga maupun buah-buahan lain yang kaya akan nutrisi dan baik bagi tubuh secara rutin.

Semoga bermanfaat!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner
Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

07 Oct 2018