Taktik Meningkatkan Penjualan Bisnis Kuliner Dengan 5 Langkah Mudah Ini

thumbnail

Sudah menjadi rahasia umum bahwa penjualan kuliner yang meningkat akan meningkatkan keuntungan. Pastinya, semua pebisnis kuliner sadar akan hal tersebut.

Tapi masalahnya, tidak semua pebisnis kuliner langsung mengerti apa yang harus ia lakukan supaya penjualannya meningkat. Terutama bagi pebisnis kuliner yang baru saja menjalankan bisnis kulinernya.

baca juga:

Untuk itu, STOQO telah menyusun beberapa taktik yang dapat dilakukan bisnis kuliner untuk meningkatkan penjualan, dengan 5 langkah mudah berikut ini:

1. Buatlah program menarik untuk bisnis kuliner

Lakukanlah strategi-strategi pemasaran yang baik supaya orang-orang jadi tahu dan tertarik untuk mendatangi bisnis kuliner tersebut. Misalnya dengan memasang iklan di koran, majalah, maupun secara online.

Bisa juga dengan secara aktif mengikuti kegiatan atau festival besar yang memberi kesempatan bisnis kuliner memperkenalkan diri dan menarik minat masyarakat. Selain itu, buat juga program-program menarik yang meningkatkan minat masyarakat untuk mencoba atau membeli produk yang dijual. Misalnya bagi bisnis restoran memberi program pembelian di atas jumlah tertentu, mendapatkan gratis makanan penutup.

2. Ajak pelanggan setia untuk datang kembali

Mendapatkan konsumen baru memang menyenangkan, namun lebih menguntungkan jika dapat membuat pelanggan yang sudah pernah datang, untuk kembali bahkan menjadi pelanggan setia. Salah satu caranya dengan mengadakan program pelanggan setia.

Contohnya, setiap pelanggan yang datang diberi kartu member anggota yang nantinya akan diberi tanda khusus setiap melakukan transaksi. Kemudian setelah sekian transaksi, bisnis kuliner memberikan penawaran menarik seperti diskon atau gratis produk tertentu. Hal seperti ini dianggap menguntungkan pelanggan. Pelanggan yang merasa beruntung akan lebih giat melakukan pembelian untuk mengumpulkan tanda khusus tersebut supaya mendapat penawaran khusus lagi.

3. Ajak pelanggan setia membawa teman atau keluarga

Setelah mampu membuat pelanggan kembali lagi, jangan lupa untuk mengajak mereka membawa teman maupun keluarga untuk ikut datang dan melakukan pembelian. Cara ini cukup menguntungkan mengingat pelanggan yang merasa diuntungkan dan puas dengan layanan maupun produk dari bisnis kuliner akan cenderung lebih mungkin merekomendasikan tempat usaha ke orang lain.

Caranya, berikan program khusus bagi pelanggan yang berhasil membawa teman atau keluarga untuk membeli produk atau menggunakan layanan dari bisnis kuliner. Contohnya tambahan poin, potongan harga, gratis produk tertentu, dan lain-lain. Bisa juga memberi hadiah atau reward tertentu bagi teman atau keluarga yang dibawa supaya mereka juga merasa puas dan ikut berpotensi menjadi pelanggan setia.

4. Jadilah fleksibel pada sistem yang mempermudah pelanggan membeli produk

Berkat kecanggihan teknologi, kini banyak sistem yang sering digunakan pelanggan untuk mempermudah pembelian. Salah satunya sistem pemesanan dan pengiriman online. Untuk merespon hal tersebut, bisnis kuliner harus mampu membuka kesempatan bagi pelanggan untuk melakukan pemesanan produk dan pembelian secara online. Bisa juga dengan mendaftarkan bisnis kuliner pada layanan-layanan antar makanan online seperti Go-Food, UberEats, GrabFood, dan lain-lain.

5. Bekali karyawan dengan kemampuan menjual yang baik

Bisnis kuliner juga perlu membekali karyawan dengan pengetahuan dan kemampuan menjual produk. Pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni ini bisa meningkatkan kesempatan untuk meningkatkan penjualan.

Contohnya bagi bisnis restoran, latihlah karyawan untuk memahami setiap menu dan keunggulannya. Setelah itu ajari mereka cara menjual secara langsung kepada pelanggan Misalnya ketika pelanggan sedang memilih menu, bisa memberikan rekomendasi menu, atau dengan menanyakan kepada pelanggan apakah ingin menambah menu lain yang juga tidak kalah menarik.

baca juga:

Itulah 5 langkah meningkatkan penjualan bisnis kuliner yang bisa diaplikasikan sekarang juga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

08 Oct 2018