9 Kreasi Olahan Pisang Manis dan Menggugah Selera

thumbnail

Buah pisang dikenal kaya akan nutrisi penting bagi tubuh seperti potasium hingga magnesium. Jika biasanya buah ini dikonsumsi secara langsung ataupun dijadikan pisang goreng, kini ada berbagai macam kreasi olahan pisang yang bisa dicoba, baik untuk bisnis kuliner maupun pribadi lho!

Apa saja? Berikut telah STOQO kumpulkan 9 kreasi olahan pisang tersebut:

1. Banana choco hazelnut cake

Olahan pisang yang bisa dicoba adalah banana choco hazelnut cake. Hidangan ini cocok dijadikan camilan di siang hari, terutama ketika cuaca terasa panas. Selain itu, bisa juga dijadikan hidangan penutup. Selain buah pisang, dibutuhkan tepung, baking powder, soda kue, garam, mentega, gula, telur, ekstrak vanili hingga greek yogurt atau yogurt yang tak diberi tambahan pemanis. Ingin tahu bagaimana membuatnya? Klik di sini.

baca juga:

2. Banana nugget

Tak hanya daging ayam dan sapi, pisang juga bisa diolah menjadi nugget yang lezat, lho! Selain lezat, membuat banana nugget juga cukup sederhana. Bahan-bahannya pun juga sederhana, mulai dari pisang, telur, susu bubuk, tepung terigu, garam hingga vanili. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Cari tahu lebih lanjut di sini.

3. Banana pancake

Banana pancake atau pancake pisang adalah olahan pisang selanjutnya yang layak dicoba. Cocok dijadikan pengganjal perut terutama di pagi hari. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini mulai dari pisang, tepung terigu, telur, gula pasir, susu cair, vanili bubuk, baking powder, hingga margarin cair. Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut cara mengolah banana pancake atau pancake pisang.

4. Banana spring roll

Olahan pisang yang satu ini rasanya renyah dan gurih sehingga membuat lidah merasa ketagihan. Untuk membuat banana spring roll, dibutuhkan beberapa bahan mulai dari cokelat meses, buah pisang, kulit lumpia bundar, keju cheddar hingga susu. Ingin mencoba membuat hidangan ini? Klik di sini.

5. Barongko

Olahan pisang yang satu ini termasuk makanan tradisional khas Indonesia. Rasanya manis dan lembut namun sangat lezat. Bahan-bahannya terdiri dari pisang, santan, telur, susu kental manis, gula pasir, garam, hingga daun pisang. Tak lupa juga dengan lidi yang akan digunakan untuk menyemat daun pisang di akhir pembuatan. Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut cara membuat barongko.

6. Frozen banana

Olahan pisang yang bentuknya sangat menarik ini sangat cocok dijadikan makanan penutup maupun pengganjal perut. Proses pembuatannya pun tak begitu rumit. Bahan-bahan yang dibutuhkan seperti pisang, dark chocolate, meses, hingga tusuk sate. Cari tahu lebih lanjut cara pembuatannya di sini.

7. Pie pisang

Pie pisang adalah olahan pisang selanjutnya yang mampu membuat lidah merasa ketagihan. Bahan-bahan yang dibutuhkan berupa margarin, gula halus, tepung terigu, susu bubuk, telur, susu cair, gula pasir, maizena, rhum, pisang kapok, dan lainnya. Ingin tahu bahan selengkapnya serta cara pembuatannya? Klik di sini!

8. Bubur sumsum pisang

Olahan pisang selanjutnya yang patut dicoba adalah bubur sumsum pisang. Rasa manis namun gurih yang bercampur jadi satu menjadikan hidangan ini salah satu makanan yang cocok disajikan sebagai hidangan penutup. Waktu memasaknya kurang lebih sekitar 40 menit. Bahan yang dibutuhkan mulai dari pisang, tepung pisang goreng, santan, garam, gula pasir, gula merah, air, hingga daun pandan. Pelajari cara membuat bubur sumsum pisang selengkapnya di sini.

9. Puding pisang

Puding pisang termasuk olahan pisang yang relatif cukup mudah dibuat namun rasanya manis dan membuat lidah terpuaskan. Selain buah pisang, dibutuhkan setidaknya agar-agar bubuk, susu cair, gula pasir, esens pisang, dark chocolate, kismis, mentega, hingga tepung maizena. Waktu yang dibutuhkan untuk mengolah puding pisang kurang lebih 60 menit. Ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Klik di sini.

baca juga:

Itulah 9 olahan pisang yang bisa dicoba untuk dibuat di rumah, maupun dijadikan inspirasi tambahan menu bisnis kuliner. Selamat mencoba!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

09 Oct 2018