Ciptakan Suasana Restoran Ramah Anak Dengan 6 Langkah Ini

thumbnail

Beberapa restoran menargetkan para keluarga sebagai target konsumennya, sedangkan seringkali keluarga yang datang membawa anak-anak usia 12 tahun ke bawah. Oleh karena itu, beberapa keluarga akan cenderung memilih restoran yang ramah anak supaya baik orang tua maupun anak sama-sama merasa nyaman menikmati suasana dan hidangan di restoran yang dikunjungi tersebut.

baca juga:

Nah, bagi Teman STOQO yang ingin atau sudah memiliki bisnis kuliner dan sedang berusaha menciptakan suasana restoran ramah anak, berikut telah STOQO kumpulkan 6 langkah yang bisa dicoba untuk merealisasikannya:

1. Sediakan pilihan menu yang cocok untuk anak-anak

Jika ingin menciptakan suasana restoran yang ramah anak, salah satu langkah pertama yang tak boleh dilewatkan adalah membuat pilihan menu yang cocok bagi anak-anak. Pilihan menu ini harus sesuai dengan selera dan minat mereka, terutama bagi yang berusia 12 tahun ke bawah.

Beberapa anak susah makan apalagi jika makanan tidak sesuai dengan selera. Selera anak-anak pun bisa berbeda dari orang dewasa. Selain rasa dan pilihan menu, pastikan juga penyajiannya menarik dan sesuai dengan selera anak supaya mereka tertarik untuk makan dan mencicipi masakan.

Pilihan menu ramah anak bisa dari porsi menu, variasi rasa atau bumbu, kemudahan cara mengonsumsinya, tampilan menu yang menarik, dan lain sebagainya.

2. Sediakan menu makanan yang tidak menimbulkan alergi

Anak- anak memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda. Sebagian dari anak justru mungkin memiliki alergi yang bisa kambuh jika makan makanan tertentu. Maka dari itu sediakan variasi menu makanan yang aman dan tidak berisiko menimbulkan alergi.

Restoran harus paham dan memberikan informasi yang jelas terkait dengan makanan-makanan yang berisiko mengandung alergen dan mampu memicu alergi. Beberapa makanan yang berpotensi memicu alergi contohnya produk susu, kacang, kerang, hingga makanan yang mengandung gluten.

3. Sertakan informasi kandungan nutrisi pada menu

Makanan yang disukai anak-anak mungkin tidak semuanya sehat. Misalnya makanan-makanan yang tinggi gula maupun lemak yang banyak ditemukan pada fast food dan junk food. Perlu peran orang tua untuk memilih makanan yang sehat bagi anak-anaknya.

Nah, akan mempermudah tugas orang tua memilih makanan yang sehat bagi anak-anak jika restoran menyediakan informasi kandungan nutrisi dari makanan pada menu. Misalnya jumlah kalori, lemak, gula dan nutrisi lain yang ada pada suatu menu. Dengan mengetahui kandungan nutrisi makanan, orang tua pun merasa lebih aman dan leluasa ketika hendak menentukan dan memesan makanan bagi anak-anaknya.

4. Siapkan peralatan-peralatan ramah anak

Selain makanan, perhatikan juga peralatan-peralatan yang ada di restoran Teman STOQO. Pastikan restoran sudah memiliki peralatan ramah anak supaya anak-anak dari para pengunjung tidak mudah bosan. Contohnya dengan menyediakan kursi dan meja makan anak, perlengkapan makan anak, hingga mainan anak. Selain itu, bisa juga menyediakan ruang khusus bagi anak-anak yang ingin bermain maupun beristirahat. Sudah banyak restoran yang mengusung konsep restoran ramah anak saat ini, salah satu contohnya dapat ditemukan di restoran Mamain.

5. Pastikan lingkungan restoran aman untuk anak-anak

Bagi Teman STOQO yang ingin menciptakan suasana restoran ramah anak, pastikan lingkungan restoran, terutama area makan aman bagi anak-anak. Salah satu contoh yang bisa dilakukan adalah memastikan lantai bersih dan kering mengingat anak-anak sering bermain dan bahkan berlari-lari. Lantai licin dapat membuat anak jatuh ketika sedang berjalan atau berlarian. Taruh juga pengaman elektrik atau pengaman stop kontak di restoran supaya anak terhindar dari sengatan listrik.

6. Berikan tawaran menarik bagi keluarga yang membawa anak

Jika target konsumen restoran Teman STOQO adalah keluarga, maka jangan lupa memberikan penawaran menarik bagi mereka. Misalnya dengan memberi potongan harga untuk menu makanan ramah anak di hari tertentu. Tak hanya konsumen merasa senang, pihak restoran pun berkesempatan diuntungkan dengan meningkatnya keluarga yang ingin makan di tempat tersebut.

baca juga:

Itulah 6 langkah menciptakan suasana restoran yang ramah anak. Selalu ingat bahwa ketika ingin menciptakan suasana ramah anak, segala aspek penting seperti makanan, peralatan, hingga keamanan dan kebersihan harus dimaksimalkan.

Semoga bermanfaat!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

10 Oct 2018