8 Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Alergi

thumbnail

Alergi bisa muncul tak hanya karena debu, tanaman, atau sentuhan dengan benda asing, namun juga bisa karena makanan atau minuman yang mengandung alergen. Alergen sebenarnya bukanlah zat yang berbahaya, namun bagi sebagian orang dapat menjadi penyebab alergi.

Jika bisnis kuliner Teman STOQO ingin menyediakan menu khusus bagi pengunjung yang memiliki alergi tertentu, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memahami makanan-makanan apa saja yang ternyata dapat memicu alergi bagi sebagian orang.

baca juga:

Untuk itu, STOQO telah mengumpulkan 8 makanan yang bisa memicu alergi berikut ini:

1. Telur

Protein yang dapat memicu reaksi alergi sebenarnya terletak hanya pada bagian putih telur. Namun, bagi Teman STOQO yang memiliki tubuh sensitif disarankan untuk menghindari makan telur baik bagian putih maupun kuningnya karena keduanya cukup sulit dipisahkan. Bahkan, beberapa makanan yang mengandung telur seperti marshmallow hingga mayonnaise pun memiliki kandungan telur yang dapat menjadi salah satu makanan penyebab alergi.

2. Ikan

Sebagian dari orang-orang yang memiliki alergi terhadap satu jenis ikan, biasanya akan lebih mungkin memiliki alergi terhadap jenis-jenis ikan lainnya. Tak hanya itu saja, produk-produk yang berbahan dasar ikan seperti misalnya saus barbecue juga bisa memicu reaksi alergi tersebut.

3. Susu

Meskipun susu sudah terkenal sehat dan dianjurkan untuk diminum secara rutin, sayangnya ada beberapa orang yang justru tidak bisa mengonsumsi susu karena memiliki alergi. Tak hanya susu saja, bahkan produk-produk mengandung susu lain seperti mentega, karamel, cokelat, keju, hingga puding juga bisa menjadi salah satu penyebab alergi bagi beberapa orang.

4. Kacang

Kacang yang dimakan secara langsung maupun yang terkandung pada selai, sereal, es krim, hingga salad dressing memang terasa lezat bagi banyak orang. Sayangnya untuk sebagian orang, terutama yang memiliki alergi terhadap kacang atau makanan-makanan yang mengandung kacang, mengonsumsi makanan tersebut justru bisa membuat tidak nyaman akibat reaksi yang ditimbulkan seperti gatal-gatal, ruam, wajah membengkak, pilek, mual, hingga diare.

Alergi ini biasanya muncul pada anak-anak usia sekitar 14 bulan hingga 2 tahun. Pada orang dewasa, alergi ini lebih mungkin muncul pada mereka yang pernah mengalami alergi serupa saat masih kecil, atau mereka yang lahir di keluarga dengan riwayat alergi kacang.

5. Kerang

Meskipun rasanya lezat, kerang justru bisa memunculkan alergi pada beberapa orang. Namun alergi ini paling sering muncul pada orang dewasa dibanding anak-anak. Bagi Teman STOQO yang alergi kerang, harus memastikan bahwa minyak yang digunakan untuk mengolah makanan yang hendak dimakan sebelumnya tidak digunakan untuk menggoreng kerang supaya tidak menjadi salah satu makanan penyebab alergi.

6. Kedelai

Tak hanya kacang maupun susu, kedelai ternyata juga bisa menjadi pemicu timbulnya alergi bagi sebagian orang. Beberapa makanan yang mengandung olahan kedelai seperti misalnya edamame, tempe, hingga tahu bisa menjadi alergen yang memunculkan gejala-gejala seperti gatal-gatal, bagian tubuh membengkak, sulit bernapas, diare, sakit kepala, hingga pingsan.

7. Kacang pohon

Kacang pohon seperti kacang almond, kacang brazil, hazelnut, kacang mete, hingga kacang kenari memang terkenal mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Sayangnya, bagi beberapa orang justru makanan-makanan tersebut dapat menjadi penyebab alergi yang memicu reaksi mulai dari gatal hingga muntah.

8. Gandum (alergi gluten)

Siapa sangka mengonsumsi makanan yang mengandung gandum dapat memicu alergi bagi sebagian orang? Salah satu protein pada gandum yakni gluten termasuk jenis yang dapat memicu reaksi alergi. Lalu apa saja makanan yang biasanya mengandung gluten? Misalnya saja roti, muffin, spageti, hingga kerupuk. Tak hanya itu saja, bahkan saus tomat, kecap, bir, hingga es krim pun ada yang mengandung gluten, lho!

Bagi beberapa orang yang memiliki alergi gandum jika memakan makanan yang mengandung gandum dapat berakibat gatal, iritasi, bengkak, hidung tersumbat, sakit kepala, sulit bernafas, mual, hingga diare. Untuk mencegah hal tersebut, orang yang memiliki alergi gandum disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bebas gandum atau gluten-free.

baca juga:

Itulah 8 makanan yang ternyata bisa memicu munculnya alergi pada sebagian orang.

Semoga bermanfaat!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

11 Oct 2018