7 Cara Mencegah Kontaminasi Silang Bisnis Kuliner yang Perlu Dipahami

thumbnail

Kontaminasi silang merupakan salah satu hal yang harus dicegah karena mampu membahayakan kesehatan tubuh manusia. Itulah sebabnya, bisnis kuliner harus mampu memahami dan menghindari kontaminasi silang ini.

Lalu apa yang dapat dilakukan untuk menghindari kontaminasi silang pada makanan di bisnis kuliner? Berikut STOQO kumpulkan informasi selengkapnya:

baca juga:

1. Memahami apa itu kontaminasi silang dan bahayanya

Kontaminasi silang sejatinya adalah proses dimana mikroorganisme seperti virus maupun bakteri yang dapat menyebabkan penyakit berpindah dari satu makanan ke makanan lain (atau bahan pangan mentah ke hidangan siap santap). Perpindahan bakteri ini dapat terjadi secara langsung (dari bahan pangan mentah ke hidangan kuliner yang sudah matang) maupun secara tidak langsung (perpindahan melalui peralatan dan / atau permukaan yang digunakan untuk mengolah makanan). Kontaminasi silang bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti diare hingga keracunan makanan.

2. Pahami bagaimana kontaminasi silang terjadi

Untuk mencegah kontaminasi silang di bisnis kuliner, tentunya perlu memahami bagaimana proses tersebut bisa terjadi. Secara singkat, kontaminasi silang biasanya bisa terjadi akibat kelalaian seperti menggunakan talenan, pisau, atau alat masak lain yang  tidak dicuci, mengolah makanan tanpa mencuci tangan terlebih dulu, hingga ketika makanan seperti daging mentah tak sengaja bersentuhan dengan makanan lain, terutama jika makanan tersebut termasuk jenis makanan yang disantap tanpa perlu dimasak.

3. Pisahkan makanan berdasarkan jenisnya

Beberapa orang mungkin menganggap menyimpan beberapa jenis makanan di satu tempat yang sama adalah hal biasa. Namun hal tersebut justru berisiko mempermudah kontaminasi silang terjadi. Oleh karena itu, pisahkan makanan untuk disimpan berdasarkan jenisnya. Contohnya dengan memisahkan produk susu serta daging mentah dari bahan makanan lain. Terutama dari makanan seperti sayuran, buah-buahan, hingga makanan siap saji yang tak perlu melewati proses memasak.

4. Cuci dan bersihkan talenan dan alat masak yang bersentuhan dengan daging mentah

Daging mentah termasuk bahan makanan yang paling berisiko mempermudah kontaminasi silang. Karenanya, selalu cuci dan bersihkan talenan, pisau, maupun alat masak lain yang sebelumnya digunakan untuk mengolah daging mentah, dan jangan gunakan untuk mengolah makanan lain jika belum dicuci atau dibersihkan. Bahkan jika punya budget berlebih, lebih baik digunakan untuk membeli beberapa talenan serta alat masak yang masing-masing digunakan untuk mengolah jenis makanan yang berbeda.

5. Berikan pengetahuan bagi para karyawan tentang kontaminasi silang dan bahayanya

Salah satu cara penting menghindari terjadinya kontaminasi silang pada makanan di bisnis kuliner Teman STOQO adalah memastikan bahwa para karyawan, terutama yang tugasnya berhubungan langsung dengan makanan (seperti karyawan dapur dan chef), memahami dengan jelas apa itu kontaminasi silang serta bahayanya. Tindakan ini akan membuat mereka lebih berhati-hati ketika menjalankan tugas supaya kontaminasi silang tidak terjadi.

Latih karyawan untuk terbiasa mencuci tangan ketika mengolah makanan, terutama setelah menyentuh daging mentah maupun ikan. Bahkan jika perlu, sediakan celemek serta penutup kepala bagi masing-masing karyawan dapur untuk menghindari kontaminasi dari luar dapur. Selain itu, biasakan untuk tidak menaruh es ke dalam gelas dengan tangan namun gunakan alat seperti sendok es.

6. Bersihkan lingkungan dapur secara rutin

Pastikan lingkungan dapur juga dibersihkan secara rutin supaya bakteri maupun virus tidak mempengaruhi keamanan makanan. Misalnya dengan membersihkan setiap permukaan meja hingga membersihkan lantai untuk memastikan tidak ada kotoran maupun debu yang bisa mengontaminasi makanan.

7. Bersihkan tempat penyimpanan secara rutin

Selain tempat mengolah makanan, tempat menyimpan bahan baku juga harus dibersihkan secara rutin. Terutama bagi tempat penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan daging mentah maupun produk susu. Tempat penyimpanan yang bersih juga bisa mencegah risiko penyebaran bakteri dan virus yang membahayakan makanan.

baca juga:

Itulah 7 cara menghindari kontaminasi silang pada makanan pada bisnis kuliner. Pastikan makanan di tempat bisnis kuliner Teman STOQO selalu bersih dan bebas bakteri maupun virus penyebab penyakit. Semoga bermanfaat!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

15 Oct 2018