Langkah-Langkah Memilih Petugas Kebersihan Bisnis Kuliner yang Perlu Diperhatikan

thumbnail

Selain karyawan dapur, kasir, pelayan, hingga manajer, ada kalanya bisnis kuliner juga perlu mempekerjakan petugas kebersihan supaya tempat usahanya bisa tetap bersih dan nyaman untuk dikunjungi pelanggan.

Lalu apa saja yang perlu dilakukan ketika hendak memilih petugas kebersihan? Berikut telah STOQO kumpulkan informasi selengkapnya:

1. Cek dana bisnis kuliner

Sebelum memutuskan untuk mempekerjakan karyawan sebagai petugas kebersihan, periksa terlebih dulu keadaan dana bisnis kuliner. Pastikan keadaan finansial bisnis kuliner memungkinkan untuk mempekerjakan petugas kebersihan dan memberikan gaji yang layak tanpa membuat rugi bisnis. Jika memang tidak memungkinkan untuk menambah karyawan baru atau ternyata tugas membersihkan bisnis kuliner tidak terlalu berat, bisa saja meminta bantuan para karyawan di akhir jam kerja untuk melakukan bersih-bersih. Selain menghemat dana, para karyawan juga akan punya rasa saling memiliki.

baca juga:

2. Tentukan apa saja tugas petugas kebersihan dan bagian mana saja yang perlu dibersihkan

Langkah selanjutnya, tentukan bagian mana saja yang akan diserahkan pada petugas kebersihan. Tuliskan juga tugas-tugas yang akan dibebankan kepada petugas kebersihan supaya ada kejelasan dan pekerjaan mereka pun bisa lebih mudah. Dengan menentukan tugas-tugasnya, bisnis kuliner akan lebih terbantu dalam menentukan jumlah gaji yang layak. Sediakan peralatan bersih-bersih yang akan digunakan

Langkah ini akan sangat membantu bisnis kuliner dalam menghemat biaya, terutama jika anggaran dana masih pas-pasan. Beberapa petugas kebersihan, terutama yang sudah profesional maupun yang bekerja di bawah agensi tertentu akan menambah tarif apabila peralatan yang digunakan untuk membersihkan tempat disediakan oleh mereka sendiri.

Cobalah untuk mempersiapkan peralatan bersih-bersih yang dibutuhkan untuk digunakan oleh petugas kebersihan.

3. Lakukan wawancara dan tes sebelum mempekerjakan

Direkomendasikan untuk tetap melakukan wawancara dan tes bagi calon petugas kebersihan sebelum mempekerjakannya, terutama jika ia tidak datang dari agensi yang sudah terpercaya dan terjamin kualitasnya.

Sama seperti memilih karyawan lain, pastikan orang tersebut jujur dan dapat dipercaya serta mumpuni di bidangnya. Calon petugas kebersihan yang ideal adalah orang yang sadar bahwa kebersihan adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis kuliner sehingga ia akan sepenuh hati melakukan bagiannya.

Ketika melakukan wawancara, Teman STOQO dapat menanyakan hal-hal seperti berapa lama orang tersebut berpengalaman dalam bidang ini, dimana saja ia pernah bekerja, apa saja pengalamannya ketika bekerja sebagai petugas kebersihan di tempat sebelumnya, hingga sekadar pengetahuan seputar kebersihan.

4. Transparan soal tugas dan upah yang akan diberikan

Apabila sudah menemukan calon petugas kebersihan yang cocok dengan kriteria yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah menjelaskan apa saja tugas-tugasnya dan area mana saja yang harus dibersihkan. Berikan penjelasan secara rinci dan pastikan ia tidak bingung. Lalu, jelaskan juga berapa upah yang sanggup bisnis kuliner berikan kepadanya dan terbukalah untuk diskusi maupun negosiasi dalam hal ini.

Bagaimana jika bisnis kuliner ragu saat hendak mempekerjakan petugas kebersihan?

Bagi beberapa bisnis kuliner terutama yang baru saja dibuka atau memiliki keadaan finansial yang masih pas-pasan mungkin akan ragu apakah bisnisnya benar-benar membutuhkan jasa petugas kebersihan. Hal ini tentunya adalah hal yang wajar. Namun baik mempekerjakan petugas kebersihan secara khusus maupun tidak, bisnis kuliner tetap wajib menjaga kebersihan tempat usaha.

Tempat usaha yang bersih memberikan manfaat tersendiri. Salah satunya menjaga kualitas makanan sehingga terhindar dari kontaminasi silang maupun kontaminasi dari virus dan bakteri yang berasal dari lingkungan bisnis kuliner. Kemudian, para karyawan pun akan lebih betah dan nyaman bekerja di tempat yang bersih. Selain itu, tempat usaha yang bersih memberi kesan positif bagi pelanggan atau konsumen yang melihat.

baca juga:

Jika uang menjadi penghalang, maka salah satu cara untuk menjaga kebersihan tempat adalah dengan membagi tugas bersih-bersih kepada karyawan lewat piket. Tugas harus dibagi dengan adil dan nantinya harus disesuaikan dengan jam kerja atau harus sesuai kesepakatan dengan para karyawan.

Itulah beberapa langkah memilih petugas kebersihan bagi bisnis kuliner.

Semoga bermanfaat!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

17 Oct 2018