Tangani Reservasi Restoran Dengan Baik, Ini 4 Hal yang Tak Boleh Dilewatkan

thumbnail

Kini banyak restoran yang memberikan alternatif reservasi (pemesanan tempat) untuk memberikan jaminan pelanggan akan mendapatkan kursi saat berkunjung ke restoran tersebut dibandingkan harus mengantri berlama-lama. Itulah sebabnya, bisnis restoran harus mampu menangani reservasi dengan benar. Tujuannya untuk menghindari kesalahan komunikasi dan memastikan setiap pelanggan, baik yang datang langsung atau reservasi mendapatkan hak yang sama.

Untuk itu, STOQO telah merangkum beberapa hal yang tak boleh dilewatkan bisnis restoran dalam menangani reservasi dengan baik dan benar:

baca juga:

1. Pelajari cara menangani reservasi dengan benar

Tetap layani pelanggan yang melakukan reservasi dengan baik dan tepat, selayaknya restoran melayani pelanggan yang datang secara langsung.

Selain berkomunikasi dengan jelas dan melayani dengan baik, jangan lupa untuk mencatat reservasi terutama jika pelanggan memberikan catatan-catatan khusus. Yang tak boleh dilupakan adalah siapa nama pemesan, berapa jumlah orang yang akan datang, dan jam berapa mereka akan sampai. Restoran bisa memanfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin dan mengatur meja sesuai kebutuhan pelanggan.

2. Berikan respon yang jujur dan logis

Mungkin bisnis restoran merasa ingin menyetujui semua reservasi karena tergiur keuntungan yang bisa didapat dengan banyaknya jumlah pemesan. Namun perlu diingat bahwa bisnis restoran harus tetap memberikan respon yang jujur dan logis.

Misalnya ada sekitar 20 meja di restoran dan saat itu semuanya penuh lalu seorang calon pelanggan ingin melakukan reservasi. Maka nyatakanlah dengan jujur bahwa restoran saat ini sedang penuh dan sebagai gantinya, bisnis restoran bisa menawarkan pelanggan untuk dimasukkan dalam daftar waiting list.

Jika bisnis restoran ingin memberikan perkiraan waktu meja tersedia, berikan juga perkiraan yang logis. Misalnya saja komunikasikan bahwa satu meja kira-kira akan tersedia dalam waktu 45 hingga 60 menit lagi.

3. Manfaatkan teknologi untuk mempermudah reservasi

Kebanyakan pelanggan akan melakukan reservasi melalui telepon. Tapi kini bisnis restoran bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mempermudah pemesanan tempat sehingga calon pelanggan bisa menikmati kemudahan reservasi.

Salah satu contohnya adalah melalui website. Apabila bisnis restoran memiliki website, sediakan laman khusus yang bisa dimanfaatkan pelanggan untuk memesan tempat. Pastikan pelanggan bisa memasukkan informasi penting seperti nama, waktu, dan jumlah orang serta berikan kolom untuk mengisi pesan khusus apabila diperlukan.

Selain website, teknologi lain yang bisa dimanfaatkan adalah lewat akun media sosial, e-mail, maupun aplikasi smartphone. Sistem reservasi atau pemesanan tempat yang mudah akan membuat pelanggan merasa lebih leluasa sehingga reservasi dan jumlah pengunjung pun akan meningkat.

4. Bersiaplah menghadapi pembatalan reservasi

Bisnis restoran perlu bersiap-siap jika calon pelanggan membatalkan pemesanan tempat. Jadikan pembatalan ini sebagai kesempatan untuk memberikan tempat bagi calon pelanggan yang lain yang sudah dimasukkan ke dalam waiting list.

Tetaplah bersikap profesional ketika menghadapi pembatalan pemesanan tempat dan tetap berikan respon yang positif serta sopan. Banyak pelanggan yang terpaksa membatalkan reservasi karena hal-hal penting dan mendesak yang bersifat pribadi.

Jika bisnis restoran terlalu sering mengalami pembatalan reservasi dan merasa hal ini cukup mengganggu, bisa dengan baik menanyakan alasan pembatalan supaya bisa dijadikan feedback apabila ternyata alasan pembatalan berkaitan dengan produk atau layanan yang diberikan. Cobalah untuk  tidak memaksa pelanggan untuk menjawab secara rinci supaya ketidaknyamanan bisa dihindari.

baca juga:

Itulah 4 hal yang tak boleh dilewatkan bisnis restoran dalam menangani reservasi atau pemesanan tempat. Semoga bermanfaat!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

19 Oct 2018