9 Produk Hasil Olahan Susu yang Perlu Diketahui

thumbnail

Produk-produk susu dikenal memberikan banyak manfaat positif bagi tubuh. Contohnya seperti menguatkan tulang dan gigi, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi.

baca juga:

Untuk itu, STOQO telah mengumpulkan 9 produk-produk susu yang sudah beredar di pasaran dan bisa dicoba:

1. Susu cair

STOQO - Susu cair (foto: popmama.com)

Susu cair (foto: popmama.com)

Susu cair tentunya merupakan produk susu yang paling dikenali dan sering dikonsumsi. Bahkan, susu cair pun kini sudah ada banyak macamnya, mulai dari susu skim, susu UHT, susu pasteurisasi, susu bubuk, susu evaporasi, dan masih banyak lagi.

2. Mentega

STOQO - Mentega (foto: erabaru.net)

Mentega (foto: erabaru.net)

Mentega biasanya dibuat dari krim maupun susu yang dihasilkan dari sapi, kambing, maupun domba.

Di Indonesia, kebanyakkan mentega yang beredar di pasaran sudah melewati proses pasteurisasi. Efeknya adalah mentega jadi lebih aman dikonsumsi serta tidak mudah basi.

Mentega sering dimanfaatkan untuk mengolah makanan seperti kue, dijadikan olesan roti tawar atau digunakan untuk mengolah makanan lain. Produk susu ini kaya akan vitamin A, D, E, dan K.

3. Kasein

STOQO - Kasein (foto: myshowroom.se)

Kasein (foto: myshowroom.se)

Produk susu selanjutnya adalah kasein. Kasein sendiri sejatinya merupakan protein penting yang bisa ditemukan di susu dan bisa dimanfaatkan dalam pembuatan beberapa macam produk seperti keju hingga roti. Tak hanya itu, kini banyak juga produk suplemen kasein yang beredar di pasaran untuk dikonsumsi sebagai pembentuk otot dan penambah massa otot.

Dilansir dari laman HelloSehat, produk suplemen kasein yang diminum sanggup memenuhi kebutuhan kasein pada tubuh sehingga seseorang tak perlu lagi mengonsumsi terlalu banyak susu maupun keju. Namun sebelum mengonsumsinya, pastikan Teman STOQO tidak memiliki alergi terhadap protein kasein, ya!

4. Keju

STOQO - Keju (foto: lenterakeluarga.com)

Keju (foto: lenterakeluarga.com)

Produk susu yang satu ini juga pastinya tidak asing lagi bagi Teman STOQO. Keju Bbiasanya dimanfaatkan sebagai isian roti, taburan pada kue dan makanan, maupun bahan campuran saat mengolah makanan tertentu.

Produk susu ini dibuat dengan cara memisahkan zat padat yang ada pada susu dengan memanfaatkan koagulasi atau proses pengentalan yang dibantu oleh enzim rennet.

5. Susu bubuk

STOQO - Susu bubuk (foto: resepkoki.id)

Susu bubuk (foto: resepkoki.id)

Produk susu selanjutnya adalah susu bubuk. Di Indonesia, banyak keluarga yang mengonsumsi susu bubuk terutama untuk dijadikan minuman. Susu bubuk dihasilkan dari susu cair yang telah dipanaskan hingga menjadi kering. Susu bubuk banyak sekali ditemukan di negara-negara berkembang karena biaya kirim yang murah dan penyimpanan yang mudah. Seperti makanan-makanan kering lainnya, susu kering tidak mudah rusak dikarenakan sedikitnya kandungan air.

6. Susu evaporasi

STOQO - Susu evaporasi (foto: resepkoki.id)

Susu evaporasi (foto: resepkoki.id)

Susu evaporasi adalah produk susu yang dihasilkan dari susu yang sudah dihilangkan kadar airnya sebesar 60% dan biasanya tidak diberi tambahan gula atau pemanis. Susu ini juga diolah secara khusus supaya aman untuk dikonsumsi. Susu yang cukup terkenal di Indonesia juga dijual STOQO untuk kebutuhan kuliner, salah satunya adalah susu evaporasi merek F&N.

7. Susu fermentasi

STOQO - Susu fermentasi (foto: bravaradio.com)

Susu fermentasi (foto: bravaradio.com)

Susu fermentasi adalah produk susu yang diperoleh dari proses fermentasi susu yang memanfaatkan asam laktat. Susu ini dipopulerkan oleh negara Jepang. Uniknya, bakteri hidup biasanya masih terkandung dalam susu fermentasi dan efeknya adalah membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

8. Minyak samin

STOQO - Minyak samin (foto: 4muda.com)

Minyak samin (foto: 4muda.com)

Minyak samin atau ghee adalah produk selanjutnya yang dibuat dari mentega yang sudah direbus dan dibuang residunya. Minyak samin termasuk populer di negara-negara Asia terutama Asia Selatan. Di Indonesia, beberapa minyak samin tidak hanya diproduksi dari mentega yang berasal dari susu, namun ada juga yang dihasilkan dari lemak nabati yang ada pada kelapa sawit.

9. Produk Whey

STOQO - Produk whey (foto: crown-machinery.com)

Produk whey (foto: crown-machinery.com)

Produk susus selanjutnya adalah produk whey. Produk-produk whey seperti minuman whey hingga keju whey biasanya diproses dari bagian cairan yang tersisa dari  proses pengendapan pembuatan keju. Whey sendiri sejatinya merupakan protein yang juga sering dimanfaatkan orang untuk meningkatkan masa otot. Selain itu, mengonsumsi protein whey secara cukup dapat membantu meningkatkan sistem imun  serta meningkatkan performa saat berolahraga.

baca juga:

Itulah 9 produk-produk susu yang perlu diketahui.

Semoga bermanfaat!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

20 Oct 2018