9 Jenis Pizza Terlezat dan Terpopuler Dari Seluruh Penjuru Dunia

thumbnail

Siapa yang tak suka dengan pizza? Hampir semua orang mengatakan “Ya” jika ditawari hidangan khas Italia satu ini. Rasanya lezat dan cocok untuk dikonsumsi terutama ketika berkumpul bersama keluarga maupun sahabat.

Nah, tahukah Teman STOQO bahwa ada banyak jenis variasi pizza yang bisa dijadikan alternatif pilihan, bahkan beberapa negara punya pizza dengan ciri khasnya sendiri.

baca juga:

Penasaran? Berikut telah STOQO kumpulkan setidaknya 9 jenis pizza terlezat yang cukup terkenal dan berasal dari seluruh penjuru dunia:

1. Neapolitan Pizza

STOQO - Neapolitan Pizza (foto: seriouseats.com)

Neapolitan Pizza (foto: seriouseats.com)

Jenis pertama adalah Neapolitan. Pizza jenis ini merupakan pizza original alias pizza pertama yang dibuat di Italia, lalu seiring berjalannya waktu mulai dibawa ke Amerika Serikat dan menyebar ke negara-negara lain. Pizza ini biasanya dibuat dengan tambahan saus tomat San Marzano, keju mozzarella, serta daun kemangi segar yang kemudian diproses menggunakan oven.

2. Calzone Pizza

STOQO - Calzone Pizza (foto: simplyscratch.com)

Calzone Pizza (foto: simplyscratch.com)

Jenis pizza selanjutnya disebut dengan Calzone. Tak seperti pizza kebanyakan yang berbentuk bulat, Calzone justru berbentuk lipatan yang biasanya diisi dengan daging, keju, serta sayuran kemudian dipanggang di dalam oven. Pizza ini pertama kali dibuat di Naples, salah satu kota di Italia.

3. Chicago Pizza

STOQO - Chicago Pizza (foto: omaha.com)

Chicago Pizza (foto: omaha.com)

Dari namanya saja, Teman STOQO mungkin sudah menebak darimana pizza ini berasal. Ya! Jenis pizza ini ditemukan pertama kali di kota Chicago pada awal tahun 1900-an dan awal pertama dibuat karena para imigran dari Italia yang berada di kota tersebut ingin memakan pizza yang mirip dengan Neapolitan dari tempat asal mereka. Isian yang digunakan pada pizza ini hampir mirip seperti neapolitan pizza, yang membedakan adalah karakteristik pizza ini lebih tebal dibanding pada umumnya.

4. Greek Pizza

STOQO - Greek Pizza (foto: mccormick.com)

Greek Pizza (foto: mccormick.com)

Berbeda  dengan Chicago Pizza yang dinamai berdasarkan tempat asal pembuatannya, Greek Pizza (atau dalam Bahasa Indonesia Pizza Yunani) tidak ditemukan di negara Yunani.

Pizza ini dibuat oleh imigran asal Yunani yang datang ke Amerika dan memutuskan untuk membuat pizzanya sendiri setelah diperkenalkan pada pizza yang beredar di daerah setempat. Ciri khas pizza ini adalah penggunaan olive oil yang cukup banyak dengan isian utama berupa tomat dan keju.

5. Kebab Pizza ala Swedia

STOQO - Kebab Pizza ala Swedia (foto: vermont2china.wordpress.com)

Kebab Pizza ala Swedia (foto: vermont2china.wordpress.com)

Jenis pizza ini datang dari negeri Swedia dimana mereka mengkombinasikan pizza ala Italia dengan hidangan kebab ala Turki. Pizza ini biasanya berisikan potongan daging kebab, saus tomat, keju, saus yogurt, hingga pepperoncini.

6. New York Pizza

STOQO - New York Pizza (foto: austin360.com)

New York Pizza (foto: austin360.com)

Jenis pizza ini merupakan hasil pengembangan dari Neapolitan Pizza yang berasal dari Italia. Sama seperti namanya, pizza ini ditemukan pertama kali di kota New York pada awal 1900-an. Pizza ini memiliki layer yang cukup tipis dan biasanya dilengkapi dengan saus tomat, keju, oregano, dan bubuk cabai.

7. Pissaladière Pizza

STOQO - Pissaladière Pizza (foto: perfectlyprovence.co)

Pissaladière Pizza (foto: perfectlyprovence.co)

Jenis pizza selanjutnya adalah Pissaladière yang pertama kali dibuat di suatu kota di daerah Perancis Selatan bernama Nice. Berbeda dengan pizza pada umumnya, layer pizza ini dibuat dari adonan roti biasa yang kemudian dilengkapi dengan bawang bombay karamel, teri, bawang putih, dan zaitun Niçoise.

8. Sushi Pizza

STOQO - Sushi Pizza (foto: sushi.com)

Sushi Pizza (foto: sushi.com)

Teman STOQO mungkin juga menduga bahwa jenis pizza ini berasal dari Jepang. Faktanya, Sushi Pizza justru pertama kali ditemukan di Toronto, Kanada, oleh seorang Chef bernama Kaoru Ohsada pada bulan Mei 1993. Uniknya, layer pizza ini dibuat dari nasi yang melalui proses deep-fry, lho! Kemudian, pizza ini biasanya dilengkapi dengan sashimi, daun bawang, tobiko dan saus mayo pedas.

9. Tomato Pie Pizza

STOQO - Tomato Pie Pizza (foto: heidimix.blogspot.com)

Tomato Pie Pizza (foto: heidimix.blogspot.com)

Jenis selanjutnya adalah Tomato Pie Pizza. Layernya cukup tebal dan dilengkapi dengan saus tomat segar serta taburan keju Romano. Pertama kali dibuat pada awal tahun 1900-an di wilayah metropolitan Philadelphia.

baca juga:

Itulah 9 jenis pizza terlezat dari penjuru dunia yang cukup terkenal, lezat, dan populer.
Semoga menjadi inspirasi!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

23 Oct 2018