Sudah Tahu 8 Jenis Kacang Ini? Nomor 5 Harganya Fantastis!

thumbnail

Kacang adalah salah satu bahan makanan yang banyak dijumpai dan digemari di Indonesia. Tidak hanya kacang tanah, ternyata ada juga jenis kacang lainnya yang sudah menyebar di nusantara. Apa saja ya kira-kira jenis kacang-kacangnya? Berikut telah STOQO kumpulkan 8 jenis kacang yang populer dan ada di Indonesia:

1. Kacang Tanah

Jenis kacang yang satu ini sering ditemukan di pasaran. Kacang tanah atau Arachis hypogaea L secara fisik berwarna cokelat dan ketika dikonsumsi, rasanya cukup gurih sehingga menjadi favorit banyak kalangan.

Kacang tanah ternyata baru masuk ke wilayah nusantara pada abad ke 17 setelah dibawa para pedagang asing. Kini, kacang tanah banyak ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia dan dijual dengan harga yang relatif murah.

Jenis kacang ini bisa dikonsumsi secara langsung sebagai camilan. Selain itu, bisa juga diolah menjadi minyak maupun makanan lain seperti bumbu pecel yang sering ditemukan dalam bisnis kuliner.

2. Kacang Almond

Kacang almond atau yang juga disebut badam juga merupakan salah satu jenis kacang yang cukup populer di Indonesia. Rasanya lezat dan nutrisi yang terkandung pun dikenal baik untuk kesehatan seperti membantu menyeimbangkan tekanan darah.

Secara fisik, kacang ini berwarna cokelat tua dan tampak keriput pada permukaannya. Biasa dikonsumsi secara langsung, maupun dijadikan pelengkap kue, es krim, hingga makanan penutup lainnya pada bisnis kuliner.

3. Kacang Hijau

Kacang hijau atau vigna radiata merupakan jenis kacang yang kaya akan protein nabati. Jenis kacang ini juga cukup populer di Indonesia, biasanya tidak dimakan secara langsung namun diolah menjadi makanan lezat seperti salah satunya bubur kacang hijau. Uniknya, kacang hijau ini lama kelamaan bisa tumbuh dan menghasilkan tauge yang bisa dikonsumsi sebagai sayuran sehat dan baik untuk kesuburan.

baca juga:

4. Kacang Kedelai

Jenis kacang selanjutnya yang bisa ditemukan di Indonesia adalah kacang kedelai. Kacang kedelai termasuk kacang yang paling laris di Indonesia bila dilihat dari tingkat penjualannya. Jenis kacang ini dimanfaatkan untuk membuat bahan makanan lain seperti tempe, tahu, bahkan sering juga diolah menjadi minuman seperti susu kedelai.

5. Kacang Makadamia

Dibanding jenis kacang lain, kacang makadamia termasuk kacang yang relatif lebih mahal dibanding jenis kacang lainnya. Secara fisik bentuknya mengingatkan pada biji kemiri, namun rasanya gurih, manis, dan memiliki aroma lembut yang menggoda lidah untuk dicicipi.

Ternyata, jenis kacang ini mengandung banyak nutrisi penting mulai dari protein, karbohidrat, mineral, vitamin E, vitamin B kompleks, serat, hingga minyak tak jenuh. Mengonsumsi kacang makadamia secara rutin juga dipercaya dapat memberi manfaat seperti menurunkan kadar kolesterol hingga mencegah penyakit jantung. Harga kacang makadamia di pasaran dengan kualitas yang baik, bisa mencapai Rp. 600.000,- per kilogram-nya. Sehingga perlu pertimbangan matang jika ingin menggunakan kacang makadamia menjadi salah satu bahan pokok untuk bisnis kuliner.

6. Kacang Merah

Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang yang sering digunakan bisnis kuliner untuk diolah menjadi berbagai menu hidangan, seperti sup, sayuran, hingga minuman seperti es susu kacang merah. Bagian luarnya berwarna merah, sedangkan jika kulitnya dikupas akan terlihat warna putih di bagian dalamnya. Mengonsumsi kacang merah secara rutin bisa memberikan efek positif bagi kesehatan, mulai dari menjaga sistem pencernaan, mencegah penuaan dini, hingga mencegah penyakit jantung.

7. Kacang Pecan

Jenis kacang yang selanjutnya mungkin tidak sepopuler kacang-kacang lain yang digunakan dalam bisnis kuliner. Namun tahukah Teman STOQO bahwa kacang yang gurih ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh?

Beberapa di antaranya mulai dari menjaga kesehatan tulang, kulit, jantung, mencegah rambut rontok, hingga mengurangi risiko terjadinya kanker.

8. Kacang Pistachio

Secara fisik, kacang ini memiliki kulit berwarna krem yang sedikit terbuka dan memperlihatkan isinya yang berwarna hijau. Kacang ini sering dimanfaatkan sebagai topping untuk cake, es krim, pie, dan masih banyak menu lainnya pada bisnis kuliner. Selain itu, kacang Pistachio ini juga bisa membantu meningkatkan suasana hati, menjaga berat badan, kesehatan kulit, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, hingga mengurangi risiko terkena kanker.

Itulah 8 jenis kacang yang ada di Indonesia yang perlu diketahui. Semoga menjadi inspirasi bagi bisnis kuliner yang sedang dijalankan!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

24 Oct 2018