Baru Menjalankan Bisnis Kuliner? Hindari 5 Kesalahan Ini

thumbnail

Bagi pebisnis yang baru saja memulai bisnis kuliner, pastinya sedang bersemangat menjalankan usaha tersebut, bukan? Tentunya hal tersebut adalah hal yang baik, namun perlu disadari bahwa masih ada beberapa kemungkinan terdapat kesalahan dalam menjalankan bisnis baru tersebut.

Tenang saja, hal ini tidak seharusnya menyiutkan niat dan nyali dalam menjalankan bisnis kuliner. Justru dengan sadar akan adanya kemungkinan kesalahan-kesalahan tersebut, si pebisnis lebih waspada dan mencoba menemukan jalan keluar supaya hal-hal tersebut tidak terjadi.

baca juga:

Lalu apa saja ya kira-kira kesalahan yang bisa dilakukan oleh bisnis kuliner yang baru dijalankan? Berikut telah STOQO kumpulkan informasi selengkapnya:

1. Bekerja dengan orang-orang yang salah

Salah satu kesalahan yang bisa terjadi ketika baru saja memulai bisnis kuliner adalah bekerja dengan orang-orang yang salah. Entah dalam hal partner kerja bagi bisnis kuliner yang dijalankan bersama, maupun dalam memilih karyawan atau pegawai. Bagi Teman STOQO yang ingin menjalankan bisnis kuliner, selalu pastikan bahwa orang-orang yang diajak kerja sama maupun karyawan yang dipekerjakan memang tepat, cocok diajak bekerja sama secara tim, dan memiliki visi, semangat serta tujuan yang sama. Hindari bekerja sama dengan seseorang yang sebenarnya tidak mumpuni dan justru bisa merugikan tempat usaha terutama jika hanya karena orang tersebut adalah teman dekat maupun keluarga.

2. Menjalankan bisnis tanpa keuangan yang memadai

Kesalahan selanjutnya yang sering dialami oleh bisnis kuliner baru adalah keuangan yang tidak memadai atau tidak cukup. Entah itu keuangan untuk modal, maupun saat mulai menjalankan.

Sebagian mungkin berpikir bahwa yang penting memiliki modal untuk memulai. Sayangnya, hal ini tidak cukup. Masih ada kemungkinan bisnis kuliner tidak akan menghasilkan banyak uang di waktu-waktu awal didirikan (bahkan sepi pelanggan). Beberapa bisnis kuliner bisa mengalami hal tersebut selama beberapa hari, minggu, hingga hitungan bulan di awal pembukaan tempat usaha.

Untuk itu, selalu perkirakan dan perhitungkan bagian keuangan secara matang dengan memprediksi projeksi pengeluaran dan pemasukan bisnis kuliner. Tak hanya itu saja, sediakan dana lebih alias dana cadangan supaya bisnis tetap bisa berjalan jika dalam beberapa bulan ke depan masih belum ramai pengunjung. Sedia payung sebelum hujan lebih baik, bukan?

3. Tidak memiliki rencana bisnis

Kesalahan lain adalah tidak memiliki rencana bisnis atau business plan yang matang, atau bahkan tidak memiliki rencana bisnis sama sekali. Padahal, rencana bisnis disusun untuk mempermudah bisnis itu sendiri ketika mengambil keputusan atau langkah ke depan. Selain itu, memiliki rencana bisnis yang matang juga memudahkan calon investor atau pihak bank untuk mengenali potensi bisnis tersebut sebelum akhirnya setuju untuk memberi dukungan finansial. Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut tentang membuat rencana bisnis untuk bisnis kuliner.

4. Tidak memiliki pemahaman yang kuat dengan keadaan pasar

Dengan pemahaman yang kuat, bisnis tersebut mampu menyusun strategi penjualan dengan tepat. Jika tidak, produk yang dijual justru tidak akan laku dan bisnis berpotensi bangkrut. Setiap pemilik bisnis kuliner harus mau mencari informasi sebanyak-banyaknya, mempelajari, serta memahami keadaan pasar di sekitar tempat usaha baik sebelum memulai usaha, maupun saat sudah menjalankan usaha untuk bisa beradaptasi apabila ada perubahan.

5. Tidak memperhatikan peraturan dan hukum setempat

Setiap pengusaha harus mau mempelajari peraturan setempat tentang hukum terutama yang berhubungan dengan bisnis yang dijalankan misalnya saja masalah sewa lokasi, masalah perjanjian kerja, masalah keamanan pangan, dan lain sebagainya. Bila kesulitan mintalah bantuan kepada ahli hukum. Apabila tidak, bisnis kuliner justru terkena masalah hukum yang berujung pada denda, penutupan paksa tempat usaha hingga kurungan penjara.

baca juga:

Itulah 5 kesalahan yang bisa terjadi pada bisnis kuliner yang baru dijalankan. Semoga bermanfaat untuk bisnis kuliner yang sedang dijalankan!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

25 Oct 2018