11 Manfaat Luar Biasa Buah Mengkudu Bagi Tubuh

thumbnail

Meskipun rasanya relatif kurang lezat jika dimakan secara langsung, buah mengkudu dikabarkan memiliki banyak manfaat yang sebenarnya sangat baik bagi tubuh manusia. Tapi apa saja sih manfaat-manfaatnya?

Penasaran? Berikut setidaknya telah STOQO kumpulkan 11 manfaat yang bisa didapat dari buah mengkudu selengkapnya:

baca juga:

1. Membantu menurunkan demam

Salah satu manfaat yang bisa didapat dari buah mengkudu adalah membantu menurunkan demam. Caranya dengan mencampurkan buah mengkudu dengan parutan kencur lalu direbus dan kemudian disaring untuk diminum air hasil rebusannya.

2. Mencegah penyakit encok

Kristal asam urat yang menumpuk pada persendian lama-kelamaan dapat menyebabkan encok. Untungnya, manfaat mengkudu selanjutnya adalah membantu mencegah penyakit encok karena jus mengkudu yang diminum ternyata mampu mengurangi konsentrasi asam urat pada tubuh.

3. Mengobati diabetes

Manfaat mengkudu selanjutnya adalah membantu mengobati diabetes. Hal ini karena mengkudu mampu membantu tubuh menurunkan dan mengontrol kadar gula darah. Buah ini juga mengandung zat proxeronine yang bertindak untuk mengobati diabetes kering maupun basah serta mencegah amputasi akibat infeksi organ yang bisa terjadi pada penderita diabetes.

4. Merawat iritasi pada kulit kepala

Jika Teman STOQO menderita iritasi pada kulit kepala terutama karena jamur atau bakteri, cobalah untuk memanfaatkan buah mengkudu. Buah ini ternyata memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri yang bisa bermanfaat untuk mengobati iritasi pada kulit kepala, lho!

5. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat mengkudu selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Buah ini mampu mengurangi kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat inilah yang jika dibiarkan dapat mempengaruhi kesehatan jantung dan menyebabkan penyakit.

6. Mencegah kanker

Buah mengkudu ternyata bisa berkhasiat mencegah dan melawan kanker, lho! Bahkan, buah ini sering dimanfaatkan dalam pengobatan kanker payudara. Semuanya berkat bermacam-macam antioksidan yang terkandung di dalamnya.

7. Meningkatkan sistem imun tubuh

Sejatinya, buah mengkudu mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh mulai dari vitamin E, asam amino, mineral dan masih banyak lagi. Seluruh nutrisi yang terkandung membantu tubuh meningkatkan kekebalan sehingga tak mudah terjangkit penyakit serta mampu mencegah serangan radikal bebas.

8. Mengatasi stres

Stres karena tekanan pekerjaan atau masalah lainnya? Maka informasi ini mungkin akan sedikit membuat lega. Buah mengkudu, ternyata mampu bermanfaat mengurangi stres, lho! Menurut ahli nutrisi klinis Byron J. Richards.

9. Melawan bakteri E.coli

Bahaya bakteri E.coli atau Escherichia coli sempat menggemparkan banyak pihak terutama di tahun-tahun terakhir. Bakteri yang bisa menyerang usus manusia maupun hewan ini merupakan penyebab beberapa penyakit, mulai dari diare hingga infeksi saluran kencing. Berkat kandungan anti bakteri yang ada pada mengkudu, buah ini dapat membantu tubuh melawan bakteri tersebut dan menjaga tubuh tetap sehat.

10. Merawat kulit kering

Kulit kering bisa cukup mengganggu, tak hanya karena membuat penampilan jadi tak maksimal, namun juga karena kulit kering bisa mempercepat penuaan dan menyebabkan gatal hingga infeksi. Kabar baiknya, buah mengkudu bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit jenis ini, lho!

Caranya dengan memotong buah mengkudu dan mengoleskannya pada bagian yang kering atau bersisik kemudian biarkan selama 10 menit sebelum dibersihkan menggunakan kain bersih yang sudah dicelupkan ke air hangat. Jika dilakukan secara rutin, kulit pun bebas dari kekeringan dan akan lebih terasa lembab serta halus.

11. Menguatkan tulang

Manfaat mengkudu selanjutnya adalah membantu menguatkan tulang sehingga terhindar dari pengeroposan tulang atau penyakit tulang lainnya. Mengonsumsi buah mengkudu baik bagi tubuh terutama tulang karena seiring berjalannya waktu, tulang kita mungkin akan membutuhkan lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap kuat dan sehat.

baca juga:

Itulah 11 manfaat buah mengkudu bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

27 Oct 2018