Suka Tidak Suka, Ternyata Petai Punya 7 Manfaat Dahsyat Bagi Tubuh

thumbnail

Petai, salah satu makanan yang nikmat tapi juga sering menimbulkan pro dan kontra di antara masyarakat. Hal tersebut tidak lain karena makanan ini punya efek membuat bau terhadap mulut dan air seni. Meskipun demikian, petai masih menjadi salah satu alternatif makanan kesukaan banyak masyarakat di Indonesia.

Petai sering dijumpai dalam beragam olahan makanan sehari-hari yang nikmat dan menggugah selera. Dari sambal goreng ati, nasi goreng petai, lontong balap, lodeh, sampai nasi uduk betawi.

Pernah penasaran mengapa petai bisa menimbulkan bau tak sedap di mulut dan di air seni? Sebenarnya alasannya sederhana, Petai (dengan nama latin Parkia Speciosa) mengandung asam amino dan unsur belerang yang cukup tinggi. Belerang pada petai inilah yang kemudian menyebabkan petai bau.

baca juga:

Tapi tahukah Teman STOQO bahwa mengonsumsi petai ternyata memiliki pengaruh positif bagi tubuh? Apa saja? Berikut telah STOQO kumpulkan 7 manfaat petai yang tak disangka sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh:

1. Membantu mengatasi anemia

Petai ternyata mengandung zat besi yang tinggi yang dapat bermanfaat dalam mengatasi terjadinya anemia pada tubuh manusia. Hal ini karena zat besi ini secara proaktif mampu membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah.

2. Melawan bakteri

Siapa sangka bahwa manfaat petai selanjutnya adalah melawan bakteri? Khususnya ekstrak biji petai yang bermanfaat membantu tubuh dalam menekan bakteri jahat sehingga tak bertumbuh begitu saja dan membahayakan tubuh.

Bagaimana bisa? Jawabannya adalah berkat kandungan zat trithiolane dan hexathionine pada petai yang bertindak sebagai antibakteri bagi tubuh.

3. Meringankan depresi

STOQO - Petai (foto: #photobythomas / flickr.com/photos/139066376@N03)

Petai (foto: #photobythomas / flickr.com/photos/139066376@N03)

Selama beberapa tahun terakhir, dunia sempat digegerkan dengan kabar meningkatnya jumlah penderita depresi. Bahkan Indonesia pun tak luput dari hal tersebut. Seperti dilansir dari salah satu artikel Tempo yang dipublikasikan pada Mei 2017 bahwa 3,7 persen dari populasi di Indonesia atau sekitar 9 juta orang mengalami depresi.

Tentunya kini banyak orang yang akan melakukan banyak hal untuk mencegah atau meringankan depresi. Mulai dari menjaga gaya hidup sehat, hingga menjaga pola makan. Dari sekian banyak makanan yang bisa membantu meringankan depresi, ternyata petai masuk dalam daftar, lho!

Makanan ini ternyata mengandung protein tryptophan yang oleh tubuh kemudian diolah menjadi serotonin. Serotonin adalah suatu hormon yang berpengaruh besar dalam mencegah depresi karena mampu memperbaiki suasana hati hingga mengurangi kesedihan.

4. Meringankan Premenstrual Syndrome (PMS)

Bagi sebagian kaum wanita, masa-masa premenstrual syndrome (PMS) bisa menjadi masa yang cukup menyakitkan dan tidak membuat nyaman. Selain karena kram atau rasa nyaman di bagian tubuh tertentu, perubahan mood akibat PMS juga menjadi salah satu faktornya.

Nah, kabar gembira bagi Teman STOQO yang gemar makan petai, makanan ini ternyata juga bermanfaat untuk membantu meringankan perubahan mood akibat PMS, lho! Tentunya karena kandungan tryptophan yang membantu meningkatkan suasana hati serta vitamin B6-nya yang membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

5. Mengurangi risiko stroke

Dilansir dari laman HelloSehat, bahkan 80% kasus stroke hemoragik disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang tidak ditangani dengan baik. Hal ini karena pembuluh darah pada orang yang menderita tekanan darah tinggi lama-kelamaan bisa berisiko tersumbat.

Nah, manfaat petai selanjutnya adalah membantu mengurangi risiko stroke. Bagaimana caranya? Petai ternyata mengandung kalium yang tinggi dan zat ini berguna untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Seperti yang diketahui, tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor yang paling sering menyebabkan seseorang terkena stroke.

6. Membantu mengatasi sembelit

Serat yang terkandung dalam petai biasanya sekitar 1,7 hingga 2,0 gram. Nah, serat selama ini sudah terkenal dalam membantu menjaga kelancaran sistem pencernaan. Itulah sebabnya salah satu manfaat petai adalah membantu mempermudah buang air besar terutama mengatasi sembelit.

7. Mencegah penyakit berbahaya lainnya

Meskipun beberapa orang menyayangkan baunya yang tak sedap di mulut, ternyata manfaat petai selanjutnya justru membantu tubuh supaya tidak mudah terkena penyakit berbahaya lainnya. Terutama mencegah tubuh mengalami penyakit yang bisa ditimbulkan oleh serangan radikal bebas. Contohnya kanker, diabetes, hingga aterosklerosis. Hal ini berkat kandungan antioksidan pada petai yang tinggi, yaitu flavonoid.

baca juga:

Itulah 7 manfaat petai yang tak disangka sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Mulai sekarang bagi Teman STOQO yang ingin mencegah penyakit-penyakit di atas, bisa mulai menjaga pola makan dengan makanan-makanan sehat, termasuk petai.

Semoga bermanfaat!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

30 Oct 2018