Berbisnis Kuliner Dengan Keluarga Atau Sahabat? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

thumbnail

Kini, sudah banyak bisnis kuliner yang dijalankan oleh dua pihak bahkan lebih. Kemitraan ini bisa terdiri dari sahabat, rekan kerja, hingga keluarga.

Namun selayaknya setiap bisnis pada umumnya, bisnis yang dijalankan bersama dengan anggota keluarga atau sahabat tetap memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

baca juga:

Apa saja? Berikut telah STOQO kumpulkan informasi selengkapnya:

Kelebihan membangun bisnis bersama keluarga atau sahabat

Beberapa kelebihan yang bisa didapat dari membangun atau menjalankan bisnis kuliner bersama keluarga atau sahabat adalah:

1. Bebas berkomunikasi dengan nyaman

Karena sudah mengenal cukup lama, maka terciptalah kesempatan untuk saling mengomunikasikan pikirannya dengan lebih nyaman. Berbeda dengan ketika berkomunikasi dengan orang yang baru dikenal. Itulah salah satu kelebihan yang bisa didapat dari membangun bisnis kuliner dengan keluarga atau sahabat.

2. Adanya rasa tenang karena saling percaya

Biasanya, kelebihan yang didapat dari membangun bisnis bersama keluarga atau sahabat adalah munculnya rasa tentang karena sudah saling percaya. Berbeda dengan menjalankan bekerja sama dengan orang yang baru dikenal, mungkin rasa percaya masih belum kuat sehingga masih ada kekhawatiran dan rasa waspada yang bisa muncul sewaktu-waktu.

3. Lebih mudah dalam kerja tim

Kelebihan selanjutnya adalah kemudahan dalam membangun kerja sama tim. Dalam bisnis kuliner, kerja sama tim juga dibutuhkan tak hanya antar karyawan. Kerja sama tim juga harus dimiliki oleh pemilik bisnis dengan karyawan, serta pemilik bisnis dengan partner kerjanya. Nah, bekerja sama dengan keluarga maupun sahabat pun biasanya menjadi lebih mudah terutama karena komunikasi yang lebih lancar dan nyaman hingga memiliki visi yang sama.

Kekurangan membangun bisnis bersama keluarga atau sahabat

Sayangnya, membangun bisnis kuliner bersama keluarga atau sahabat juga masih memiliki risiko yang bisa muncul seperti berikut:

1. Adanya rasa sungkan atau rasa enggan

Beberapa pebisnis beruntung karena sudah memilih partner bisnis yang tepat meskipun partner tersebut adalah anggota keluarga atau sahabat sendiri. Alhasil, bisnis pun berjalan lancar dan terus bertahan. Sayangnya, beberapa orang tidak seberuntung itu. Ada kalanya beberapa orang justru mendapat partner yang ternyata tidak tepat meskipun anggota keluarga atau sahabat.

Dalam hal ini, bisnis kuliner justru bisa dirugikan namun sayangnya karena adanya hubungan kekerabatan, si pebisnis pun tak bisa dengan leluasa menegur atau memberi sanksi kepada anggota keluarga atau sahabat tersebut.

Misalnya, jika ternyata sahabat atau anggota keluarga yang dijadikan partner kerja tersebut diduga tidak jujur dalam hal keuangan. Maka bisa jadi si pebisnis jadi enggan jika ingin menanyakan atau mendiskusikan tentang dugaan tersebut.

2. Masalah yang terjadi di tempat kerja bisa berpengaruh pada hubungan di luar pekerjaan

Kekurangan selanjutnya adalah ketika ada masalah di tempat kerja, hubungan kekerabatan atau persahabatan pun bisa terpengaruh. Bahkan, hubungan dengan anggota keluarga atau sahabat tersebut juga bisa menjadi renggang karena masing-masing teringat dengan masalah yang ada di tempat kerja.

3. Risiko terlalu menggampangkan

Karena sudah merasa nyaman dengan satu sama lain, bisa jadi muncul risiko dimana salah satu partner jadi terlalu menggampangkan pekerjaannya. Misal dia sering membolos rapat penting atau acara penting karena menganggap rekannya yang adalah anggota keluarga atau sahabat pasti akan mengerti dan memaafkan. Bisa juga salah satu tim terlalu bergantung pada kemampuan yang lain hingga ia tidak berkontribusi semaksimal mungkin.

baca juga:

Kesimpulan

Itulah setiap kelebihan dan kekurangan membangun dan menjalankan bisnis kuliner bersama keluarga maupun sahabat. Setiap bisnis, entah dijalankan sendiri atau dengan sistem partnership akan tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Poin-poin di atas hanya ditujukan sebagai bahan pertimbangan semata untuk mempermudah Teman STOQO yang hendak membangun bisnis kuliner bisa membuat keputusan terbaik sambil berhati-hati dengan risiko-risiko yang bisa muncul. Siapapun partnernya, selalu pastikan bahwa ia adalah yang tepat dan bisa diajak bekerja sama serta dipercaya.

Semoga bermanfaat!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

31 Oct 2018