Selain Nasi, Ini 9 Makanan Sumber Karbohidrat Lainnya

thumbnail

Nasi dikenal sebagai sumber karbohidrat yang paling sering dikonsumsi di Indonesia. Namun tahukah Teman STOQO bahwa tak hanya nasi, masih ada beberapa jenis makanan lain yang merupakan sumber karbohidrat bahkan mengandung karbohidrat cukup tinggi, lho!

Apa saja? Berikut telah STOQO kumpulkan informasi selengkapnya:

1. Beras merah

STOQO - Beras merah (foto: ndtv.com)

Beras merah (foto: ndtv.com)

Beras merah merupakan salah satu dari makanan tinggi karbohidrat, yaitu sekitar 23 gram per 100 gramnya. Selain itu, beras merah ternyata memiliki kandungan serat yang lebih tinggi daripada beras putih lho! Itulah sebabnya beras merah cocok dijadikan pengganti beras putih ketika sedang menjalankan diet maupun bagi mereka yang menderita diabetes karena kandungan serat ini mampu membantu tubuh mengontrol kadar gula darah.

2. Kacang-kacangan

STOQO - Kacang-kacangan (foto: consumerreports.org)

Kacang-kacangan (foto: consumerreports.org)

Kacang-kacangan seperti kacang putih, lentil, kacang merah, kacang hijau, kacang buncis hingga kacang polong ternyata juga termasuk dalam makanan sumber karbohidrat yang baik. Itulah mengapa kacang-kacangan bisa mengenyangkan perut dan cocok disantap baik untuk camilan maupun makanan utama.

3. Kentang

STOQO - Kentang (foto: delish.com)

Kentang (foto: delish.com)

Kentang juga merupakan makanan sumber karbohidrat yang cukup banyak diketahui. Dalam 100 gram kentang saja terkandung sekitar 17 gram karbohidrat. Sebagai bonus, makanan ini juga ternyata mengandung nutrisi penting lain seperti vitamin C serta kalium yang baik bagi tubuh, lho! Itulah mengapa kentang tak hanya bisa disantap sebagai lauk, namun juga sebagai makanan utama pengganti nasi. Namun perlu diingat bagi yang ingin diet, disarankan untuk tidak mengonsumsi kentang yang digoreng karena kentang goreng justru mengandung lemak yang bisa menaikkan berat badan.

baca juga:

4. Oatmeal

STOQO - Oatmeal (foto: healthline.com)

Oatmeal (foto: healthline.com)

Bubur havermut atau oatmeal termasuk dalam jenis makanan sumber karbohidrat yang cocok dijadikan pengganti nasi. Terdapat sekitar 3,6 gram pati resisten dalam 100 gram oatmeal. Mengonsumsi oatmeal tak hanya membantu perut merasa kenyang, tapi juga membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

5. Pasta gandum

STOQO - Pasta gandum (foto: coop.co.uk)

Pasta gandum (foto: coop.co.uk)

Pada umumnya, pasta gandum merupakan sumber karbohidrat yang baik serta mengandung nutrisi penting lain seperti salah satunya serat. Serat inilah yang membantu perut merasa kenyang lebih lama. Selain itu, pasta gandum juga mampu mengurangi risiko penyakit seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, hingga jenis-jenis kanker tertentu karena kemampuannya membuat kadar kolesterol tubuh jadi lebih seimbang.

6. Pisang hijau

STOQO - Pisang hijau (foto: stylecraze.com)

Pisang hijau (foto: stylecraze.com)

Siapa sangka pisang hijau ternyata termasuk sumber karbohidrat yang baik. Bahkan, terdapat sekitar 6,8 gram pati resistan dalam 100 gram pisang hijau.

7. Quinoa

STOQO - Quinoa (foto: jessicagavin.com)

Quinoa (foto: jessicagavin.com)

Terdapat sekitar 39,4 gr karbohidrat dalam 185 gr Quinoa. Itulah yang membuat makanan ini cocok dijadikan sumber karbohidrat pengganti nasi. Tak hanya itu saja, Quinoa juga memiliki kandungan protein yang jauh lebih tinggi dibanding biji-bijian lain serta kaya akan serat yang baik bagi kesehatan.

8. Roti gandum

STOQO - Roti gandum (foto: srosens.com)

Roti gandum (foto: srosens.com)

Roti gandum tergolong sumber karbohidrat yang baik. Selain itu, roti jenis ini juga kaya akan serat yang ternyata kandungan seratnya jauh lebih tinggi dibanding roti putih biasa, yakni sekitar 7 gr dalam 100 gr roti gandum.

9. Buah-buahan

STOQO - Buah-buahan (foto: mnn.com)

Buah-buahan (foto: mnn.com)

Sumber karbohidrat selanjutnya yang juga bermanfaat bagi tubuh adalah buah-buahan. Selain itu, buah-buahan juga banyak yang mengandung serat tinggi sehingga tak hanya baik bagi tubuh tapi juga membantu memberi rasa kenyang. Contoh buah yang dapat menjadi sumber karbohidrat misalnya pisang, semangka, nanas, pir, hingga apel.

Tak hanya itu saja, buah-buahan juga biasanya kaya akan nutrisi-nutrisi penting lain seperti air, bermacam vitamin, dan mineral. Buah-buahan bisa dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi berbagai kreasi makanan atau minuman.

Itulah 9 makanan sumber karbohidrat selain nasi.

Semoga bermanfaat!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

12 Nov 2018