Maksimalkan Bisnis Restoran dengan 7 Langkah Ini

thumbnail

Menjalankan bisnis restoran dengan maksimal bisa menambah kepuasan pelanggan yang akhirnya akan menambah keuntungan bagi bisnis tersebut. Memperhatikan langkah-langkah seperti memberi pelatihan bagi para karyawan, mengelola bisnis secara profesional, mempekerjakan koki terbaik, hingga memberi program menarik bagi pelanggan setia merupakan hal baik yang harus selalu dilakukan.

Namun ternyata masih ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk lebih memaksimalkan bisnis restoran, lho! Apa saja? Berikut telah STOQO kumpulkan informasi selengkapnya:

1. Latih karyawan bisnis restoran untuk melayani pelanggan dengan kebutuhan khusus

Mungkin saja bisnis restoran akan kedatangan pelanggan yang memiliki kebutuhan khusus. Di saat seperti ini, bisnis restoran tetap harus memberikan pelayanan terbaik terutama bagi para staf yang akan berhadapan langsung dengan pelanggan tersebut. Maka dari itu, berikan pelatihan tentang bagaimana melayani pelanggan dengan kebutuhan khusus secara tepat. Misalnya, dengan melayani sesopan dan selayaknya kita melayani sesama manusia tanpa melihat perbedaan, bersabar dalam melayani, dan masih banyak lagi.

2. Sediakan menu khusus bagi anak-anak

Hal ini perlu dilakukan terutama bagi bisnis restoran yang menargetkan keluarga sebagai pelanggan. Mengapa demikian? Para orang tua yang datang bersama anak-anaknya tentu tak ingin sembarangan dalam memilih makanan. Sebagian bahkan tak segan mengecek kandungan nutrisi setiap makanan yang akan dikonsumsi anak. Itulah sebabnya, sediakan pilihan menu yang aman untuk dikonsumsi anak.

Akan lebih bermanfaat jika diberi informasi singkat tentang daftar nutrisi yang terkandung di dalam setiap menu untuk mempermudah orang tua membuat keputusan. Selain itu, boleh juga menambahkan fasilitas-fasilitas khusus seperti tempat bermain hingga ruang khusus anak dan ruang ganti popok.

3. Sediakan ruang bebas asap rokok

Sebagian pelanggan yang datang bisa jadi adalah perokok dan sebagian lainnya bukan perokok. Agar suasana makan jadi lebih nyaman, ada baiknya bisnis restoran menyediakan ruang terpisah untuk para perokok dan pelanggan yang tidak merokok. Langkah ini bisa membantu pelanggan tetap merasa nyaman saat ingin menikmati hidangan sambil bersantai.

baca juga:

4. Sediakan peralatan untuk mencegah atau membasmi hama

Tempat-tempat seperti restoran wajib menjaga kebersihan tempat dan hidangannya terutama menjaga tempat dari hama seperti kecoa, semut, hingga tikus. Itulah mengapa perlu menyediakan alat-alat yang bisa digunakan untuk mencegah atau membasmi hama-hama tersebut supaya kebersihan tempat dan makanan tetap terjaga. Selain itu, jaga kebersihan dengan membersihkan setiap permukaan, peralatan hingga ruang penyimpanan secara rutin karena tempat atau alat yang kotor bisa mengundang hama datang.

5. Sediakan pintu keluar darurat

Musibah seperti gempa bumi atau kebakaran bisa terjadi kapan saja. Untuk itu, sebaiknya bisnis restoran menyediakan pintu keluar darurat bagi para pelanggan serta karyawan. Pastikan juga untuk memasang tanda-tanda yang mudah dibaca atau dilihat supaya baik pelanggan maupun karyawan bisa langsung menemukan pintu keluar darurat tersebut di waktu darurat.

6. Sediakan alat pemadam kebakaran

Setiap karyawan tentunya sudah dilatih untuk melakukan pekerjaan secara aman sehingga kebakaran tidak terjadi. Namun alangkah baiknya untuk selalu menyediakan alat pemadam kebakaran untuk berjaga-jaga mengingat kebakaran bisa dipicu tak hanya karena api yang berasal dari dapur, namun juga hal tak terduga lain seperti arus pendek hingga kelalaian pelanggan.

7. Siapkan perlengkapan pertolongan pertama pada kecelakaan (first aid kit)

Kecelakaan kecil atau besar bisa terjadi pada siapa saja, tak terkecuali di tempat bisnis seperti restoran. Contohnya mulai dari tak sengaja menggores tangan saat memotong dengan pisau, terjatuh hingga terbakar. Karenanya, penting untuk bisnis restoran menyediakan perlengkapan pertolongan pertama pada kecelakaan (first aid kit) sedari awal. Langkah ini juga bermanfaat membantu setiap karyawan yang mengalami kecelakaan untuk mendapatkan pertolongan sesegera mungkin dan mencegah penyakit yang lebih serius seperti infeksi akibat luka yang tak kunjung diobati misalnya.

Itulah 7 langkah yang bisa diambil untuk memaksimalkan bisnis restoran. Selamat mencoba!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

15 Nov 2018