7 Alasan Kuat Kenapa Harus Melirik Bisnis Kuliner

thumbnail

Perubahan zaman membuat orang dituntut menjadi lebih kreatif dalam mengais rezeki. Salah satu caranya adalah dengan berbisnis. Tapi, ada banyak sekali pilihan bisnis yang tersedia sehingga membuat bingung harus memilih bidang yang mana? Solusinya, pilih bisnis atau usaha yang sesuai dengan minat atau passion Teman Stoqo. Selain itu, Teman Stoqo juga harus mampu memilih dan mempertimbangkan peluang usaha baru yang paling menguntungkan diantara peluang bisnis lainnya.

Bisnis kuliner bisa menjadi pilihan usaha karena bisnis ini gak ada matinya. Terbukti semakin banyaknya para pebisnis makanan yang menjamur di setiap sudut kota maupun desa baik berbentuk kaki lima, warung, kafe maupun restoran. Setidaknya STOQO merangkum 7 alasan kenapa harus melirik bisnis kuliner untuk semakin memperkuat semangat Teman Stoqo menekuni bisnis ini. Apa saja? Yuk simak uraiannya.

baca juga:

1. Semua orang butuh makan

Makanan adalah salah satu dari kebutuhan dasar manusia. Oleh sebab itu, kuliner menjadi salah satu peluang usaha baru yang menarik untuk dijajal. Namun, pastikan untuk memiliki strategi yang tepat ya untuk bisa memenangkan persaingan. Pasalnya, dengan peluang yang terbuka sangat lebar ini, otomatis persaingan juga semakin ketat.

2. Tidak perlu banyak modal

Kalau Teman Stoqo tidak harus menyewa tempat untuk berjualan, bisnis kuliner ini tidak memerlukan banyak modal. Teman Stoqo bisa mensiasati dengan membuka bisnis kuliner rumahan atau mulai dari rumah. Selain tempat, Teman Stoqo hanya butuh modal untuk membeli bahan dan berbagai peralatan pendukung bisnis serta biaya karyawan.

3. Karakter orang Indonesia yang konsumtif

Saat ini Indonesia mengalami peningkatan jumlah kelas menengah. Hal ini ditandai dengan sifat orang Indonesia yang semakin konsumtif baik untuk makanan, pakaian, atau urusan gaya hidup lainnya. Hal ini bisa Teman Stoqo manfaatkan untuk membuat usaha makanan yang mudah dijual. Formulanya adalah perpaduan antara makanan yang unik, rasanya enak, otentik tapi inovatif serta harga yang terjangkau akan membuat bisnis ini jauh dari kata sepi.

4. Kuliner bukan hanya urusan perut

Dulu, orang membeli makanan hanya untuk memuaskan rasa lapar. Tapi sekarang, kuliner sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Apalagi di era digital, ada kebutuhan akan eksistensi di media sosial yang membuat bisnis ini semakin legit. Untuk itu, pastikan usaha Teman Stoqo memiliki keunikan yang mendorong orang untuk membagikan cerita dan makanan yang mudah dijual di media sosial. Entah dari sisi interiornya yang Instagramable, makanan yang unik, atau promosi yang menarik. Keuntungannya adalah Teman Stoqo tak perlu repot-repot memasang iklan, karena review yang positif dan viral jauh lebih berguna untuk bisnis daripada iklan.

5. Bahan-bahan yang mudah didapatkan

Tidak seperti bisnis lainnya yang kadangkala membutuhkan bahan baku impor atau dari daerah lain. Bisnis kuliner termasuk bisnis yang mudah karena bahan bakunya tersedia dimana saja. Teman Stoqo bisa menemukan bahan-bahan di supermarket, pasar, warung dekat rumah, bahkan dengan cara mudah yang lebih modern, misalnya membeli bahan pokok melalui aplikasi STOQO.

Apalagi kalau Teman Stoqo menjual makanan khas Indonesia, tak perlu menunggu impor bahan dari luar negeri karena sudah tersedia disini. Yang paling penting, pilih bahan yang bagus dan berkualitas ya. Jangan korbankan reputasi bisnis Teman Stoqo karena pelanggan yang kecewa dengan kualitas makanan yang disajikan.

6. Tidak membutuhkan banyak pegawai

Alasan lain untuk melirik bisnis kuliner adalah bisnis ini tidak membutuhkan banyak pegawai. Bisnis ini tentu berbeda dengan bisnis lain seperti bisnis berbasis teknologi yang membutuhkan pegawai yang cukup banyak. Usaha kuliner bisa dikerjakan sendiri atau mempekerjakan satu sampai tiga orang pegawai untuk usaha rumahan. Berbeda halnya kalau Teman Stoqo membuat kafe atau restoran, yang mungkin membutuhkan karyawan lebih dari 10 orang.

7. Tempat bukan kendala

Kata siapa lokasi atau tempat menjadi halangan berbisnis kuliner? Kenyataannya, pedagang kaki lima banyak yang laris dan semakin menjamur. Seperti sudah dibahas diatas, Teman Stoqo pun bisa memulai usaha makanan di rumah.

Alternatif lainnya adalah menggunakan gerobak atau bahkan menggunakan mobil yang biasa disebut foodtruck. Kecuali Teman Stoqo memiliki modal yang cukup besar, maka Teman Stoqo bisa menyewa lahan di tempat strategis seperti ruko atau mal untuk membuat sebuah kafe atau restoran.

baca juga:

Jadi bagaimana? Sudah mantap untuk berbisnis di bidang makanan? Setidaknya 7 hal tersebut bisa menjadi pertimbangan Teman Stoqo sebelum terjun ke dalam bisnis ini.

Selamat mencoba!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

19 Nov 2018