Kepiting Nyinyir: Inspirasi Jualan Makanan Online Terlaris Tanpa Kedai

thumbnail

Beberapa tahun yang lalu, memiliki restoran atau kedai yang luas dengan letak yang strategis menjadi salah satu kunci sukses di bisnis kuliner. Namun sekarang, pebisnis kuliner tak perlu lagi repot-repot memikirkan tempat. Cukup sediakan tempat yang memadai untuk dapur saja. Sebagai gambaran, berikut salah satu contoh inspirasi jualan makanan online terlaris saat ini yang sudah STOQO rangkum.

baca juga:

Kepiting Nyinyir, Bisnis Kuliner Tanpa Kedai

Kepiting nyinyir adalah salah satu contoh bisnis kuliner yang mengandalkan konsep bisnis kuliner tanpa restoran atau hanya melayani pesanan take away. Kepiting Nyinyir yang berlokasi di Duren Sawit, Jakarta Timur dan di Bintaro, Tangerang Selatan ini menawarkan makanan olahan kepiting dan ada pula makanan berbahan baku udang serta kerang.

Gilang Margi Nugroho dan Rachman Abdul Rachim pemilik Kepiting Nyinyir hanya menyiapkan tempat kecil yang berfungsi sebagai dapur dan sekaligus tempat pengambilan pesanan. Awalnya mereka menyewa sebuah rumah kontrakan berukuran 2×3 meter di sebuah gang kecil. Namun karena mendapat keluhan gang masuk yang menjadi penuh sesak dengan pengemudi ojek online yang mengantri pesanan, mereka memutuskan untuk pindah ke lokasi yang lebih mendukung di Duren Sawit dan lantas membuka cabang di Bintaro.

Di lokasi yang baru, Gilang dan Rachman memberdayakan tetangga sekitar untuk membantu di kedai mereka. Tak hanya itu saja, mereka juga menyediakan tempat istirahat bagi para pengemudi ojek online yang sedang menunggu pesanan. Gilang dan Rachman menganggap para pengemudi ojek online ini lebih dari sekedar rekan kerja. Sebab berkat keberadaan mereka, siapa saja dimudahkan untuk memesan makanan tanpa harus keluar dari rumah.

Mengintip Strategi Pemasaran Jualan Makanan Online Terlaris Ala Kepiting Nyinyir

STOQO - Kepiting Nyinyir (foto: kordanews.com)

Kepiting Nyinyir (foto: kordanews.com)

Jika tak punya kedai, tentu Teman Stoqo penasaran bagaimana cara Gilang dan Rachman memasarkan jualan makanan mereka? Di masa-masa awal dirintis, mereka mengandalkan teman-teman dekat untuk berpromosi. Teman-teman dekat diundang untuk mencicipi makanan gratis dengan syarat harus memotret makanan dan mempostingnya di akun media sosial masing-masing. Hasilnya, dalam dua hari saja, modal sebesar 3 juta untuk mengundang 30 teman dekat sudah balik modal. Luar biasa ‘kan?

Kepiting Nyinyir dipasarkan melalui aplikasi pemesanan makanan seperti Madhang. Lalu untuk pengiriman, mereka mengandalkan ojek online. Kepiting Nyinyir juga berkongsi dengan perusahaan penyedia transportasi berbasis aplikasi seperti Grab dan Gojek. Gilang dan Rachman benar-benar berusaha untuk membangun relasi yang harmonis dengan para pengemudi ojek online ini. Mereka memberikan bonus satu box untuk setiap pengambilan order 5x dalam sehari. Belum lama pula, Kepiting Nyinyir membagikan 50 sepatu untuk para pengemudi ojek online.

Relasi yang dibangun dengan baik sungguh tak sia-sia. Para pengemudi ojek online tak enggan lagi mengambil orderan mekipun jauh. Kepiting Nyinyir bahkan pernah mendapatkan penghargaan sebagai penyedia makanan yang paling sering dipesan melalui salah aplikasi ojek online.

Tak sampai di situ saja, Gilang dan Rachman juga menggandeng marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee untuk memasarkan menu-menu Kepiting Nyinyir. Dalam sebulan, Kepiting Nyinyir rata-rata mengeluarkan biaya untuk marketing online antara 1 juta hingga 5 juta.

Dengan strategi pemasaran online tersebut, dalam sehari Kepiting Nyinyir mampu menjual 200 porsi atau sekitar 6000 porsi per bulan. Menu paling favorit Kepiting Nyinyir adalah kepiting saus padang yang bisa habis 3000 porsi dalam sebulan. Usaha kuliner yang dimulai pada akhir tahun 2016 silam ini pun melejit menjadi salah satu jualan makanan online terlaris saat ini.

baca juga:

Nah, bisnis kuliner nggak harus buka resto atau kedai, ‘kan? Jika Teman Stoqo berbakat di bidang kuliner atau punya ide kreatif seputar kuliner, dengan modal yang terbatas pun impian untuk membuka usaha kuliner bisa diwujudkan.

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

28 Nov 2018