Sekelumit Cerita Perjalanan Gulaku Menjadi Brand Gula Terkenal

thumbnail

Gula merupakan karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. Selain sebagai pemberi rasa manis, gula juga termasuk salah satu kebutuhan pokok yang tidak kalah pentingnya.

Gulaku adalah merek gula yang sangat laris dan sudah dikenal di pasaran. Gulaku terkenal dengan kualitasnya, mudah didapatkan dan  harganya yang terjangkau oleh masyarakat Indonesia. Gulaku diproduksi oleh PT. Sugar Group Company.

baca juga:

  1. Sugar Group Company adalah perusahaan gula terbesar di Indonesia yang memiliki perkebunan tebu, pabrik gula dan pabrik etanol terintegrasi yang terletak di Lampung. Saat ini sudah memiliki 12 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Setidaknya STOQO merangkum cerita dan sejarah gulaku dari dulu hingga sekarang:

1. Perkebunan Tebu

Teman Stoqo pasti tahu tebu kan? Tebu adalah bahan utama dalam proses pembuatan gula. Tebu merupakan tumbuhan rumput tropis yang tingginya bisa mencapai 7 meter dan sarinya dapat dijadikan kristal gula. Butuh waktu sekitar 12 bulan agar tebu siap dipanen. Cara memanen tebu dengan diambil bagian batangnya saja dan tetap meninggalkan bagian akarnya agar tebu tetap bisa tumbuh.

2. Pabrik Pengolahan Tebu

Memiliki pabrik pengolahan tebu yang jaraknya dekat dengan perkebunan tebu akan lebih efisien guna mempercepat proses penyucian dan pemerasan batang menjadi sari tebu. Caranya setelah dicuci bersih, tebu dimasukkan ke dalam mesin penggiling untuk memisahkan ampas dan cairannya. Cairan inilah yang akan diproses menjadi gula.

Dengan menerapkan prinsip zero waste management yaitu tidak ada material sisa yang terbuang dalam proses pengolahan tebu menjadi gula, semua bahan sisa akan dimanfaatkan kembali misalnya untuk menghasilkan listrik dan sebagai pupuk. Setiap proses dikontrol  dengan ketat sesuai dengan standar kualitas yang konsisten untuk menjamin kemurnian dari setiap kristal gula.

3. Penyaringan Bersih

Setelah dipisahkan dari ampasnya, sari tebu melalui proses penyaringan. Proses ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang mengendap di bagian bawah. Proses selanjutnya adalah perebusan guna untuk menghilangkan kadar air yang terlalu banyak untuk menghasilkan sari tebu yang pekat, yaitu air gula yang jernih dan padat.

4. Pengontrolan Kristalisasi Gula

Proses pembentukan kristal ( kristalisasi ) ini merupakan tahap akhir dalam pengolahan tebu menjadi gula. Pada tahap ini  benih gula ditambahkan ke sari tebu di mana molekul akan mengikat benih gula, meningkatkan ukuran, dan membentuk kristal gula.
Proses kristalisasi inilah yang akan diawasi dengan ketat untuk memastikan konsistensi dari ukuran kristal yang sesuai standar. Setelah mencapai tahapan formasi terakhir, kristal gula dikeringkan di bawah udara panas yang kemudian akan dipindahkan ke pabrik pengemasan gulaku.

5. Fasilitas Steril

Dalam melakukan proses pengemasan, fasilitas yang steril sangat diutamakan. Hal itu terbukti pada setiap karyawan yang bekerja diharuskan untuk memakai seragam, penutup rambut dan sepatu khusus. Dengan menggunakan mesin otomatis gula dipindahkan ke dalam bin gula dan tidak tersentuh tangan manusia. Hasilnya setiap kemasan gula dikemas secara higienis, bebas dari kotoran, logam, dan benda asing lainnya.

6. Pengawasan Kualitas Ketat

Quality Control selalu menjadi prioritas utama di dalam setiap proses produksi. Bisa dipastikan kemasan yang digunakan aman untuk dikonsumsi dan kuat menahan berat gula. Kemasan gula juga melewati detektor pendeteksi logam untuk menjamin kemasan bersih dari kotoran, logam, atau benda asing lainnya. Selain itu juga dilakukan pengecekan berat sebanyak tiga tahap untuk memastikan produk akhir yang didistribusikan sudah sesuai standar kualitas.

7. Distribusi Skala Nasional

Sugar Group Company memiliki 12 kantor cabang berskala nasional yang tersebar di seluruh Indonesia, bekerjasama dengan para pedagang di tingkat modern dan tradisional untuk terus memperluas dan menjamin ketersediaan gulaku di seluruh Indonesia.

Teman Stoqo bisa menemukan produk Gulaku Premium dan Gulaku Tebu di STOQO, bermacam varian gula pasir putih, Gulaku juga tersedia dalam kemasan sachet, refill, dan pouch cocok untuk kebutuhan rumah ataupun saat bepergian.

baca juga:

Jadikan Gulaku sebagai opsi dalam memenuhi kebutuhan usaha kuliner, bisa juga dipakai sebagai bahan pelengkap pembuatan kue, makanan tradisional, camilan, dan masih banyak lagi. Semoga Gulaku bisa menambah manisnya kehidupan keluarga Teman Stoqo.

Semoga bermanfaat!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

07 Dec 2018