7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjalankan Bisnis Toko Kue

thumbnail

Ide menjalankan bisnis toko kue sendiri adalah keputusan terbaik yang pernah Teman Stoqo buat. Dengan kemampuan wirausaha yang digabungkan dengan kecintaan terhadap dunia kuliner bisa menjadi tiket mencapai wirausaha yang sukses. Dengan langkah yang benar, keinginan tersebut dapat dengan mudah dicapai.

Dengan berbagai bekal ide bisnis toko kue yang telah dirancang sebelumnya, ada baiknya untuk memperhatikan 7 hal penting sebelum menjalankan bisnis toko kue. Toko kue tidak hanya soal rasa atau harga yang ditawarkan, tapi bagaimana seorang wirausaha dapat menjalankan dan bertahan di bisnis toko kue walaupun banyak pesaing dengan konsep yang sama.

baca juga:

1. Pelajari izin mengelola usaha kuliner

Sebelum terjun ke dapur, Teman Stoqo harus mengantongi izin resmi membuka usaha terlebih dahulu. Di Indonesia sendiri, pengurusan pendirian usaha makanan dan minuman memang cukup panjang. Tetapi sangat penting agar konsumen yakin dan tidak ragu dengan kualitas, keamanan hingga kehalalan usaha.

Berikut surat izin yang harus dimiliki sebelum membuka toko kue.

  • Surat izin pendirian usaha
  • Surat izin Hinder Ordonantie (HO)
  • Surat izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT)
  • Izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

2. Toko kue kompetitor adalah teman

Pesaing bisnis yang sama adalah teman, tetapi tetap waspada. Sama seperti kehidupan sosial, Teman Stoqo akan menemukan orang-orang yang dapat mendukung usaha yang dijalani, di sisi lain juga ada yang akan membuat masalah di belakang layar.

Di setiap komunitas, selalu ada orang yang suka gosip, menjelekkan bahkan menikung pebisnis lain dengan cara-cara yang buruk. Tetapi mayoritas dari pebisnis kue adalah orang-orang yang luar biasa, baik, ramah, suka membantu dan koneksi terhebat yang pernah Teman Stoqo miliki.

Membangun koneksi dengan toko kue lain membuka kesempatan untuk berkembang lebih baik. Saling curhat tentang pelanggan setia, resep kue terbaru, hingga pembungkus kue yang cantik. Kenyataannya, bisnis yang teman STOQO kelola bahkan dibantu berkembang oleh sebagian besar pesaing bisnis ini.

3. Butuh waktu untuk mendapatkan arus pelanggan dan pendapatan yang baik

Walaupun menjalankan bisnis toko kue relatif murah dan memberikan keuntungan besar, akan butuh waktu sebelum hal itu terealisasi. Gunakan waktu dan uang secara bijak untuk mempromosikan bisnis agar pelanggan mengenal dan memesan kepada Teman Stoqo.

Akan ada banyak keadaan naik dan turun hingga mendapatkan pendapatan yang stabil. Tidak lupa, emosi juga dipertaruhkan dalam membangun bisnis toko kue. Tanamkan untuk selalu sabar dan terus melangkah, walaupun dengan langkah kecil. Dengan tekad yang kuat, passion, selalu positif, menggunakan waktu dengan bijak, maka keuntungan akan datang dengan sendirinya.

4. Resep dasar yang kuat

Setiap pebisnis toko kue mempunyai “resep rahasia” tersendiri. Satu resep tidak bisa dinikmati oleh semua pelanggan. Sebagai wirausaha, kreativitas adalah kunci utama agar toko kue Teman Stoqo bertahan dengan berbagai perubahan dan perkembangan zaman.

Beberapa pelanggan suka dengan kue lembut, beberapa suka dengan kue yang agak basah bahkan pelanggan ingin kue tanpa bahan tertentu. Maka dari itu, sebelum pelanggan seperti yang disebutkan datang, ada baiknya untuk berlatih membuat resep dengan bahan terpercaya dan mempunyai reputasi.

5. Daftar pemasok yang baik

Pemasok kemasan, bahan, alat-alat atau apapun itu, akan sangat membantu jika Teman Stoqo membuat daftar pemasok yang bagus untuk kelangsungan bisnis. Butuh waktu untuk membuat daftar pemasok yang baik, tapi di STOQO kami menyediakan bahan-bahan berkualitas yang dapat diakses kapan saja.

Dengan berlangganan, Teman Stoqo dapat menghemat biaya yang cukup besar.

6. Akan ada orang yang memanfaatkan situasi

Apakah itu teman atau keluarga, akan selalu ada orang yang ingin memeras demi mendapatkan diskon bahkan gratisan dari usaha Teman Stoqo. Pilihlah orang-orang yang bisa diberikan diskon dan seberapa banyak diskon diberikan. Kadang, dengan memberikan bonus seperti cup-cake atau kukis akan mengalihkan mereka dari meminta diskon.

7. Hari-hari sibuk akan membuat Teman Stoqo menghargai hari-hari biasa

Ada waktu di mana semua menjadi sibuk. Kue berserakan, mixer rusak, mengejar deadline, kue bantat, kekurangan bahan tepung dan semuanya membuat frustrasi. Bertahan dan tetap kuat menjalaninya adalah satu-satunya jalan keluar. Tekanan dan stres akan membentuk pribadi bisnis yang sukses.

Menyerah bukanlah pilihan.

Ketika Teman Stoqo melewati itu semua, hari-hari biasa akan terasa begitu penting di antara waktu sibuk. Membuat kita menghargai hari-hari yang membosankan dibandingkan hari-hari yang sibuk. Gunakan kesempatan ini untuk membebaskan ketegangan yang telah dilalui.

baca juga:

Menjalankan bisnis toko kue membutuhkan keteladanan, ketekunan, kesabaran dan kreativitas. Sebelumnya, pastikan Teman Stoqo telah siap mental menghadapi masalah yang diluar dugaan.

Selamat berbisnis toko kue!

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

08 Dec 2018