10 Karakter Sukses Seorang Manajer Restoran

thumbnail

Menjadi manajer sebuah restoran membutuhkan pengalaman dan sifat khusus agar sukses. Tugas manajer restoran tidak hanya terbatas pada mengawasi jalannya restoran dan pegawai, tapi juga untuk meningkatkan kualitas. Manajer restoran sukses berjuang lebih dari sekedar membuat restoran beroperasi. Mereka berjuang untuk memperoleh keuntungan dan reputasi di bisnis tersebut.

Dengan kombinasi kemampuan dan karakteristik yang baik, manajer bisa membuat dampak luar biasa yang bertahan hingga bertahun lamanya.

Ketahui karakter manajer seperti apa yang dibutuhkan dalam bisnis kuliner dan bagaimana tugas manajer restoran seharusnya diaplikasikan di lapangan. Simak 10 karakter sukses seorang manajer restoran yang sudah STOQO rangkum berikut ini.

1. Manajemen stres

Ketika memimpin sebuah restoran, potensi mendapatkan stres tidak akan berkurang. Berurusan dengan konflik pegawai, mengatur aliran keuangan, memeriksa persediaan adalah hal yang tidak bisa dihindari. Seorang manajer sukses harus bisa mengatasi permasalahan ini di bawah tekanan secara efektif. Manajer yang dapat mengatur efektivitas pekerjaan di bawah tekanan akan menjamin lancarnya jalan bisnis restoran.

2. Multi tasking

Menjadi orang nomor satu adalah hal yang esensial, dan tugas manajer restoran tidak pernah sedikit. Menjawab telefon, mengatur pegawai, berbaur dengan pelanggan, menyuplai bahan segar dan masih banyak lagi. Multi-tasking sangat krusial ketika dihadapkan dengan beberapa tugas sekaligus, ini adalah kunci dari penanganan bisnis yang lancar.

3. Passion

Apa yang terjadi jika manajer restoran tempat Teman Stoqo bekerja tidak memiliki passion dan semangat sama sekali? Ya, karyawan lain pun menjadi malas bekerja dan hal itu akan terus menyebar kepada pelanggan. Seorang manajer restoran wajib memiliki passion akan pekerjaannya, dan berpikir untuk sukses.

baca juga:

4. Menjaga catatan baik karyawan

Menjaga catatan pegawai mungkin pekerjaan yang membosankan, akan tetapi pekerjaan ini menunjukkan bahwa Teman Stoqo menghargai waktu yang diberikan pegawai terhadap restoran. Alasan lain adalah, bentuk praktik legal dari bisnis yang sedang dilakukan.

5. Inovatif

Memperkenalkan ide baru adalah salah satu tugas manajer restoran yang penting dari segi manajemen. Ketika seorang manajer mempunyai ide segar, karyawan akan tetap termotivasi dan pelanggan akan tetap kembali lagi. Jangan takut untuk keluar dari tradisi. Kreativitas membuat Teman Stoqo selangkah lebih maju di kompetisi bisnis.

6. Bertanggung jawab

Bertanggung jawab adalah hal mudah untuk di katakan tapi begitu berat dijalani. Manajer yang bertanggung jawab akan patuh dan waspada pada setiap peraturan yang ada. Baik peraturan pemerintah maupun kebijakan yang ia ciptakan sendiri untuk restoran yang dipimpinnya. Hal ini dilaksanakan agar tercipta kepercayaan antara pihak restoran dengan konsumen.

7. Kemampuan sosial

Ketika Teman Stoqo sukses menjadi manajer sebuah restoran, membangun hubungan baik dengan pelanggan adalah keharusan. Manajer seharusnya tidak melihat pelanggan sebagai transaksi yang hanya terjadi satu kali. Hubungan dekat dengan pelanggan adalah bagian penting agar mereka kembali lagi

8. Pengetahuan akan produk

Manajer mutlak harus mengetahui produk yang disediakan restoran. Lagi, manajer juga harus mempunyai pengetahuan mendalam. Seperti chef, mngetahui apa yang masuk ke dalam mulut pelanggan adalah penting. Seperti bahan baku yang di sediakan di STOQO, selain terjamin keamanannya juga terjamin kualitasnya.

9. Pola pikir sistematis

Energi, ide dan passion yang memenuhi restoran akan membantu Teman Stoqo menjadi manajer restoran yang sukses. Pikirkan apa yang dibutuhkan restoran agar berjalan lancar dan tuangkan dalam tulisan. Carilah jalan yang sistematis untuk merealisasikan ide, tentukan visi sehingga Teman Stoqo dapat mengukur tingkat kesuksesan sebagai manajer.

10. Pola pikir laba

Menjadi manajer sebuah restoran berarti selalu berpikir cara menghasilkan laba. Jika Teman Stoqo ingin merenovasi dapur, tanya diri sendiri apakah akan memberikan keuntungan jangka panjang atau tidak. Jika keputusan membawa kepada kerugian yang besar daripada laba, singkirkan. Tetap fokus pada langkah kecil ke depan.

baca juga:

Tugas manajer restoran memang tidak mudah, begitu pula menjadi seorang manajer restoran yang sukses. Butuh upaya ekstra untuk mencapainya. Terapkan karakter di atas dan lihat efeknya terhadap performa kerja yang dijalankan.

Semoga bermanfaat.

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

12 Dec 2018