5 Tips Efektif Mengelola Bisnis Kuliner Bagi Pemula

thumbnail

Mendapatkan gelar pemula memang tidak mudah, apalagi dalam hal bisnis yang melibatkan uang di dalamnya. Tidak ada wirausahawan yang ingin rugi dalam bisnisnya termasuk Teman Stoqo.

Walaupun dalam teorinya bisnis kuliner memiliki keuntungan hingga 100%, bukan berarti hal tersebut mutlak terjadi setiap saat. Nah, kali ini ada beberapa tips efektif mengelola bisnis kuliner bagi pemula, yang dapat meminimalisir kerugian dan memaksimalkan keuntungan yang didapat. Simak terus agar usaha kuliner Teman Stoqo lancar jaya sampai ke penjuru kota.

baca juga:

1. Segmentasi pasar

Sebelum Teman Stoqo mulai berbisnis, segmentasi pasar adalah hal pertama yang harus menjadi pilar strategi bisnis. Tentukan produk yang ingin di jual secara spesifik . Setiap produk kuliner akan memberikan target konsumen yang berbeda-beda. Kebutuhan, karakter dan perilaku konsumen akan sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Contohnya, bisnis kuliner Teman Stoqo adalah warkop yang menjual Indomie. Secara kasar, konsumen yang diharapkan pastinya berasal dari mahasiswa hingga pekerja buruh. Agar dikenal, Teman Stoqo harus mengenalkan keunikan Indomie warkop yang Teman Stoqo tawarkan agar menarik konsumen.

2. Kualitas unik usaha kuliner

Walaupun sama-sama menjual produk yang mirip, produk dengan keunikan akan bertahan di pasaran. Tunjukkan kualitas unik kuliner Teman Stoqo dengan slogan atau jargon-jargon yang mudah diingat (catchy). Tidak harus bergantung pada makanannya, bisa jadi tempatnya yang dijadikan unik. Contohnya dengan slogan, “Terpercaya sejak tahun 1800; Dibuat dengan 100 bumbu rahasia; free wi-fi dan colok listrik”.

3. Lokasi bisnis kuliner

Penentuan lokasi adalah faktor unik yang kadang sulit ditebak dampaknya terhadap bisnis. Teman Stoqo pasti sering melihat warung yang hanya menjual Indomie tapi antreannya melimpah hingga ke jalan. Kadang lokasi bisnis kuliner tersebut sangat susah di jangkau tetapi konsumen rela untuk mencari, bahkan dari luar kota.

Di samping fakta tentang pengaruh lokasi, sekarang konsumen lebih mudah menjangkau bisnis Teman Stoqo. Dengan layanan Google Map dan jasa ojek online, semua bisa teratasi. Konsumen dapat menikmati kuliner Teman Stoqo tanpa harus antre atau menghabiskan waktu menunggu pesanan datang di tempat. Jika lokasi strategis penting untuk bisnis Teman Stoqo, pastikan terdaftar di Google Business, mudah diakses dan tempat parkir yang cukup.

4. Bentuk pelayanan usaha kuliner

Tergantung dari strategi bisnis Teman Stoqo, ada banyak contoh cara pelayanan kepada konsumen. Beberapa di antara pelayanan ada yang mengandalkan self service dimana pelanggan mengambil sendiri makanan yang tersedia dan membayar di kasir; biasanya diaplikasikan di rumah makan. Bisnis kuliner lain malah fokus kepada komunitas, dimana lokasi menjadi nilai lebih sebagai tempat berkumpul; Starbucks contoh yang populernya.

5. Rencana keuangan

Salah satu faktor bisnis yang sukses adalah perencanaan keuangan yang baik. Dalam merintis bisnis agar dikenal dengan cepat, terdapat masa promosi. Laba atau keuntungan yang didapat pada masa promosi biasanya tidak akan banyak. Tetapi sebagai pebisnis jangan lupa kapan masa promosi dan pemberian diskon harus dihentikan agar pendapatan yang dihasilkan dapat menutupi semua biaya yang dikeluarkan per bulan.

Produk pendamping adalah salah satu cara untuk memaksimalkan keuntungan. Bahkan dalam beberapa kasus, produk pendamping bisa lebih popular daripada produk utama yang Teman Stoqo jual. Contohnya, jika Teman Stoqo membuka warung Indomie, produk pendamping yang cocok bisa seperti: kopi, teh, kerupuk, kue kecil, dll.

Aktivitas bisnis kuliner

Sebagai pemula, Teman Stoqo harus mengetahui jauh hari aktivitas apa yang akan dijalani. Secara umum, ada 3 aktivitas utama yang akan Teman Stoqo jalani dalam menjalani bisnis kuliner.

  1. Manajemen strategi: sebagai manajer dan pemilik, Teman Stoqo harus mengambil kebijakan dan merencanakan tujuan organisasi.
  2. Operasional: Teman Stoqo akan supervisi proses produksi barang dan jasa dari bisnis kuliner yang dijalani agar berlangsung efektif dan efisien.
  3. Pemasaran: untuk menjamin kelangsungan dan perkembangan bisnis positif, kegiatan promosi harus terus dilakukan baik berupa pemberian diskon, pemasaran di media sosial ataupun event.

baca juga:

Yakin dan tekuni terus bisnis kuliner yang dijalankan

Dengan modal 5 tips efektif bisnis kuliner di atas akan membantu Teman Stoqo membangun model bisnis yang akan dijalani. Menjalankan bisnis kuliner tidak akan jauh dari 5 hal yang telah disebutkan. Dengan waktu yang Teman Stoqo miliki sekarang, manfaatkan untuk mempertegas ide bisnis Teman Stoqo.

Setelah faktor di atas terpenuhi, yakin dan tekun adalah kunci suksesnya.

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

13 Dec 2018