Mudah Merasa Lelah? Mungkin Ini Penyebabnya

thumbnail

Menjalankan bisnis kuliner memiliki tantangan tersendiri, terutama saat harus dihadapkan dengan tingginya angka kunjungan ke rumah makan pada jam istirahat siang maupun makan malam. Padatnya aktivitas bisnis setiap harinya membuat sebagian orang mudah merasa lelah, apalagi jika ditambah dengan kegiatan di rumah yang sering kali menguras tenaga.

Jika Teman Stoqo lebih cepat merasa lelah, ada baiknya perhatikan faktor penyebab yang bisa kamu kurangi resikonya. Cari tahu yuk kira-kira apa saja yang memengaruhi faktor kelelahan yang akhir-akhir ini sering kamu alami!

1. Kurang tidur

Sudah cukupkah waktu tidurmu? Manusia di usia muda (18 – 25 tahun) dan usia dewasa (26 – 64 tahun) dianjurkan untuk memiliki tidur yang berkualitas selama 7-9 jam per harinya. Waktu ini diperlukan sel-sel di dalam tubuh untuk memperbaiki diri sehingga manusia lebih siap dalam menghadapi hari esoknya. Apabila kamu tidak memiliki tidur yang berkualitas selama waktu yang ditentukan, hal itu dapat mengakibatkan tubuh mudah merasa lelah dan tidak bersemangat. Jika tubuhmu sudah merasa lelah setelah bekerja seharian, segeralah beristirahat.

baca juga:

2. Kurang berenergi

Pernahkah kamu perhatikan sumber energi yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya? Ternyata, sumber energi terbesar dalam tubuh manusia adalah Karbohidrat. Kamu bisa temukan Karbohidrat di dalam beragam makanan yang ada di sekelilingmu terutama nasi. Tapi, mengomsumsi Karbohidrat berlebih justru akan membuat tubuh menyimpan lebih banyak cadangan lemak yang kurang baik untuk tubuh. Alih-alih menjadi sumber energi, kamu bisa mudah merasa ngantuk karena kandungan gula/ glukosa yang tinggi. Pilihlah beras merah, kentang, atau roti gandum sebagai sumber karbohidrat terbaik bagi tubuhmu.

3. Dehidrasi atau kurangnya cairan tubuh

Bagi kamu yang sering melihat iklan yang beredar di media elektronik pasti sudah sering mendengar hal ini. Ya, benar sekali, kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan tubuh mudah merasa lelah. Apalagi kalau sampai mengalami dehidrasi. Bagaimana cara menghindari tubuh mengalami dehidrasi? Mudah sekali, orang dewasa memerlukan 2,1 – 2,6 liter air mineral atau 8 – 10 gelas per harinya. Jadi, kamu bisa mengukur sudah cukup kah jumlah air yang masuk ke dalam tubuh dengan menghitung jumlah gelas yang sudah kamu minum setiap jamnya.

4. Kurang Olahraga

“Bukannya olahraga justru membuat badan merasa letih karena banyak cairan tubuh yang hilang?” Tidak dapat dipungkiri bahwa kegiatan olahraga bertujuan untuk membuat lebih banyak gerakan agar tubuh mengeluarkan banyak keringat. Tapi tahukah kamu kalau olahraga justru membuatmu lebih sehat dan bahagia. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, olahraga juga bisa meningkatkan kualitas hidup, memperbaiki suasana hati, menghilangkan stres, sampai membuat tidur jadi lebih nyenyak. Jadi, masih mau menunda kegiatan olahragamu?

5. Terlalu sering bekerja sendirian

Ini dia hal yang sering dialami para pemilik rumah makan. Menjalankan bisnis kuliner memang cukup menguras tenaga, apalagi kalau masih disibukkan dengan pekerjaan rumah yang dikerjakan sendirian. Saat kesibukan di rumah dan bisnis harus berjalan beriringan, pastikan kamu memiki solusi yang tepat untuk membuat kerja harianmu jadi lebih efisien. Salah satunya dengan percayakan aplikasi Stoqo untuk segala kebutuhan pasokan bahan baku rumah makanmu. Belanja jadi lebih mudah, pesanan di antar ke alamat tujuan, kamu juga bisa melakukan pekerjaan rumah lainnya bukan?

Solusi Mudah Kebutuhan Bisnis Kuliner

Bahan pokok bisnis kuliner dalam 1 aplikasi. Dengan pelayanan terbaik, juga pesanan diantar. Download STOQO di Playstore goo.gl/d3L2YR

Dipost Oleh

Kontributor

22 Dec 2018